Cara Menggunakan APK Alkitab Offline


Banyak pengembang menyediakan aplikasi (apk) Alkitab Android terbaik dan terlengkap yang bisa diunduh dan disimpan di ponsel. Apk Alkitab tersebut memuat banyak bahasa, versi dan bahkan daerah. Aplikasi tersebut bisa digunakan walaupun tanpa jaringan internet. Di antaranya  Alkitab Sabda dan Alkitab Yuku. Semuanya gratis.

Kelengkapan aplikasi Alkitab SABDA dan Alkitab YUKU tersebut bukan hanya berisi Alkitab Perjanjian Lama dan Baru, tapi juga berbagai bahasa seperti Ibrani, Yunani dan bahkan lengkap banyak versi, Katholik dan Protestan. Di samping juga alat-alat studi Kitab Suci, pendalaman studi kata, juga tersedia seperti peta Alkitab, berbagai jenis renungan harian bahkan juga di dalamnya banyak artikel rohani yang bisa dibaca untuk menguatkan iman.

Memang dua jenis apk Alkitab di atas sudah dilengkapi dengan Kidung Jemaat yang biasa digunakan dalam gereja-gereja di bawah naungan Persekutuan Gereja-gereja di Indonesia dan beberapa gereja lainnya. Bukan hanya itu, beberapa buku lagu pujian sudah lengkap terkumpul di apk Alkitab ini.

Beberapa buku lagu pujian seperti BN Buku Nyanyian HKBP, GB Gita Bakti, KPPK Kidung Puji-pujian Kristen, NP Nyanyian Pujian, NKI Nyanyian Kemenangan Iman, NR Nafiri Rohani, PKJ Pelengkap Kidung Jemaat, PPK Puji-pujian Kristen, NRM Nyanyian Rohani Methodist, LS Lagu Sion Edisi Lengkap, NKB Nyanyian Kidung Baru, KPRI Kidung Persekutuan Reformed Injili 2004, LS Lagu Sion Edisi Lengkap dan seterusnya.

CARA MENGUNDUH APK ALKITAB OFFLINE

Untuk mendownload Alkitab Android silahkan langsung ke apk Play Store dan tulis di pencaharian Alkitab. Setelah muncul, langsung diunduh.

Apabila kita ingin menggunakan apk Alkitab secara offline dengan semua kelengkapan tersebut, maka syarat utamanya adalah, ketika kita melakukan download Alkitab, kita juga mendownload bagian materi apa yang sering kita gunakan. Biasanya ketika kita mendownload Alkitab, yang akan muncul itu adalah Alkitab standart yaitu Alkitab Bahasa Indonesia Terjemahan Baru.

Padahal kita ingin menggunakan beberapa versi Alkitab lainnya, contohnya King James Version. Atau kita ingin juga membaca bandingan Alkitab versi terjemahan lain seperti Indonesian Literal Translation, atau Bahasa Indonesia Sehari-hari. Maka yang harus dilakukan adalah kita harus mendownload dulu versi-versi tersebut. Bagaimana caranya?

  1. Gambar di atas halaman apk Alkitab ILT3 yang memuat halaman ayat dan pasal. Nah, sekarang kita ingin menambah versi lainnya, dengan klik di bagian kanan atas di sebelah simbol pencarian bulat dan akan muncul Alkitab yang sudah kita download. Silahkan klik VERSI LAINNYA.
  2. Maka akan muncul Kelola Versi. Di bawahnya kita mengetahui versi yang sudah diunduh, tapi sekarang kita mau mengunduh versi lainnya dengan cara klik kotak. 
  3. Kecepatan mengunduh atau download tergantung kecepatan internet kita.  Versi Alkitab itu akan terunduh apabila kotak tersebut berubah warna
  4. Silahkan cek hasilnya di bagian TERUNDUH, di situ akan kelihatan.

CARA MENGUNDUH BUKU LAGU-LAGU PUJIAN

  1. Silahkan buka aplikasi Alkitab
  2. Klik 3 garis sebelah kanan atas
  3. Klik KIDUNG
  4. Silahkan klik jenis buku pujian yang ada di UTAMA.
  5. Kalau tidak diketemukan versi yang dicari silahkan klik LAINNYA
  6. Bila mau mencari yang versi Internasional tinggal klik di INTERNATIONAL 
CARA MENGUNDUH RENUNGAN

Sebenarnya ada beberapa jenis renungan yang disediakan dalam aplikasi ini. Tentu kita tinggal pilih renungan-renungan yang biasa kita pergunakan. Tapi perlu diperhatikan bahwa untuk renungan ini bersifat update atau harian. Artinya, ketika Anda membuka hari Sabtu, maka yang akan keluar renungan hari itu juga. Makanya khusus untuk renungan ini bila ingin mendapatkan yang terbaru harus menggunakan data. Caranya mengunduh:
  1. Silahkan buka aplikasi Alkitab
  2. Klik 3 garis sebelah kanan atas
  3. Pilih RENUNGAN
  4. Untuk mencari versi renungan lainnya kita tinggal klik lagi di bagian 3 garis sebelah kanan atas
  5. Akan muncul jendela tampilan dan klik bagian tengah di sana ada 5 versi renungan yaitu:
  • Santapan Harian
  • Renungan Harian
  • Renungan Pagi
  • My Utmost (Bahasa Indonesia)
  • Morning & Evening

Cara Menggunakan APK Alkitab Offline Cara Menggunakan APK Alkitab Offline Reviewed by Hati Kita on 15.37 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.