Pencinta Buku Harus Tahu Alat ini. - MAKKELLAR.COM

Pencinta Buku Harus Tahu Alat ini.


Bagi yang suka membaca pasti kenal dengan Amazon Kindle yang menjadi alat bantu membaca buku secara digital yang ukurannya enak digenggam. Kindle yang merupakan alat elektronik yang bisa membantu orang bisa membaca ribuan bacaan buku dan majalah secara digital dalam satu genggaman. Mungkinkah buku fisik akan digilas oleh alat yang mudah mudah dibawa ke mana-mana ini?

Kindle dalam pengertiannya adalah perangkat lunak dan perangkat keras untuk  menyimpan dan membaca buku elektronik dan media digital lainnya. Walaupun sementara orang ada yang mengatakan bahwa tidak mungkin buku fisik akan tergantikan dengan buku digital. Namun faktanya KIndle semakin hari semakin popular dan digemari oleh banyak orang.  

Pengalaman membaca buku di Kindle memang sangat praktis dan mudah dibawa ke mana-mana tanpa dibebani oleh buku fisik dalam bentuk kertas yang bila membawa 6 buku dengan ketebalan 300 halaman saja sudah cukup berat. Walaupun kata orang, buku fisik tidak bisa tergantikan oleh apapun. Bau khas buku fisik sangat terasa bagi mereka yang mencintai buku kertas. 

Namun bagaimanapun jaman telah berubah. Dunia digital juga merambah ke dunia baca buku dan hal tersebut mengubah juga cara kita memperoleh informasi khususnya dari buku yang selama ini menjadi andalan bagi pecintanya. Tentu saja masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. 

Buku fisik tentu memiliki kelebihan tersendiri ketimbang buku dalam bentuk elektronik. Buku fisik tentu bisa diraba dan dirasakan dengan fisik. Juga fisiknya bisa dipajang di rak. Kekurangannya, bila ingin membawa beberapa buku dalam satu tas terasa berat dan mungkin ribet. 

Buku yang berbentuk elektronik apalagi dirangkum dalam sebuah alat yang salah satunya dibuat oleh Amazon bernama Kindle memang sangat simple dan mudah dibawa ke mana-mana. Kita bisa membawa ratusan buku yang bisa disimpan dalam sebuah aplikasi. Bisa dibaca di berbagai tempat tanpa perlu menenteng buku cetak kertas.

Pengalaman mempunyai Kindle sejak 5 tahun yang lalu dengan membeli Kindle bekas dari seorang teman. Maklum bagi penulis saat itu masih sulit didapat tapi juga masih mahal menurut ukuran dompet. Sekarang Kindle mudah didapat. Dan bahkan bukan hanya Amazon yang meluncurkan alat baca buku elektronik bahkan kita juga tahu Kobo dan produk China dengan penggunaan khusus untuk membaca ini juga sudah tersedia.

Penggunaannya sangat praktis. Bisa ditenteng ke mana-mana. Tapi sayang kebanyakan buku yang tersedia adalah buku-buku luar negeri yang berbahasa Inggris. Sehingga bagi yang kesulitan memahami bahasanya tentu sedikit kesulitan. Memang sudah ada beberapa buku yang dalam bentuk pdf dalam bahasa Indonesia, tapi kebanyakan dalam bentuk foto kopian. Tentu saja hal ini melanggar hak cipta yang seharusnya dilarang melakukan penggandaan kecuali dilakukan oleh penerbitnya.

Pencinta Buku Harus Tahu Alat ini. Pencinta Buku Harus Tahu Alat ini. Reviewed by Hati Kita on 10.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.