Saya Malas Mendatangi Usaha Anda Karena Ini

Rabu, 07 Oktober 2020

Saya Malas Mendatangi Usaha Anda Karena Ini


Didatangi banyak orang tentu menjadi idaman bagi mereka yang sedang membuka usaha apapun. Entah itu toko kelontong, mini market, rumah makan, warung kecil maupun tempat-tempat usaha lain, seperti tempat sablon, dan deretan usaha-usaha lainnya yang memang menunggu pelanggan untuk bisa muncul ke tempatnya. Walaupun alamat lengkap dan mudah dijangkau serta gampang didapatkan lokasinya tapi bila yang satu ini tidak ada maka jangan harap orang akan datang ke tempat usaha Anda. Apalagi kalau mau berharap orang yang datang itu kita proyeksikan menjadi pelanggan tetap, tapi bila yang satu ini sangat minim, maka tentu orang bisa menjadi kapok untuk kembali. Apa itu? Tempat Parkir.

Kalau memperhatikan minimarket-minimarket moderen, pastilah dia berusaha sedapat mungkin untuk menyediakan tempat parkir. Lebih baik memundurkan bentuk bangunan yang berakibat akan lebih kecil, ketimbang toko minimarketnya besar, tapi tidak ada tempat parkir bagi pengunjung. Tentu saja penulis bukan berdasarkan ilmu apapun, tapi berdasarkan pengalaman selama ini bila saya sebagai konsumen ingin mendatangi sebuah tempat usaha, pastilah yang saya pikirkan adalah, adakah tempat parkir bagi kendaraan saya?

Terus terang saya sering berselisih pendapat dengan pasangan saya di sekitar pilihan tempat makan. Bagi pasangan saya, pokoknya tempatnya kelihatan bagus, bersih dan mempesona, maka dia tinggal bilang, "Makan di situ saja." Sementara saya yang mengurusi kendaraan, maka yang saya pikirkan adalah, apakah ada tempat parkir yang nyaman, aman dan mudah dijangkau. Karena tentu saja, saya tidak mau diganggu kenyamanan makan saya hanya gara-gara saya harus mengatur lagi kendaraan saya. Acara makan menjadi terputus, maka tentu makanan yang saya tinggal tidak akan menarik lagi. Atau kalau saya berkendara roda dua, apakah kendaraan saya sudah aman, mudah dilihat dan tidak perlu dipindah ke sana kemari.

Tempat parkir juga bagi saya begitu penting karena saya tentu harus menjaga bagaimana kendaraan saya akan tetap kinclong di saat saya meninggalkan tempat tersebut. Makanya pengalaman mengunjungi entah tempat makan, minimarket atapu apapun, tentu yang menjadi pertimbangan berikutnya, apakah saya akan kembali ke tempat tersebut atau tidak, atau mau menjadi pelanggan atau tidak, salah satu faktor penentunya adalah tempat parkir.

Kalau seumpamanya tempat parkirnya cukup jauh, sementara tidak ada tukang parkir yang menjaga di situ, tentu ini akan menjadi persoalan lagi bagi saya karena saya akan melakukan aktifitas dengan ketidaktenangan. Jangan-jangan kendaraan saya lenyap, atau tergores atau juga kesenggol kendaraan lain. Sehingga bila kita mencari pelanggan, maka pemilik-pemilik usaha perlu memikirkan untuk tempat parkir.

Tapi bagaimana kalau tempat usaha saya di perumahan? Persoalan bisa bertambah karena bila pelanggan seperti saya tidak seenaknya untuk memarkir kendaraan saya. Bagaimana dengan pemilik rumah bila di depan rumahnya kita memarkir kendaraan dan seterusnya, dan seterusnya. Jadi, pikirkanlah, sebelum memulai usaha yang membutuhkan kunjungan para pelanggan Anda, tempat parkir, walaupun itu akan membuat sempit tempat usaha Anda. Yang membuat Anda mungkin tidak nyaman, tapi tentu jadikan pelanggan menjadi nyaman.

0 komentar:

Posting Komentar