Proses Install Mudah Windows 10 dengan Gambar

Rabu, 25 November 2020

Proses Install Mudah Windows 10 dengan Gambar

  1. Masukkan CD/DVD atau juga flashdisk yang sudah terinstal
  2. Masuk ke BIOS
  3. Pengaturan format Windows
  4. Klik Upgrade install
  5. Memasang lisensi Windows
  6. Pilih keyboard layout - US (pengaturan keyboard yang akan dipakai secara otomatis)
  7. Pilih negara (Indonesia kalau ada di Indonesia)
  8. Proses Install (biarkan berjalan sampai selesai)
  9. Pengaturan 
  10. Mendaftar di Microsoft.
  11. Selesai.
Lebih detailnya berikut ini:

Langkah-langkah install Windows 10 ini sangat mudah dilakukan dan bahkan bisa dikerjakan oleh mereka yang nol putul komputer seperti saya. Asalkan ikut saja, proses berikut, mungkin akan berhasil. Tentu asumsinya adalah, sudah siap flashdisk Windows atau biasanya kalau kita membeli lisensi Windows 10 yang ada ikutannya CD/DVD serta laptop atau PC memang kosong dan baru akan digunakan. Maka mari kita install Windows 10 bersama-sama saya. Langkah-langkahnya sbb:

1. Silahkan pasang CD atau flashdisk di komputer laptop/komputer kita. Tentu kalau CD harus hidupkan dulu supaya bisa dimasukkan ke tempat CD/DVD. Kalau pakai flashdisk tinggal colok.
2. Sekarang masuk ke BIOS, caranya adalah dengan menghidupkan komputer tadi sambil menekan tombol ESC (pojok) dan F12 (Setiap komputer beda-beda sih, ada yang F12, atau F2, F4, F8, F9 - jadi kalau yang satu gagal, coba lagi yang lain). Setelah berhasil masuk, silahkan pilih Windows Install tergantung di flashdisk atau di CD/DVD.
3. Tunggulah sampai muncul gambar di bawah berikut:
Gambar ini tampilan yang muncul, untuk 
Language to install: English (United States)
Time and Currency Format: Jakarta yang menunjuk WIB atau sesuai dengan yang disukai
Keyboard or Input Method: US
Lalu klik NEXT

4. Maka akan muncul gambar berikut ini bila sudah benar:

5. Biarkan sampai muncul gambar berikut: Karena memang mau install, jadi langsung pilih saja Upgrade untuk diklik.
6. Gambar berikut yang akan muncul. Silahkan isi kode-kode produk lisensi Windows di kotak yang tersedia. Biasanya, kalau membeli dengan paket CD/DVD sudah tersedia di cover. Tidak perlu takut, kalau salah akan diminta ulang. Kalau tidak benar akan disuruh mengulang sampai benar. Bila berhasil, maka silahkan klik NEXT
7. Bila sudah selesai lisensi Windows valid maka kita akan dipastikan untuk penggunaan komputer kita nantinya dengan memastikan keyboard layout yang akan dipakai. Pilihan ini sebenarnya berhubungan dengan pemakaian nanti di kemudian hari. Jadi silahkan pilih US saja. Klik YES.....
8. Kemudian kita akan dibawa ke tempat di mana kita berada. Kalau kita di Indonesia, maka tinggal pilih saja Indonesia dan klik YES
9. Sekarang proses install akan berlangsung yang ditandai dengan gambar berikut ini: Ini merupakan proses Setup Windows. Silahkan langsung klik INSTALL NOW
10. Maka segera muncul gambar berikut yang menunjukkan proses install Windows sedang berjalan. Untuk proses ini, silahkan kita santai dulu, buat kopi, atau bisa juga buat mie instan bila lapar. Atau sekedar keluar rumah untuk cari angin segar.
11. Oleh Windows kita diminta bersabar dulu ya sambil diingatkan supaya komputer jangan dimatikan, baik dengan cara halus (tidak boleh ditekan tombol mati, atau dengan paksa (dicabut listriknya)
12. Kalau sudah muncul gambar berikut ini, maka kita tinggal klik ACCEPT saja, tentu silahkan dibaca-baca kalau memang sempat.
13. Setelah selesai, maka gambar berikut adalah demi keamanan atau jika lupa pasword atau kalau mau menghubungi atau akan dihubungi oleh pihak Microsoft silahkan Anda tinggal memasukkan nomor telepon yang valid. Kalau tinggal di Indonesia sesuai dengan pilihan region seperti gambar nomor 8 di atas tentu nomor provider Indonesia tentunya.
14. Sekarang kita akan mendaftar atau membuat account di Microsoft yang tentunya bisa menggunakan beberapa metode 
15. Kalau kita akan menggunakan handphone android, maka mustahil kita bisa menggunakan e-mail selain berbuntut gmail. Jadi gak ada ceritanya kita mau menggunakan android menggunakan hotmail.com atau icloud.com dan seterusnya. Demikian juga kalau kita mau mendaftar di account microsoft maka salah satu email yang jadi syaratnya adalah salah satunya hotmail.com. Makanya, kalau belum punya, silahkan membuat dulu account email di hotmail. Dan email itu juga bisa kita gunakan untuk mendaftar di account microsoft ini. 
16. Bila sudah selesai, maka halaman ini halaman yang menunjukkan kita menyelesaikan install Windows kita. Selamat, kita berhasil. Hanya, ada satu lagi yang belum kita selesaikan supaya kita bisa menggunakan komputer kita dengan maksimal yaitu memasang office. Untuk hal ini kita akan melakukan pada waktu yang lain.

0 komentar:

Posting Komentar