Cara Membayar Tagihan PDAM Lewat Online

Selasa, 09 Februari 2021

Cara Membayar Tagihan PDAM Lewat Online



PDAM Surabaya (sumber Flickr)

Masih ingat ketika jaman di mana kita harus meluangkan waktu untuk datang ke konter-konter pembayaran tagihan air PDAM (Perusahaan Daerah Air Minum) setiap bulannya. Karena PDAM adalah perusahaan daerah yang dikelola oleh pemerintah daerah, tentu sangat berbeda, kala itu, yang cara pembayarannya harus datang ke kantor-kantor PDAM setempat. Belum lagi kalau pas antri, rasanya suntuk dan benar-benar makan banyak waktu. Beruntung sekarang PDAM bekerjasama dengan beberapa pihak seperti bank dan tempat-tempat pembayaran yang memudahkan masyarakat membayar tagihan air PDAM.

Namun demikian, bila kita tidak memiliki waktu untuk melakukan pembayaran di beberapa lokasi yang telah disediakan, maka selain bisa dilakukan di bebepara bank yang bekerjasama dengan PDAM tapi juga kita bisa lakukan dengan toko online atau e-commerce yang ada. Karena sekali PDAM adalah perusahaan yang dikelola oleh daerah, terkadang juga daerah-daerah tertentu tidak bisa dilayani.

Jadi pembayaran tagihan PDAM secara online melalui e-commerse tergantung dari ketersediaan fasilitas atau kerjasama pihak-pihak di toko online yang bersangkutan dengan PDAM Anda. Makanya supaya kita langsung praktek, maka saya akan melakukan pembayaran melalui sebuah e-commerce yaitu Tokopedia.


Begini langkah-langkah membayar Tagihan PDAM
  1. Login untuk masuk ke Toko Online
  2. Klik Top Up & Tagihan
  3. Cari dan klik Air PDAM
  4. Pilih Cluster (sesuaikan dengan Provinsi Anda. Contohnya Jawa Timur)
  5. Pilih Wilayah (Sesuaikan wilayah Anda, apakah kabupaten atau kota. contohnya KOTA SURABAYA)
  6. Masukkan Nomor Pelanggan PDAM Anda
  7. Klik Cek Tagihan
  8. Maka akan muncul Tagihan Anda termasuk Total Tagihan yang harus dibayar
  9. Untuk mendapatkan bonus, biasanya ada Promo atau Kupon supaya kita mendapat poin. Jadi klik Gunakan Kode Promo atau Kupon
  10. Sekarang klik Bayar
  11. Proses Pembayaran dengan beberapa metode, bisa dengan OVO, Debit Instan, Kartu Kredit, Transfer Virtual Account, Transfer Bank, Pembayaran Instan, Paylater, Tunai
  12. Bila sudah ditentukan tinggal klik Bayar
  13. Klik Bayar
Setelah proses pembayaran selesai, maka akan muncul Bukti Pembayaran yang bisa Anda tunjukkan bahwa Anda Sudah menyelesaikan kewajiban membayar Tagihan PDAM.

0 komentar:

Posting Komentar