Instal Linux Ubuntu Bagi Pemula Seperti Saya

Jumat, 10 April 2020

Instal Linux Ubuntu Bagi Pemula Seperti Saya

Seperti postingan persiapan instal linux ubuntu yang lalu di mana taruhlah kita sudah menyelesaikan tahap persiapan untuk masuk ke Instal Linux Ubuntu ini. Tapi sebelumnya sudah saya sampaikan bahwa PEMULA yang dimaksud adalah saya sendiri sebagai pemula, tapi bisa menginstal Linux Ubuntu.

BACA: Simak Tahap Persiapan Sebelum Masuk Penginstalan program Linux Ubuntu

Jangan lupa sebelum masuk ke penginstalan, pastikan data-data penting dalam komputer (PC atau kaptop) Anda sudah disimpan aman di tempat yang aman, contohnya di flashdisk eksternal. Kalau sudah dilakukan, maka kita bisa mulai untuk menginstal Linux Ubuntu.

Langkah-langkah Instal Linux Ubuntu adalah:


  1.  Komputer Anda pastikan dalam posisi mati dan siap untuk dihidupkan. Atau kalau masih hidup silahkan shut down atau siap untuk direstart.
  2. Sebelum dihidupkan, masukkan/colokkan flashdisk yang sudah diinstal Linux Ubuntu ke komputer kita itu dalam masih posisi belum dihidupkan. Jadi layarnya masih gelap ya.
  3. Sekarang mulai hidupkan komputer sambil kita pencet keyboard di bagian Delete. Tapi kalau ternyata tidak masuk ke bios maka bisa dilakukan ulang dan pencet F10 atau F11. Jadi masing-masing komputer beda-beda. Tapi intinya kita ingin masuk ke Bios. Pastikan sampai muncul seperti gambar di bawah ini.
  4. Gambar di atas menunjukkan kita sudah siap untuk melakukan instal Linux Ubuntu. Cara kerja untuk melakukan instal sistim operasi komputer OS hampir sama termasuk ketika melakukan instal Windows. Sekarang langsung klik INSTALL UBUNTU di baris kedua tersebut. Ketika kita klik maka berikutnya akan segera muncul gambar seperti ini
  5. WELCOME. Sebagai pemula seperti saya instal Ubuntu ini sangat menyenangkan karena kita tinggal klik dan klik saja. Sekarang karena posisi bahasa yang kita inginkan adalah Bahasa Inggris di warna merah maron tersebut maka kita langsung klik CONTINUE, sehingga akan muncul gambar seperti ini.
  6. Ini untuk memastikan keyboard layout yang akan kita pakai adalah bahasa Inggris. Kita tidak perlu pusing karena biasanya itu seperti otomatis ditunjukkan ke keyboard Inggris. Maka yang kita lakukan hanya klik CONTINUE saja. Sehingga muncul gambar berikut.
  7. Jadi saya sebagai pemula tentu ingin yang mudah saja di mana kita akan instal juga segala macam yang dipunyai Linux Ubuntu seperti browser, game, office dll, maka saya setuju memilih bagian paling atas yaitu NORMAL INSTALLATION saja lalu kita langsung klik CONTINUE lagi. Maka akan muncul gambar seperti berikut. Asyik kan?
  8. Memperhatikan bagian ini penting karena kita harus memiliki tujuan dengan menginstal Ubuntu Linux ini. Kalau sebelumnya komputer Anda menggunakan Windows maka akan ditanya, apakah Anda akan menggunakan dua OS atau kita mau fokus dengan Linux Ubuntu saja. Karena saya hanya ingin menggunakan Linux Ubuntu maka saya akan menghapus semua isi program dalam hardisk komputer untuk diisi penuh Linux Ubuntu. Jadi artinya semua isinya akan dihapus dan akan diisi oleh program Linux Ubuntu. Maka kita tinggal klik INSTALL NOW, sehingga akan muncul gambar ini.
  9. Memang sopan sekali ya, jadi bagian ini ingin memastikan lagi kalau semua data dan apapun akan dihapus total dan akan diisi hanya oleh program LINUX UBUNTU. Kalau ia, maka kembali kita klik CONTINUE. Hasilnya gambar di bawah ini.
  10. Sebenarnya posisi titik tengah yang menunjukkan posisi waktu di negara kita itu awalnya berada di posisi Amerika Serikat. Tapi kita geser saja titik merah itu ke posisi Ibukota Indonesia yaitu Jakarta. Atau kalau tidak kita ubah di kolom bawah peta itu dengan menulis saja Jakarta, maka nantinya akan merubah sendiri. Kalau posisinya sudah tepat tinggal klik lagi CONTINUE. Sehingga akan muncul gambar ini.
  11. Sekarang silahkan isi kolom-kolom yang ada seperti kolom 1 NAMA ANDA (Sumiati Juliani-misalnya) maka kolom 2 akan otomatis terisi. Kolom 3 silahkan diisi dengan pilihan nama user yang kita pilih (sumiatijuliani - misalnya). Kolom 4 ini penting dan perlu dicatat di buku catatan kita supaya tidak lupa yaitu pasword. Ini tidak boleh lupa karena penulisan pasword akan selalu dibutuhkan nantinya ketika kita akan membuka program Linux Ubuntu ini. Atau kalau kita mau instal sesuatu melalui TERMINAL (nantinya kita akan terbiasa dengan aplikasi terminal di Linux kalau kita sudah mencintai program gratis ini). Lalu kolom 5 kita diminta untuk memastikan pasword yang kita gunakan itu memang kita pastikan untuk dipakai. Bila semuanya sudah selesai mengisi kolom-kolom tersebut, jangan lupa, supaya kita nantinya tidak selalu menggunakan pasword setiap masuk, maka klik saja LOGIN IN AUTOMATICALLY. Lalu di halaman ini kita lanjutkan dengan klik CONTINUE. Lihatlah, super keren kan?
  12. Inilah proses terakhir kita melakukan instal Linux Ubuntu yang tampilannya sangat berfariasi. Inilah proses awal kita melakukan INSTAL LINUX UBUNTU dan kita akan menunggu, sekitar 20 - 30 menit instal ini berjalan. Di sinilah pentingnya makanan ringan untuk kita duduk manis sambil menikmati kopi hangat dan makanan yang sudah kita siapkan. Tapi, kalau kita mau tinggalkan juga tidak masalah, supaya kita tidak bosan. Tapi biasanya kita benar-benar ingin tahu dan penasaran bagaimana hasilnya nanti. Jadi tunggulah dengan sabar sampai muncul gambar berikut ini.
  13. Akhirnya kita dan Anda berhasil melakukan instal Linux Ubuntu. Saya yang pemula dan tidak mengerti apa-apa mengenai tekhnik informatika IT tapi bisa berhasil melakukan instal Linux Ubuntu. Sekarang tinggal Anda dan saya melakukan uji coba untuk sekedar membuka sana sini bagian-bagian yang muncul itu. Tapi berkenaan dengan gambar terakhir ini, jangan lupa juga Anda harus melakukan klik yang terakhir kalinya yaitu kita akan melakukan RESTART dengan komputer kita untuk melihat isi perut Linux Ubuntu, dan jeroannya seperti apa. Tapi yang paling menarik adalah, Anda tidak akan bosan dengan OS ini, karena memancing kita untuk melakukan berbagai aktifitas di dalamnya. Jangan takut salah, jangan takut keliru. 

0 komentar:

Posting Komentar