Ingin Inves Crypto, Kuasai Dulu Ilmunya.


Apa itu investasi crypto? Yaitu menempatkan modal atau aset berharga lainnya ke dalam bentuk uang digital atau cryptocurrency dengan harapan akan memberi keuntungan di masa mendatang. Tapi investasi crypto bukan seperti main judi yang hanya mengandalkan keberentungan, apalagi mengandalkan emosi. Perlu tahu ilmunya. Mengerti konsekuensinya dan untung ruginya.

Walaupun bisa dilakukan secara pribadi dan dengan cara sendiri yang sangat mudah, investasi crypto bukan hanya dapat dilakukan oleh mereka yang berduit, kitapun yang memiliki uang kecil bisa juga mencicipinya. Caranya sangat mudah dan bisa dilakukan dari rumah. Tapi bukan berarti karena mudah lalu tanpa pikir panjang masuk ke dalamnya seperti orang buta. Perlunya literasi yang lengkap, pengetahuan yang jelas dan mengerti konseksuensinya juga harus dimiliki.

Perlu diingat bahwa investasi di bidang crypto memiliki resiko yang sangat tinggi di mana bisa saja uang crypto yang kita inves nilainya turun seketika sehingga kita bukan malah untung tapi buntung. Tentu saja bagian ini penting supaya ketika ingin melakukan inves di uang digital ini bukan hanya karena mengikuti tren. Para pakar berpesan sebelum melakukannya, mengerti betul bidang inves yang akan kita lakukan itu supaya kita tidak menyesal di kemudian hari.

Penulis mencoba melakukan inves crypto ini secara kecil-kecilan untuk sekedar ingin mengetahui bagaimana melakukan inves di bidang uang digital ini. Nilai inves yang dikeluarkan bahkan berkisar ratusan ribu saja dan mencoba menahan diri untuk tidak melakukan inves sampai jutaan rupiah. Mengapa? Karena prinsip penulis, melakukan inves harus tahu dulu untung dan ruginya.

Mengapa Harus Dipelajari Terlebih Dahulu?

Karena uang cryto itu sendiri bermacam-macam dan bahkan bisa ribuan macam. Dari yang bernilai besar sampai yang kecil-kecil yang mungkin sulit untuk dikenal. Mungkin kita hanya sering mendengar Bitcoin karena nilainya satu coin mencapai ratusan juta. Atau Ethereum yang menjadi gajiannya Gozali yang bernilai di kisaran 40 jutaan.

Pemerintah Indonesia sendiri melegalkan uang crypto ini beredar di negeri ini dengan memberi pembatasan jumlahnya. Untuk mengetahui jenis-jenis uang crypto yang mendapatkan ijin di Indonesia bisa dilihat di artikel DI SINI.

Sebenarnya dari sekian ribu jenis uang crypto yang ditawarkan, pemerinta RI  membatasinya dengan jumlah 229 jenis uang crypto. Bayangkan, dengan jumlah sekian itu saja pasti kita pusing untuk menentukannya. Jenis uang crypto yang mana yang akan kita beli.

Kalau Anda mencoba bertanya ke pak Google, uang crypto yang bisa dipilih untuk dibeli sebagai bentuk investasi dengan uang rupiah kita saja maka kitapun akan dibuat bingung. Karena apa? Masing-masing orang memberikan pilihan dengan menawarkan uang crypto terbaik yang bisa dibeli untuk investasi. 

Misalkan, 

  • 5 Crypto yang mempunyai masa depan cerah
  • 7 Crypto yang patut dibeli untuk melakukan investasi
  • 10 Crypto untuk jangka panjang
  • 17 crypto yang bisa menjadi pertimbangan untuk diambil

Dengan memberikan penjelasan kelebihan dan kekurangannya, (mirip-mirip seperti spesifikasi HP) yang penjelasannya sulit dicerna oleh orang awam. Belum lagi pilihan crypto untuk inves jangka pendek atau untuk jangka panjang menambah kebingungan kita untuk menentukan.

Karenanya, memilih investasi crypto bukan bagi mereka yang hanya ingin coba-coba bila ingin berinves apalagi dengan modal besar. Karena di dalamnya ada strategi.

Tetapi bila sudah mantap, dan sudah mendalami ilmunya, mungkin bisa dijajal. Walaupun yang perlu diingat, inves yang kita lakukan adalah berasal dari dana lebih, bukan dana harian untuk kebutuhan kita, dan keluarga kita sehari-hari. Apalagi dana pinjaman. Jangan sekali-kali.

BACA JUGA

Tokoh-tokoh Terkenal ini Pernah Bersinggungan dengan Bitcoin

 3 Tempat Gratis Mengais Bitcoin

 Mudahnya Jual Beli Crypto di Triv

 Nyicip Berburu Bitcoin Gratis di Aplikasi ini

 Pertimbangkan Sebelum Berburu Crypto Gratis Melalui Ponsel

 Jangan Asal Ngepompom Uang Crypto


Ingin Inves Crypto, Kuasai Dulu Ilmunya. Ingin Inves Crypto, Kuasai Dulu Ilmunya. Reviewed by Hati Kita on 18.42 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.