Pusing Memikirkan Konten Youtube?

Senin, 08 Februari 2021

Pusing Memikirkan Konten Youtube?

Sumber Photo: Flickr
Memulai membuat video dengan target untuk diupload di kanal Youtube terkadang menimbulkan rasa pusing. Konten apa yang baik dan nantinya akan menjadi viral sehingga channel Youtube kita dikenal dan akhirnya mendapatkan duit. Ini cara berpikir terlalu cepat. Tapi kalau tidak dimulai, maka tentu saja kita tidak menghasilkan apapun. Makanya sebenarnya yang paling penting adalah, konsep. Atau kalau tidak mau menggunakan istilah-istilah rumit, isi video yang akan kita upload itu tentang apa? 

Mendapatkan tumpukan dollar dari Youtube, itu sebenarnya mudah ketika menjadi angan-angan. Namun tentu saja, target itu harus ada dalam pikiran kita supaya kita menjadi semangat. Taruhlah targetnya duit. Tapi sekarang ketika memulai bila tanpa ada konsep, maka konten yang akan kita hasilkan adalah konten warnanya, A B C D E dan seterusnya. Artinya gado-gado. Sekarang tentang masak, besok tentang mandiin anak, lusa tentang ular kobra, berikutnya mengenai pasar kaget. Akibatnya gado-gado.

Ibaratnya ketika berlatih mengarang, hal yang paling sulit adalah memulai dari mana. Tapi ketika sudah ditemukan konsepnya, rancangannya, idenya, maka tinggal mengembangkan. Demikian juga, mencari konten Youtube akan menjadi glambyar ketika tanpa konsep.

Mungkin ada baiknya untuk memikirkan hal ini untuk menentukan ide-ide tersebut:

  1. Carilah kelebihan atau bakat Anda dalam hidup ini. Jangan pusingkan kelebihan Anda juga dipunyai oleh orang lain. Contohnya, kalau Anda memiliki kelebihan memasak, coba daftarkan, Anda pernah memasak apa saja selama hidup ini, dan kemudian praktekkan kembali bakat memasak Anda itu.
  2. Carilah hobby yang sedang Anda tekuni. Contohnya, kalau Anda hobby memancing, maka daftarkan proses-proses dalam memancing, kelebihan dan kekurangan, apa yang boleh dan yang tidak boleh, pengalaman-pengalaman yang pernah temui ketika memancing dan seterusnya dan seterusnya.
  3. Carilah kebiasaan-kebiasaan yang Anda lakukan setiap hari. Contohnya kebiasaan ke sawah karena memang pekerjaan Anda. Maka daftarkan, Anda pernah menanam apa saja dan prosesnya bagaimana ketika menanam sebuah bibit, bagaimana memelihara, bagaimana menjaga, bagaimana cara memanen dan setrusnya,
  4. Carilah momen-momen penting di sekitar Anda yang sering disaksikan. Contohnya, kalau di desa biasanya sering dilakukan, seperti, proses pernikahan ala desa, momen selametan sunatan, mauludan, hari-hari tertentu, seperti Agustusan, slametan desa, dll.
  5. Carilah kepintaran secara intelektual yang Anda miliki. Contohnya, kalau Anda sebagai seorang guru mata pelajaran tertentu, maka Anda bisa mengajar lewat penyampaian langsung melalui Youtube. Jangan merasa minder kalau ada ahli lain yang lebih pintar dari Anda. Karena Anda adalah unik yang pasti berbeda dengan yang lain.
  6. Carilah partnet atau kawan yang bisa diajak kerjasama dengan mempertimbangkan hal-hal di atas dari 1-5.

0 komentar:

Posting Komentar