<!-- SEO Blogger Start --> <meta content='text/html; charset=UTF-8' http-equiv='Content-Type'/> <meta content='blogger' name='generator'/> <link href='https://www.makkellar.com/favicon.ico' rel='icon' type='image/x-icon'/> <link href='https://www.makkellar.com/2021/01/install-linux-debian-dengan-ilmu.html' rel='canonical'/> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.makkellar.com/feeds/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/rss+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - RSS" href="https://www.makkellar.com/feeds/posts/default?alt=rss" /> <link rel="service.post" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.blogger.com/feeds/2646944499045113697/posts/default" /> <link rel="alternate" type="application/atom+xml" title="Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera - Atom" href="https://www.makkellar.com/feeds/6488903119308268583/comments/default" /> <!--Can't find substitution for tag [blog.ieCssRetrofitLinks]--> <link href='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1EXn8_aLILt2X2YeXsrZZwfWm7V6_1ExUDVD5rQ_isOivqlr_IzWshOh1ecsafc-p3c5c5YRxKHqfWSJy6XoZWjq6Ql7n55o0gLzMBk8d01xkuOdpNXbP5TXrw8TvGXi7-XcMtvcRqcA/w108-h192/17435101699_a90ac94a8c_w.jpg' rel='image_src'/> <meta content='https://www.makkellar.com/2021/01/install-linux-debian-dengan-ilmu.html' property='og:url'/> <meta content='Install Linux Debian dengan Ilmu CONTINUE, Gratis!' property='og:title'/> <meta content='Segudang tips dan trik Menyelesaikan Masalah jadi lebih mudah' property='og:description'/> <meta content='https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEh1EXn8_aLILt2X2YeXsrZZwfWm7V6_1ExUDVD5rQ_isOivqlr_IzWshOh1ecsafc-p3c5c5YRxKHqfWSJy6XoZWjq6Ql7n55o0gLzMBk8d01xkuOdpNXbP5TXrw8TvGXi7-XcMtvcRqcA/w1200-h630-p-k-no-nu/17435101699_a90ac94a8c_w.jpg' property='og:image'/> <!-- Title --> <title>Install Linux Debian dengan Ilmu CONTINUE, Gratis! - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera Install Linux Debian dengan Ilmu CONTINUE, Gratis! - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera

Install Linux Debian dengan Ilmu CONTINUE, Gratis!


Sebenarnya melakukan install Linux kebanyakan mudah untuk dilakukan oleh siapapun asalkan memang sedikit dipelajari. Termasuk install Linux Debian yang merupakan Distro Linux yang lebih fokus kepada kestabilan dan tentu keamanan pengguna. Dan Gratis 100%.
Kalau OS Linux memang dikenal sebagai sistim operasi yang stabil, perkembangannya begitu cepat yang tidak bisa diikuti oleh OS lainnya, terbuka untuk siapa saja atau opensource, bebas digunakan dan bebas untuk dikembangkan, aman dan yang paling penting untuk kita adalah Gratis. Nah, Linux Debian dikenal sebagai Linux yang paling stabil dari distro lainnya.

Makanya Distro Debian banyak dipilih oleh pecinta Linux. Kalau kebanyakan Distro Linux bila diinstal dengan hanya bermodalkan NEXT, kecuali distro-distro sulit seperti Archlinux, maka prinsipnya sama ketika melakukan install Debian ini hanya dengan menggunakan ilmu CONTINUE dalam langkah-langkahnya khususnya Debian yang terbaru.

Proses Install mudah (dengan penjelasan gambar) ini dimulai ketika kita sudah melakukan persiapan semua perangkat. 

PERHATIAN: Sebelum install, semua data-data dan file disimpan. Kegagalan dan kerusakan di luar tanggung jawab penulis.

Sekarang taruhlah kita:

  • Sudah melakukan download Linux Debian
  • Sudah Format instalasi flashdisk menggunakan rufus
  • Sudah melakukan booting di bios
  • Sudah terdeteksi Debian
  1. Proses install Linux Debian

  2. Select Language (pilih bahasa yang diinginkan)

  3. Pilih Lokasi dan CONTINUE
  4. Bila lokasi di bagian ini belum ketemu kita cari bagian bawah other
  5. Muncul lokasi benua yaitu Asia
  6. Klik Asia sehingga muncul negara Asia termasuk Indonesia.

  7. Set up user and pasword (atur user dan paswordnya)

  8. Set up nama user 
  9. Set up waktu (tergantung kita di Indonesia Bagian Barat, Tengah atau Timur yang ditunjukkan dengan daerah atau wilayah)

  10. Partisi hardisk (Gunakan semua hardisk)
  11. Pola partisi hardisk  
  12. Partisi hardisk (pilih yang kedua)
  13. Perubahan yang sudah dilakukan di hardisk kita (pilih yes)


  14. Configure the clock (pengaturan jam)
  15. Configure location (atur tempat kita)
  16. Pasword untuk root (pilih pasword sesuka hati dua kali untuk memastikan)
  17. Tulis nama lengkap pengguna
  18. Buat pasword untuk pengguna baru (biasanya dua kali untuk memastikan
  19. Install the base system (pilih salah satu)
  20. Mau menggunakan dekstop xcfe, GNOM dll
  21. Install dimulai. Tunggu sampai selesai.
  22. Pilih perangkat lunak yang akan dipakai, pilih yes
Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai Linux Debian sebuah buku yang cukup bagus bisa dilihat di Informasi Buku Debian
Install Linux Debian dengan Ilmu CONTINUE, Gratis! Install Linux Debian dengan Ilmu CONTINUE, Gratis! Reviewed by Hati Kita on 10.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.