Bila Anda Punya Kayu Bekas Kusen Jendela Buatlah Rak Seperti Ini

Senin, 09 Desember 2019

Bila Anda Punya Kayu Bekas Kusen Jendela Buatlah Rak Seperti Ini


Memanfaatkan barang-barang bekas memang memiliki banyak keuntungan bagi kita dari banyak segi, baik dari masalah kebersihan, ekonomi, kerapian dan pengiritan dana. Dari segi kebersihan, barang bekas terkadang menjadikan tempat kita kotor dengan barang bekas tadi seperti kayu bekas, besi bekas yang bila ditumpuk akan mengurangi keindahan.  Dari segi ekonomi di mana kita tidak perlu mengeluarkan dana lagi untuk suatu hal yang kita inginkan, tapi juga pengiritan dana yang seharusnya kita mengeluarkan sesuatu, namun karena kita memanfaatkan barang bekas, akhirnya dana itu kita tahan untuk tidak keluar dari kantong kita. Nah, kali ini saya ingin memanfaatkan barang bekas berupa kusen jendela yang tidak terpakai lagi.

Kayu kusen bekas yang ingin dimanfaatkan saya ini sebenarnya pemberian kakak di Surabaya di mana kayu tersebut hanya ditumpuk di pojok halaman rumahnya dan tidak ada manfaatnya sama sekali. Mau dibuang sayang dan merasa eman, tapi kalau tidak dibuang rasanya mengganggu pemandangan. Maka ketika saya melakukan renovasi rumah, kakak saya menawarkan kayu tersebut. Awalnya saya sebenarnya kurang semangat untuk menerimanya, karena bentuk kayu yang diberikan itu tidak cocok secara model dengan bentuk jendela rumah yang akan saya bangun. Tapi karena ditawarkan, akhirnya saya terima. 

Sebenarnya kayu tersebut juga lama menumpuk di tumpukan barang-barang bekas bongkaran rumah yang tentu kalau dilihat dari manapun kesan kumuh sangat terasa. Belum lagi tumpukan itu bisa membahayakan bila anak-anak kecil yang bermain di dekat tumpukan bahan-bahan bekas itu terkena paku bekas yang menempel di kayu. Akhirnya muncul ide di mana saya merasa bagaimana kalau bekas kusen untuk jendela itu saya pergunakan untuk rak buku saya. Apalagi bekas kusen itu terasa kokoh kalau hanya menopang buku-buku.

Akhirnya seperti biasa tukang saya yang biasa menyulap barang bekas kayu yang kasar sekalipun bisa menjadi sebuah barang yang menarik dan sangat berguna termasuk bekas kusen jendela. Memang butuh dibuatkan desain yang bagus untuk membentuk pola hingga menjadi rakj buku yang menarik. Tapi pola dasarnya sebenarnya sudah terbentuk yaitu di bagian atas (tempat angin-angin) dari kusen tersebut sudah membentuk rak, sekarang tinggal bagian bawah atau tempat jendelanya. Di sinilah kita bisa bermain untuk membuat polanya, yaitu dengan menambah rak-rak tengah sehingga memberi kesan kalau rak buku tersebut bukan dari barang bekas, tapi seperti dibuat dari barang yang baru. Anda mau coba, silahkan!    

0 komentar:

Posting Komentar