Asli Atau Palsukah Komputer yang Kita Pergunakan?

Selasa, 17 Desember 2019

Asli Atau Palsukah Komputer yang Kita Pergunakan?


Berbagai macam jenis orang ketika akan menggunakan komputer, entah itu laptop, notebook atau juga dalam bentuk PC (Personal Computer), lalu keinginannya alat-alat tersebut bisa langsung dipakai. Jenis orang seperti ini bisa jadi belum tahu bahwa ketika membeli komputer yang berbentuk barang berwujud atau perangkat keras hardwere  itu langsung bisa digunakan, tapi butuh sistim operasinya.

 Toko komputer menyadari hal ini bahwa banyak orang yang tidak mengerti ketika pembeli yang adalah raja itu tidak mengerti kalau hardwere itu butuh perangkat lain yaitu software. Tapi ada orang yang memang sejak awal mengerti semuanya bagaimana seharusnya ketika akan belanja komputer. Penjual Komputer akan lebih mudah melayaninya, karena pembelinya itu mudah ditanya, apakah akan menggunakan windows dan windows yang agak lama atau baru. Atau juga mau menggunakan MACos dan sebagainya.

Sekarang mari kita mencoba untuk sedikit mengerti dengan keadaan orang yang buta sama sekali mengenai sebuah komputer. Maaf, ini karena berangkat dari pengalaman. Toko Komputer yang baik tidak akan bertanya detail kalau orang yang ditanya hanya pasrah bongkoan. Pokoknya, saya ke toko dan ingin langsung komputer yang saya beli akan dipakai. Anak saya pasti jingkrak-jingkrak karena mainan baru yang akan dibelikan itu. Begitu kira-kira.

BACA JUGA: OS Bajakan atau Original?

Situasi ini rupanya juga ditangkap oleh produsen laptop atau PC tadi sehingga dibuatlah laptop dan PC yang sudah terinstall sistim operasinya. Tapi biasanya komputer yang sudah bawaan itu lebih mahal atau juga ada batasan tahunnya. Entah setahun dan seterusnya. Komputer atau laptop seperti ini bisa langsung dibeli di toko komputer atau di Toko Online Termurah

Lalu, bagaimana dengan pembeli yang memiliki budget mepet tapi tidak sabar ingin membeli komputer yang langsung bisa dipakai. Keadaan seperti inipun juga sudah ditangkap oleh sebagian orang. Bagaimana caranya? Beli yang murah lalu sekalian minta diinstalkan seluruh kebutuhan softwere supaya laptop berjalan dengan sempurna. Maka diinstallah seperti windows bajakan, office, winrar, adobe photoshop dan tidak lupa game yang juga bajakan.

Baca Juga: 2 Bahaya Besar Dirasakan Oleh Pengguna Windows 7

Sebenarnya kalau orang jenis ini memang berangkat dari ketidaktahuan, ya mau apalagi kitalah yang bertanggungjawab untuk memberitahu bahwa seluruh yang dipakai di komputernya itu adalah memiliki hak cipta yang mana kita seharusnya membayar. Celakanya, tidak sedikit orang yang sebenarnya mengerti mengenai HAKI (Hak Atas Kekayaan Intelektual) tapi karena budget minim akhirnya dilanggar.

Sebenarnya ada solusi untuk masalah ini yaitu menggunakan sistim operasi yang bersifat Open Source yang kalau hanya untuk tampilan, main game, atau juga ngetik, presentasi, dan banyak hal yang sebenarnya mirip ketika kita menggunakan sistim operasi yang berbayar. Seperti LINUX. Tapi mengapa banyak orang yang justru kurang tertarik dengan sistim operasi terbuka atau gratisan tersebut? MENGAPA?

0 komentar:

Posting Komentar