Sukses Belanja Online, Kuncinya Bertanyalah Terlebih Dahulu

Selasa, 22 September 2020

Sukses Belanja Online, Kuncinya Bertanyalah Terlebih Dahulu


Belanja online yang dimaksud adalah belanja online di tempat-tempat yang memang sudah terpercaya, karena kalau tidak, tentu jangan mengambil resiko membeli barang di tempat-tempat yang tidak diketahui keberadaan penjualnya, dan tidak ada pihak yang mengatur bila ada persoalan ketika berbelanja. Yang dimaksud mengatur jual beli itu seperti Lazada, Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan seterusnya sebagai penyedia jasa mengatur antara kepentingan pembeli dan penjual. Bila ada masalah e-commerce itu memiliki aturan-aturan jelas bagaimana menyelesaikannya. Karena masing seringkali kita membaca berita seseorang tertipu belanja secara online tanpa kejelasan di mana alamat dan pengirimnya dari sang penjual. Karena harga yang sangat murah dan bujukan bonus yang berjibun, lalu kita melupakan siapa penjual barang tersebut. Kalaupun kita sudah mempeli di sebuah toko online ternama, bukan berarti semua barang yang ingin kita beli akan selalu tersedia. Makanya kunci untuk membeli yang berhasil adalah dengan bertanya terlebih dahulu barang yang akan kita inginkan untuk dibayar. Setiap toko online biasanya menyediakan berbagai media orang bisa berkomunikasi termasuk bertanya.

Adakalanya penjual di diskripsi barang-barangnya menyertakan kalimat, tidak perlu bertanya, barang selalu ready. Tapi tentu saja bertanya bukan hanya, apakah barangnya ada atau tidak tersedia. Namun lebih dari itu kita ingin barang yang akan kita beli itu adalah barang yang sesuai dengan spesifikasi, keadaan, warna dan seterusnya sesuai dengan apa yang kita bayangkan.

Adagium atau pepatah pengatakan, "malu bertanya sesat di jalan" sangat tepat juga untuk disematkan dengan perilaku kita dalam berbelanja. Memang ada sih penjual yang merasa terganggu bila pembeli yang mengirimkan pertanyaan-pertanyaan yang sudah ada di keterangan diskripsi. Tapi, bila itu terjadi, lebih baik mencari toko lainnya yang penjualnya ramah. 

Keramahan dalam bertanya tentu juga akan menghasilkan barang yang pasti akan dikhususkan (semoga). Karena bila kita tidak ramah dalam bertanya, pasti hasilnya juga tidak baik. Apalagi bila jumpa dengan penjual yang sama-sama tidak ramah, maka jadilah suasana yang tidak baik. 

Sebenarnya kata netral dalam penyebutan atau sapaan atau panggilan dalam dunia jual beli secara online adalah GAN kependekan dari juragan. Panggilan ini memang mencairkan suasana dan mendekatkan antara pembeli dan penjual. Tentu saja panggilan tersebut ingin menjauhkan sikap formal dan kaku bila menggunakan panggilan bapak atau ibu. "Gan, barang ini ready berapa?" Dan jangan kaget juga bila sang penjual terkadang menjawab dengan panggilan yang sama yaitu, GAN. "Tinggal satu gan."

Kembali kepada adagium tadi, malu bertanya sesat di jalan itu memang akan berlaku ketika kita malu atau malas bertanya mengenai barang yang akan kita beli. Karena bila penjual mengira-mengira saja apa yang dikirim, tentu bila cocok, puji Tuhan, alhamdulilah, tapi bila tidak sesuai maka kita akan kecewa dalam berbelanja. Kalau belanja barang-barang yang harganya di bawa Rp. 50.000 mungkin tidak jadi kepikiran, tapi bila bila harganya mahal, itu memanng akan menyakitkan. Jadi bertanyalah dengan detail mengenai barang yang akan kita beli.

Seorang teman berkata, "tapi bertanya itu seperti menjadi pengikat harus beli." Tidak juga. Bertanya seperti kita berbelanja di toko-toko fisik yang membuka peluang orang bertanya. Berbeda dengan market-market moderen di mana kontak tanya jawab itu minim karena semuanya seperti sudah tersedia. Baru bila barang yang kita cari itu tidak ada, kita akan bertanya kepada SPGnya. Jadi bertanya ketika berbelanja online itu satu keharusan untuk mendapatkan kepuasan ketika kita berbelanja secara daring. Dan sekali lagi, kita tidak perlu takut, kalau nantinya kita tidak merasa cocok dengan barang yang tertera di toko tersebut. Kita tinggal pilih yang lain. Tapi setidaknya kita sudah mendapatkan informasi yang lengkap mengenai barang apa yang kita akan beli.

0 komentar:

Posting Komentar