<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.makkellar.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.makkellar.com/2020/11/menciptakan-relasi-penjual-terhadap.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.makkellar.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - RSS" href="https://www.makkellar.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/2646944499045113697/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.makkellar.com/feeds/4029923061689642228/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgN7QjMv2aUsgw4pZ2YbN2-lqfTliMVRMTR3AOSrdYImaH1JxcfsffySpaU7T-_k6Lv7qM6aa4xnKnPJDgvjGreeeVwqZq0yQ3_gzzYC54FBfBw3nEvkPbSpWMdCAMzm9CgT8svQWxDNUc/s320/WhatsApp+Image+2020-12-08+at+9.47.21+AM.jpeg' rel='image_src'/> <meta content='https://www.makkellar.com/2020/11/menciptakan-relasi-penjual-terhadap.html' property='og:url'/> <meta content='Langkah-langkah Membuat Kabel LAN Anti Gagal' property='og:title'/> <meta content='Segudang tips dan trik Menyelesaikan Masalah jadi lebih mudah' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgN7QjMv2aUsgw4pZ2YbN2-lqfTliMVRMTR3AOSrdYImaH1JxcfsffySpaU7T-_k6Lv7qM6aa4xnKnPJDgvjGreeeVwqZq0yQ3_gzzYC54FBfBw3nEvkPbSpWMdCAMzm9CgT8svQWxDNUc/w1200-h630-p-k-no-nu/WhatsApp+Image+2020-12-08+at+9.47.21+AM.jpeg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Langkah-langkah Membuat Kabel LAN Anti Gagal - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera Langkah-langkah Membuat Kabel LAN Anti Gagal - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera

Langkah-langkah Membuat Kabel LAN Anti Gagal

Langkah-langkah membuat kabel LAN (Local Area Network) anti gagal:

  1. Kelupas kabel sekitar 3 cm.
  2. Urutkan 8 kabel dengan rapi sesuai dengan warna yang direkomendasikan
  3. Potong sampai rapi dengan crimping bila kabel tidak sama panjang.
  4. Masukkan kabel sesuai dengan urutan warna ke konektor
  5. Bila sudah masuk langsung dimasukkan ke alat crimping untuk memperkuat posisi.
  6. Bila tidak punya tester LAN langsung colokkan kabel ke jaringan internet
  7. Bila terkoneksi, maka Anda sudah berhasil melakukan koneksi kabel LAN

Mari kita mempraktekkan langsung bagaimana membuat kabel LAN dengan mudah. 

                                                            Jangan Sampai Gagal
Mengelupas ujung kabel
UTP (Unshielded Twisted Pair) sekitar 3 cm. Mengapa 3 cm karena jaga-jaga bila perlu memotong bagian pucuk bila tidak sama posisinya. Tapi juga jangan terlalu panjang mengelupas ujung kabel, karena kalau terlalu panjang, maka akan kelihatan kabel dalam sehingga kelihatan kurang cantik. Jadi ini pertimbangan estetika saja. 

Mengurutkan posisi kabel sesuai dengan warna kabel yang tersedia. Ada 8 kabel yang berwarna beda satu dengan lainnya, maka silahkan pilih urutan warna ini:

Kabel 1       PUTIH ORANGE (gambar orange hanya dalam bentuk garus panjang)

Kabel 2      ORANGE

Kabel 3      PUTIH HIJAU (gambar biru hanya dalam bentuk garus panjang)

Kabel 4      BIRU

Kabel 5      PUTIH BIRU (gambar biru hanya dalam bentuk garus panjang)

Kabel 6      HIJAU

Kabel 7      PUTIH COKLAT (gambar coklat hanya dalam bentuk garus panjang)

Kabel 8      COKLAT

                                                      Crimping, Kabel, Konektor
Potong ujung kabel LAN sampai rapi
. Memang logikanya, ketika memotong kabel langsung terpotong rapi. Tapi adakalanya karena kita belum biasa sehingga posisinya tidak rata. Maka kita bisa memotong sampai sejajar. Di sini tidak perlu kita berusaha untuk mengelupas ujung kabel, karena ketika kita akan melakukan krimping nantinya otomatis kabel akan menyatu dengan konektor.

Masukkan kabel-kabel kecil yang sudah kita susun itu ke dalam konektor dengan cara didorong pelan-pelan. Ini ujian yang membutuhkan kesabaran. Tapi prinsipnya bila masing-masing kabel itu sejajar dan kita masukkan ke konektor yang lubangnya juga hanya 8. Posisi konektor dalam keadaan terlentang di mana pengaitnya ada di di bagian bawah supaya kita mudah memasukkan. Biasanya bila sudah masuk ke masing-masing lubang konektor maka kabel dan konektor akan menyatu. 


Sekarang masukkan konektor ke alat crimping
. Lubang tempat masuk konektor yang sudah ada kabel itu ada di bagian depan. Dan lubang itu memang lubang konektor, jadi memang pas untuk memasukkan dengan cara menekan pengaitnya sambil memasukkan ke alat crimping tadi. Bila sudah, kita langsung tekan untuk menyatukan supaya tidak gampang lepas.

Silahkan lihat hasilnya, usaha Anda membuat koneksi kabel LAN.

Langkah-langkah Membuat Kabel LAN Anti Gagal Langkah-langkah Membuat Kabel LAN Anti Gagal Reviewed by Hati Kita on 11.06 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.