Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jam Tangan Tenaga Matahari

Selasa, 26 November 2019

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Jam Tangan Tenaga Matahari


Walaupun banyak dijual baterai jam tangan berbagai merek untuk menggantikan baterai yang sudah soak, namun seringkali merasa tidak punya waktu untuk datang secara khusus ke tempat penjualan jam atau servis jam tangan yang biasa mangkal di berbagai tempat. Belum lagi kalau kita tidak mengerti sama sekali mengenai baterai, kemudian berapa lama baterai yang dijual itu sudah diproduksi sehingga akan cepat habis tenaganya, dan tentu saja originalitas baterai yang bagi orang awam sulit membedakan.

Nah, untuk mensiasati semua hal tersebut salah satu cara adalah dengan membeli jam tangan yang menggunakan tenaga surya atau tenaga matahari yang banyak diproduksi oleh perusahaan-perusahaan jam terkenal yang salah satunya adalah merk Casio. Sebenarnya dari segi harga jam tangan menggunakan tenaga sollar itu tidak terlalu mahal kalau kita hanya mempertimbangkan kegunaan atau manfaat. Bahkan di kisaran Rp. 300,000 sampai jutaan tentunya kita bisa membawa pulang jam tangan original dengan menggunakan matahari.

Tapi tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan dengan penggunaan jam tangan tenaga surya tersebut, yaitu: 
Kelebihannya, kita tidak perlu repot-repot memikirkan bagaimana baterai jam tangan kita akan diganti. Hal lain adalah pastilah kita tidak perlu dibingungkan jam kita tiba-tiba ngadat karena kehabisan baterai. Rentetannya adalah kita tidak membuang waktu hanya mengurus jam tangan kita ketika mengganti baterai. Demikian juga, ketika kita sudah bosa dengan jam tangan kita, bisa saja langsung disimpan dan biarkan saja di lemari. Lalu bisa kita rindu kembali memakainya, tinggal ambil dan kita arahkan ke sinar cahaya matahari, langsung kembali besinar.

Kekurangannya adalah kalau kita menggunakan jam tangan dengan energi solar tersebut dan kita tidak sempat menjemurnya di siang hari, lalu dipakai terus sampai malam hari, biasanya jam tangan kita itu akan mati.

Namun demikian, menggunakan jam tangan tenaga matahari tersebut khususnya bagi mereka yang tidak perduli dengan barang yang melingkar di tangan ini, kita tidak perlu keluar panas-panas untuk menjemurnya. Sebab, pengalaman saya dengan jam tangan saya yang tidak terlalu mahal sebenarnya, di pagi hari ketika bangun pagi, kita tinggal mengambil jam tangan yang mati, dan kemudian dipakai lalu langsung menyala, tanpa harus menjemur di tempat panas. 

0 komentar:

Posting Komentar