Install Ubuntu Studio 100% Gratis Tanpa Biaya

Jumat, 10 April 2020

Install Ubuntu Studio 100% Gratis Tanpa Biaya


Awalnya saya ingin mencoba-coba meninggalkan sistem operasi dari Windows 7 yang dianggap sudah 'ditinggalkan' oleh pemiliknya yaitu Microsoft dan menyarankan kepada penggunanya untuk beralih ke Windows yang lebih tinggi yaitu Windows 10. Pasalnya beralih OS itu kan bukan seperti orang pindahan kamar, tinggal bawa barang. Tapi pengguna harus mengeluarkan duit untuk membeli lisensi baru. Pakai Windows bajakan? Ah, janganlah, kita belajar menghargai kerja orang lain. Maka solusi taktis, dan jalan keluar jitu adalah beralih ke Operation System OS Distro Linux dan pilihan yang saya tentukan adalah Ubuntu yang berbasis Debian.

Dahulu memang ketika sedikit orang menggunakan OS Linux versi Debian ini yang interes CD Gratisnya bisa langsung request, tapi sekarang saat orang sudah mulai banyak menggunakan Linux dan akses internet semakin mudah didapat kita tinggal download di website resminya sesuai dengan versi Linux yang mana. Karena saya tertarik dengan Linux Ubuntu sayapun berkunjung ke website reminya di ubuntu.com.


Rupanya Ubuntu sendiri memiliki banyak turunannya yang bisa kita pilih sesuai dengan situasi dan kegunaan serta kebutuhan kita. Ketika saya memastikan untuk mendownload Ubuntu tersebut selain Ubuntu sendiri, tapi turunannya juga banyak. Ada Kubuntu, Lubuntu, Ubuntu Budgie, Ubuntu Kylin, Ubuntu MATE, Xubuntu dan Ubuntu Studio. Pilihan saya akhirnya jatuh dengan Ubuntu Studio.

Menginstal sistim operasi dari Distro Linux termasuk Ubuntu Studio tentu gratis 100% tanpa dipungut biaya apapun. Kalaupun kita kelebihan uang atau dengan ihklas mau memberi untuk pengembangannya tentu terbuka. Tapi prinsipnya adalah gratis 100%. Padahal kalau dilihat dari keindahannya Ubuntu Studio ini sangat memukau, tapi yang paling penting adalah kegunaan Ubuntu Studio ini memang cocok bagi mereka yang berorientasi kepada multimedia. 

Kalau yang memang memiliki interes dengan hal-hal yang berhubungan dengan pengeditan audio, video, grafis, fotografi dan penerbitan, maka Ubuntu Studio pilihan yang tepat. Makanya kita akan menemukan banyak aplikasi dalam Ubuntu Studio ini berhubungan dengan tanpa biaya, tinggal melakukan download gratis. Tidak perlu membeli lisensi dan semacamnya. 

Di dalamnya kita bisa mendownload software-software untuk yang berhubungan dengan audio program seperti, Ardour Digital Audio untuk perekaman, mixing, mastering. Juga ada virtual guitar.

Lalu bagaimana dengan program video? Jangan khawatir, justru di sinilah gudangnya software yang berhubungan dengan audio visual ini seperti openshot, dan beberapa program menarik lainnya.

Untuk Graphic Program juga tersedia blender yang siap melancarkan pengguna untuk pembuatan 3D misalnya. Ada juga Inkscape yang bisa digunakan untuk graphic editor.

Jangan lupa mereka yang sangat menyukai program photografi semuanya lengkap disediakan oleh Ubuntu Studio ini.

Kalau seumpamanya bagi para mantan pengguna Windows yang sudah terbiasa dengan word, excel, powerpoint dll, maka ada aplikasi-aplikasi yang menyerupai, sehingga kita tidak kaget ketika migrasi ke Ubuntu Studio ini.

Lalu bagaimana cara menginstal Ubuntu Studio yang sering dipakai oleh banyak orang pekerja multimedia di dunia itu? Sangat gampang, bahkan bagi pemulapun bisa. Caranya hampir sama dengan melakukan penginstalan Ubuntu. Caranya silahkan download dulu DI SINI:

BACA JUGA: Cara Instal Ubuntu sama dengan Instal Ubuntu Studio

0 komentar:

Posting Komentar