Inilah Persiapan Install Linux Ubuntu Lengkap dengan Gambar

Kamis, 09 April 2020

Inilah Persiapan Install Linux Ubuntu Lengkap dengan Gambar

Menginstal Linux Ubuntu Semudah Kita Memasuki Gedung Bioskop

Mungkin pembaca ada yang mengira anak judul di atas terlalu berlebihan. Masak sih, menginstall operating system atau OS yang berbasis open source LINUX khususnya Ubuntu itu segampang kita memasuki gedung bioskop untuk menyaksikan film kesayangan Anda? Benar sekali. Saya mengukurnya bukan orang lain yang mahir dan ilmunya tingkat dewa dalam soal software dan hardware komputer. Tapi saya mengukurnya diri saya sendiri yang nol putul tidak ngeh dengan masalah-masalah komputer. Sekolah saya berbanding terbalik dari masalah Teknologi Informasi atau Information Technology IT. Ibaratnya kalau saya tinggal di Yogyakarta, ilmunya ke Surabaya, tapi melakukan masalah Jakarta. Berbalik arah. Makanya saya beranikan diri orang yang buta sama sekali dengan Linux tapi ingin mencoba untuk menginstal sendiri OS gratis ini.

Didorong oleh minimnya dana untuk membeli OS Windows ori yang tidak kesampaian. Karena kalaupun saya punya dana untuk beli OS Windows asli, tapi sebuah komputer bukan hanya Windowsnya saja. Di belakangnya juga menunggu untuk dibayar yaitu officenya dan yang lainnya juga sudah menunggu untuk dibayar. Lah, kan bisa menggunakan bajakan to? Tidaklah, pencetus dan pembuat semua hasil karya mereka itu harus kita hargai, dan lagian, yang namanya bajakan tentu saja tidak baik. Makanya jalan keluar yang terbaik dari yang baik adalah menggunakan software asli untuk urusan sistem operasinya komputer itu adalah dengan menggunakan layanan terbuka open source dalam hal ini LINUX. Untuk komputer PC saya mencoba menggunakan Ubuntu.

Sekarang bagaimana kalau kita langsung praktek dari orang tidak pintar dalam soal IT, tapi ternyata bisa menginstal Linux Ubuntu. Oh ya, sebenarnya banyak macam Linux itu sendiri. Kita jangan dipusingkan dulu dengan berbagai jenis Linux itu sendiri, walaupun pada akhirnya, kalau Anda berhasil menginstal satu jenis Linux, Anda mungkin akan seperti yang saya lakukan. Apa itu?Pengalaman saya, setelah berhasil menginstal satu jenis, lalu ingin mencoba untuk menginstal yang lain, termasuk yang rumit. Namun sekarang mari kita fokus dengan Linux Ubuntu.

Silahkan persiapkan semua hal yang berhubungan dengan penginstalan Linux ini. Apa itu? Yang berhubungan dengan yang bersifat fisik yaitu:
  1. Komputer. PC, Laptop minimal ramnya 2gb
  2. Flashdisk minimal kapasitasnya 4gb
  3. Jaringan Internet
  4. Buku Catatan dan alat tulis. Nanti kita tahu untuk apa gunanya
  5. Makanan ringan dan kalau perlu kopi atau teh hangat, supaya kita bisa sejenak istirahat bila mulai pegal-pegal.
Sekarang mari kita mulai bergerak dengan menyiapkan perangkat lain yaitu software untuk kita instal yaitu:
  1. Download Linux Ubuntu. Untuk hal ini Anda langsung menuju ke website resminya yaitu di www.ubuntu.com. Arahkan mouse ke download untuk diklik. Maka akan muncul pilihan untuk download. Sekali lagi saya tidak menjelaskan secara tekhnis, mungkin ada teman, kerabat, sahabat, handai taulan yang bisa menjelaskan ini. Tapi saya praktis saja, Anda langsung klik Ubuntu Desktop hingga muncul terlihat proses download itu bekerja. Tapi kalau Anda tidak mau ribet, Anda bisa juga membeli di toko online banyak dijual juga. Mengingat kapasitasnya mencapai 2 gigabyte lebih. 
  2. Silahkan download juga rufus yaitu bootable USB. Untuk instalnya bisa DI SINI. Caranya setelah membuka website rufus, silahkan arahkan mouse Anda dengan cara scrol ke bawah tepat di bawahnya DOWNLOAD tepat di tulisan rufus dan langsung download. Kalau yang rufus ini sangat kecil kapasitasnya, jadi pasti cepat downloadnya. Setelah download berhasil, maka silahkan file diekstak dengan caya mouse Anda arahkan ke file download tadi, lalu klik kanan maka akan muncul salah satunya extrax dan klik. Maka di file tempat penyimpanan Anda akan muncul file gambar flashdisk seperti di SINI.
  3. Sekarang kita menyiapkan perangkat untuk menginstal Ubuntu dengan memasukkan flashdisk tadi ke komputer. Jadi kita mau mau bootable flashdisk untuk Linux Ubuntu yang akan kita gunakan untuk instal komputer kita nanti. Caranya bagaimana?
  • Masukkan flashdisk dan langsung klik gambar flashdisk Rufus yang sudah kita ekstrak sehingga akan muncul gambar ini
  • Silahkan klik di bagian SELEC itu dan kita akan dibawa ke file Linux Ubuntu tadi. Makanya baiknya kita tau di mana meletakkan semua hasil download tadi. Setelah kita tentukan maka kita atur dulu untuk memastikan kolom-kolom di bawahnya khususnya di bawah FORMAT OPTION, apakah sudah benar yang diambil itu Linux Ubuntu atau bukan. Biasanya sudah seperti otomatis. Kita tinggal  klik START. Tunggulah dengan sabar Rufus melakukan format sampai selesai yang ditandai dengan gambar seperti di bawah ini. Lihat warna hijau dengan tulisan READY menunjukkan sudah selesai. Demi keamanan jangan lupa untuk mencabut flashdisk dari komputer ejeck dulu : 
Nah, sekarang tinggal instal Linux Ubuntu. Oh ia, persiapan seperti di atas berlakuk juga dengan menginstal jenis Linux lain.

BACA: Cara Menginstal Linux Ubuntu

0 komentar:

Posting Komentar