Micro SD Terbaca, Tapi Tidak Bisa Mengakses Data

Kamis, 09 April 2020

Micro SD Terbaca, Tapi Tidak Bisa Mengakses Data


Menyukai pengambilan gambar video dengan ponsel mendorong saya untuk ingin menambah tempat penyimpanan supaya semakin lega. Maka setelah mengecek sampai berapa giga maksimal untuk penyimpanan eksternal dari ponsel saya. Maka saya akhirnya membeli micro sd berkapasitas 265gb secara online. Tapi ketika micro sd datang dan saya masukkan ke ponsel merk Xiaomi Redmi Note 8 Pro ternyata ketika saya cek melalui Settings - About Phone  - Storage yang muncul di SD CARD hanya Mount SD Card. Jadi tidak ada data yang memberi informasi mengenai sd card tadi. 
Saya mencoba untuk saya buka, tapi yang muncul Safely Ejected dan tidak ada penjelasan lain. 

Beberapa kali saya mengusahakan supaya sd card tersebut bisa terbaca, melalui saya matikan hp, kemudian saya buka kembali sd card tersebut dan saya masukkan lagi. Menggunakan bantuan beberapa aplikasi di Play Store yang berhubungan dengan format sd card dan aplikasi yang bisa membacanya. Tapi semuanya sia-sia, dan aplikasi tersebut akhirnya saya uninstal lagi. Bingung karena berbagai cara lain tidak berhasil, maka saya mencoba untuk memasukkan sd card merk lain, dengan kapasitas lebih kecil yaitu 128gb dan ternyata bisa dibaca. Akhirnya saya coba melihat kapasitas maksimal yang diijinkan pemasangan eksternal rupanya tidak ada masalah. Lalu di mana masalahnya?


Akhirnya setelah 12 jam saya tinggal dan saya buka, esok harinya saya mencoba berjuang lagi. Kali ini saya coba menghapus ujung micro sd bagian tembaganya dengan penghapus pensil tapi juga tidak ada hasil. Lalu, iseng-iseng saya lakukan ini:


  1. Saya coba buka di laptop dengan menggunakan adaptor micro sd, komputer saya bisa membaca. Lalu, saya coba untuk memindahkan beberapa audio ke micro sd tadi. Setelahnya saya kembalikan lagi ke ponsel saya. Kasusnya tidak berubah. Sama saja. Tidak bisa membaca
  2. Lalu saya menggunakan adaptor seperti di gambar nomor 1 dan saya masukkan ke laptop kembali. Anehnya begitu saya masukkan adaptor seperti flashdisk tersebut, dia meminta diformat. Maka saya lakukan format sampai selesai.
  3. Selesai diformat, saya coba memasukkan sd card kembali ke ponsel saya, malah ponsel saya hank. Agak lama lagi, dan menjadikan saya tambah bingung. Tapi dengan demikian saya baru tahu ternyata ponsel saya itu sedang melakukan format dengan flashdisk tersebut. Herannya setelah format selesai, malah seperti semua, tidak bisa seperti waktu pertama kali saya masukkan.
  4. Makanya saya format kembali lewat laptop dan ternyata setelah itu saya masukkan dan berhasil bisa membaca sd card saya. 
  5. Semoga menjadi manfaat bagi semua.
Tapi dari semua itu, mungkin yang menjadi faktor utamanya yang sebenarnya adalah saya membeli micro sd itu dengan harga murah. Maksudnya untuk ukuran micro sd berkapasitas 265 gb hanya seharga Rp. 160.000. Padahal kalau kita beli yang original bisa mencapai 700 ribuan bahkan sampai jutaan kalau yang ekstrem pro. 


0 komentar:

Posting Komentar