Perlu Diperhatikan Saat Presentasi Online Lewat Zoom - MAKKELLAR.COM

Perlu Diperhatikan Saat Presentasi Online Lewat Zoom


Presentasi online akan efektif bila dibantu dengan powerpoint yang baik. Karena presentasi secara online hanya mengandalkan suara dan visual yang jelas. Padahal peserta presentasi memiliki kebebasan penuh untuk mendengar atau malah ditinggal tidur atau malah melakukan aktifitas lainnya. Presentasi online lebih sulit menarik perhatian peserta ketimbang presentasi secara langsung.

Berbeda dengan presentasi langsung di mana fisik kita juga bisa menjadi penarik audiens. Seperti mata yang ditujukan kepada audiens, badan melakukan ekspresi yang menunjukkan perhatian penuh kepada peserta dan seterusnya.

Sementara dari peserta sendiri 'dipaksa' harus duduk diam dan tidak mungkin dia sambil terus main hp karena mungkin tidak enak dengan peserta yang berada di kanan dan kiri depan dan belakang.. Setidaknya kalau materinya kurang menarik dia tetap duduk dan tidak mungkin sambil melakukan aktifitas lainnya. 

Sementara ketika melakukan presentasi secara online khusus melalui aplikasi zoom, maka peserta benar-benar memiliki kebebasan penuh. Bahkan peserta bisa mematikan videonya sehingga peserta berhak tidak tampil wajahnya, kecuali sudah disampaikan sebelumnya. 

Bila videonya ditutup, maka penyampai pesan tidak melihat ekspresinya audien ketika menyampaikan sesuatu merupakan ujian tersendiri bagi komunikan penyampai berita ketika ingin menyamaikan gagasannya. Apakah orang merasa senang dengan apa yang disampaikan, atau merasa menolak dengan apa yang dipresentasikan. Semuanya gelap.

Makanya yang perlu diandalkan adalah apa yang kita sampaikan benar-benar menarik. Bukan sekedar kita menyampaikan apa adanya. Di sinilah kita dalam menyampaikan presentasi melalui zoom ini perlu langkah-langkah penting supaya materi yang ingin disampaikan benar-benar bisa diterima dan pesan bisa sampai kepada peserta.

3 hal penting dalam menyampaikan presentasi secara online khususnya melalui zoom 

  • yaitu kita hanya mengandalkan presentasi yang super baik. 
  • Yang kedua adalah suara. Dari segi suara tentu orang bisa menilai, apakah suara kita menunjukkan bahwa kita percaya diri, atau kita merasa grogi, takut dan gemetar. Dari suara itulah kita bisa menunjukkan diri. 
  • Ketiga adalah wajah yang close up bisa dilihat dan orang bisa melihat ekspresi kita yang sebenarnya.
Karena begitu pentingnya menarik perhatian bagi setiap peserta yang akan mengikuti presentasi kita maka kita harus menganggap sangat penting persiapan yang harus dilakukan. Mungkin dari segi persiapan yang bersifat aksesoris tubuh, seperti baju yang bagus, atau apapun yang mendukung penampilan kita bukan hal yang urgen. Tapi justru konten atau isi yang akan disampaikan itulah yang perlu sangat dalam.

Kalau makanan yang ingin disajikan, merupakan makanan yang istimewa, yang sangat bergizi, yang membuat penikmatnya benar-benar terkesan, bukan oleh penampilan fisik sang pemberi presentasi, tapi isi yang disajikan.

Hal lain yang tidak kalah penting dalam menyajikan materi yang penuh bergizi, maka mempersiapkan diri dalam penyampaian juga perlu diperhatikan. 

  1. Buatlah powerpoin semenarik mungkin
  2. Mencari dukungan video atau ilustrasi yang menarik perhatian dan supaya peserta tidak merasa bosan bila hanya data.
  3. Pastikan berapa lama waktu yang diberikan kepada kita supaya kita bisa mengukur powerpoin yang kita buat
  4. Periksa dan periksa isi powerpoin untuk menghindari  kesalahan. Kalau bisa 0 kesalahan
  5. Berlatih untuk menjalankan powerpoin yang akan disampaikan sangat perlu dilakukan
  6. Mencoba dengan mengoperasikan dengan dipadu antara powerpoin dan suara penyaji sehingga klop dan bisa diukur waktu penyajian
  7. Berlatihlah untuk menggunakan zoom penyajian presentasi supaya kita tidak bingung ketika kita dipersilahkan untuk memulai.
  8. Periksa semua alat-alat yang berhubungan dengan peralatan pendukung, seperti laptop yang dipakai, seperti kameranya bagaimana, audioanya bagaimana dan seterusnya.
  9. Bila menggunakan data, pastikan data seluler yang kita miliki cukup untuk melakukan zoom meeting. Karena jangan sampai di tengah jalan karena data seluler habis, lalu mati sebelum selesai.
  10. Bila menggunakan wifi pastikan kita mempunya data internet lain bila seumpamanya lampu mati

Perlu Diperhatikan Saat Presentasi Online Lewat Zoom Perlu Diperhatikan Saat Presentasi Online Lewat Zoom Reviewed by Hati Kita on 18.13 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.