Kalau Ada Toko Terdekat, Kenapa Harus Pilih yang Jauh?

Selasa, 07 Juli 2020

Kalau Ada Toko Terdekat, Kenapa Harus Pilih yang Jauh?


Memang online shop atau toko online memberikan banyak pilihan yang sangat beragam. Apa saja bisa dicari. Kalau tidak ada di toko online yang satu maka bisa memilih online shop yang lain dan bahkan bisa banyak pilihan. Kalau kita mau berbelanja sebuah jam tangan, dan kita menuliskan di pencaharian online shop yang kita pilih, maka akan muncul puluhan bahkan ratusan jam tangan sesuai dengan apa yang sedang kita cari. Banyaknya pilihan ini tentu saja sangat menguntungkan karena di sinilah kita bisa memilih dari segi, harga, originalitas, dan jarah toko dari rumah kita.

Saya menyebutkan jarak toko, karena inilah yang harus menjadi pertimbangan kita juga. Kalau ada flash sale sebuah barang murah, contohnya barang kebutuhan shampo misalnya. memang harganya yang dari Rp. 50.000 satu paket misalnya, menjadi Rp. 25.000 tapi ternyata sang lapaknya ada di Jakarta, sementara kita di Bali, maka harganya akan menjadi sama dengan toko kelontong sebelah rumah. Kenapa? Karena memang harga tersebut berdiskon 50% tapi ongkirnya bisa melebihi harga pasaran yang ada di wilayah kita.

Makanya, jarah toko seharusnya menjadi pertimbangan penting karena berhubungan dengan ongkos kirim. Makanya jangan senang dulu bila ada flash sale tapi barang diflash sale itu beratnya yang harus ditanggung ongkirnya melibihi dari harganya itu sendiri. Tapi kan ada ongkir gratis? Ongkir gratis akan berguna banyak bila berat barang yang kita beli tidak melibihi batas minimal pemberian ongkir gratis tersebut. Contohnya, biasanya yang ditanggung ongkir gratis itu sekitar Rp. 20.000, selebihnya, maaf ya say, ente harus membayar sendiri. 
Untuk menyiasati hal ini maka yang kita lakukan adalah mencari lokasi toko di online shop seperti di Shopee.com misalnya akan membantu biaya ongkos kirim. Contohnya, kalau lokasi rumah kita di Malang, bila ada barang yang kita cari di toko di satu daerah bersyukur, artinya sangat kecil ongkirnya. Tapi kalaupun tidak maka kita bisa mencari lokasi toko di Surabaya atau kalaupun tidak ada di Yogyakarta. Bagaimana mengetahui lokasi toko lapak di toko online tersebut? Tinggal membuka profil tokonya maka di situ akan tertera alamat daerah atau wilayah toko.

Makanya di sinilah kita bisa menimbang-nimbang antara yang paling murah tapi kalau jauh lokasinya, atau kita memilih yang tidak terlalu mahal tapi toko penjualnya tidak jauh dari lokasi kita.

Memang ongkos kirim ini memang menjadi biaya tambahan bagi para pembelanja online. Karena yang menanggung ongkirnya kita bukan penjual. Berbeda kalau kita membeli di toko fisik. Apalagi toko fisik itu sepelemparan batu saja, yaitu di tetangga kita. Tapi kan tidak semua apa yang kita butuhkan itu tersedia di sekitar kita. Makanya online shop menjadi solusi yang mantap. 

Terkadang saya juga berhitung, kalau kita ingin membeli sebuah barang dengan perhitungan kita keluar rumah, selain juga ada uang parkir, uang bensin. Berbada dengan online shop, kita hanya mengeluarkan ongkir, kita tinggal menunggu di rumah. Tapi, tentu saja kita juga mempertimbangkan segi sosialnya dalam pengertian, kalau kebutuhan itu menyangkut kebutuhan sehari-hari, seperti shampo, minyak goreng, mie, makanan ringan, maka alangkah baiknya kalau kita membeli di warung sebelah kiri dan kanan serta depan dan belakang rumah kita, samberi kita mengenal lebih dekat tetangga kita. Karena bagaimanapun tetangga itu adalah saudara yang paling dekat.

0 komentar:

Posting Komentar