Sebelum Membeli Mystery Box Pikirkan ini Dulu

Jumat, 05 Februari 2021

Sebelum Membeli Mystery Box Pikirkan ini Dulu


Kalau Anda sedang mencari-cari barang lewat toko online, atau lewat e-commerce, terkadang muncul barang dengan nama mystery box. Tapi kalau Anda pelum pernah, cobalah ketikkan di pencarian barang di salah satu e-commerce terbesar yang membuka pasarnya di Indonesia, maka akan muncul beberapa tampilan barang dengan tulisan mystery box. Namanya misteri tentu saja tidak ada yang tahu apa yang ada di dalam kotak, kecuali mungkin penjualnya ketika memasukkan barang-barang yang akan dikirim kepada pembeli yang tertarik. Harganya biasanya kisaran Rp. 10.000 plus ongkos kirim.

Kalau menengok beberapa toko penjual mystery box ini yang tentu barang-barang yang ditawarkan bermacam-macam. Hadiah yang tentu menurut kesaksian mereka yang pernah mendapatkan hadiah juga beragam. Ada komputer, laptop, PC, ponsel, tablet, jam tangan, speaker aktif, sepatu, headpshone, cincin emas. Biasanya mereka yang mendapatkan barang-barang yang sudah disebutkan tadi merasa gembira dan memberikan testimoni di kolom komentar.

Tapi bagi mereka yang kecewa biasanya mereka mendapatkan beberapa barang seperti cincin perak, spidol warna, sendok nasi, lampu mainan. korek gas, kalung  rantai. Makanya kalau yang dapat barang-barang yang terakhir ini pasti komentarnya berupa umpatan, dan kekecewaan. Lalu, bagaimana seharusnya kita menyikapinya?

Sebenarnya dari namanya saja kita bisa mengambil kesimpulan bahwa apa yang akan kita beli itu memang bukanlah sesuatu yang pasti. Misteri, sesuatu yang tidak diketahui. Makanya bila kita ingin membeli maka, siap-siaplah untuk tidak terlalu berharap yang tinggi-tinggi. Anggaplah seperti kita datang ke toko tetangga sebelah yang jualan mainan anak-anak dengan cara misteri juga. Harganya sangat murah. Tapi belum tentu dapat juga. Kenapa seseorang akhirnya membeli kotak misteri tersebut?
  • Penasaran
  • Tergiur dengan testimoni atau komentar mereka yang mendapatkan barang mahal
  • Ingin coba-coba dan mengadu keberuntungan
Makanya, inilah hal-hal yang perlu dipikirkan sebelum memutuskan kotak misteri:
  1. Mystery Box melalui e-commerce bukan hanya misteri yang tidak diketahui, tapi itu merupakan super misteri. Karena kita benar-benar tidak tahu cara kerjanya bagaimana dalam menentukan pemenang yang dapat hadiah lumayan. Mending lebih fair orang yang jualan mainan anak-anak di toko kelontong yang hadiahnya kelihatan.
  2. Jangan tergiur dengan gambar di tampilan barang. Biasanya tampilan gambarnya berupa Box besar untuk menarik minat. Redaksi iseng membeli Mystery Box sebelum menulis artikel ini di mana paket yang dikirim ukurannya kecil karena memang isinya hanya cincin perak.
  3. Jangan terlalu berharap seperti kesaksian mereka yang sudah membeli dan mendapatkan barang-barang yang dianggap istimewa itu, karena cara kerjanya memberi hadiah benar-benar tertutup. Apakah diundi? Atau ada pihak yang menentukan, siapa dapat apa.
  4. Kalau hanya iseng, bolehlah, tapi siap-siaplah kehilangan duit sekitar Rp. 16.000 - 20.000. Walaupun sebenarnya tidak kehilangan, tapi diganti dengan barang-barang yang harganya mungkin hanya separo dari harga normal.
  5. Kalau memang penasaran dan ingin mencoba, jangan mengikuti rasa PENASARAN, tapi berpikirlah logis.

0 komentar:

Posting Komentar