Publikasikan RT Anda Melalui Weblog

Kamis, 25 Maret 2021

Publikasikan RT Anda Melalui Weblog


Memasuki jaman informasi memungkinkan semua hal mengenai sebuah tempat, budaya, kebiasaan dan kegiatan kita bisa diketahui oleh orang lain di luar sana. Bukan hanya bisa dikenal di wilayah negeri ini, tapi juga bisa dikenal di berbagai manca negara. Termasuk tempat di mana kita tinggal. Rukun Tetangga atau yang kita kenal dengan sebutan RT merupakan bentuk pemerintahan terkecil di negeri ini seharusnya bisa untuk gigi untuk menunjukkan kegiatan yang dilakukannya melalui website blog atau yang dikenal dengan BLOG. Pilihan ini tentu sangat tepat, selain murah, mudah dan efektif dan gampang dilakukan. Seperti media sosial lainnya, blog tentu saja memiliki kelebihan tersendiri di banding media sosial lainnya. 

Kenapa kita perlu mempublikasikan semua kegiatan yang kita lakukan dalam lingkup RT? Karena selain hal ini menjadi pemicu dari lahirnya kegiatan-kegiatan keRTan lainnya, tapi juga sayang bila semua sejarah di mana kita tinggal dilupakan begitu saja tanpa bekas. Tentu saja target lainnya adalah, bila kita memiliki kebiasaan-kebiasaan harian dari pemerintahan RT tersebut yang mungkin biasa bagi kita, tapi tidak biasa bagi orang lain di daerah lain, di wilayah lain, dan bahkan di negara lain. Jadi cara panjang kita bukan berdasarkan pada harian kita yang 'biasa', tapi bagi orang lain tidak biasa dan merangsang orang lain untuk ingin tahu.

Contohnya, dalam soal pemilihan RT. Bentuk demokrasi yang berkembang di RT kita seperti apa? Apakah modelnya benar-benar berdasarkan penunjukan langsung warga tanpa perlu adanya catat-mencatat, tetapi langsung main tunjuk? Atau bentuk demokrasinya sudah lebih moderen di mana pemilihan RT sudah seperti pemilihan kepala daerah dan bahkan seperti pemilihan presiden. Pemilihan RT sebenarnya menjadi corak tersendiri bagi masing-masing wilayah RT di negeri ini. 

Ada yang berdasarkan karena seseorang dipilih berdasarkan ia dianggap pintar dalam orasi, lihai dalam menyampaikan pendapat, usulan-usulannya masuk akal bila disampaikan dan kesediaan untuk dipilih. Biasanya model penunjukan langsung masyarakat seperti ini modelnya akan menjadi RT yang bertahan bertahun-tahun. Berbeda lagi bila model pemilihan RT menggunakan demokrasi moderen seperti PEMILU, maka bentuknya bisa jadi setiap periode akan terus berganti sesuai dengan kinerja sang RT. 

Nah, informasi-informasi seperti ini tentu akan memperkaya bagi siapapun dan akan menimbulkan keingintahuan bagaimana di sebuah masyarakat kehidupan sosial diatur sedemikian rupa. Karena itu, weblog bisa menjadi jalan keluar yang terbaik di mana kita bisa mempublikasikan kepada dunia luar bagaimana sebuah daerah kecil yaitu RT mengatur masyarakatnya.

Belum lagi bila di wilayah kita selalu ditampilkan berbagai budaya, seni, tarian, dan pertunjukan-pertunjukan lainnya, hal tersebut bisa menjadi informasi yang lebih penting lagi. Seperti sebuah acara Sadranan di wilayah lereng Gunung Bromo ini. 

Karena penulis ingin mempraktekkan pembuatan weblog untuk RT saya yang akan saya buat dari nol, maka tentu siapa tahu praktek pembuatan blog ini bisa memberikan semangat bagi siapapun RT-RT di seluruh Indonesia untuk memiliki blog seperti yang akan saya mulai bangun. Saya bukan ahli tekhnologi informatika, atau pintar tekhnik. Tapi saya adalah orang yang mau belajar dan bisa membuat blog seperti yang saya tampilkan ini. Maksud saya, kalau sayapun tidak ahli dalam soal IT maka siapapun yang membaca yang status keilmuannya seperti saya, pasti bisa membuat weblog untuk wilayah RTnya. Semoga!

0 komentar:

Posting Komentar