Langkah-langkah Menggunakan Produk Huawei dengan Gambar

Rabu, 06 Januari 2021

Langkah-langkah Menggunakan Produk Huawei dengan Gambar


Manusia memang makhluk kebiasaan. Di mana setiap kita menggunakan suatu alat, misalkan handphone kalau bisa cara menggunakannya seperti waktu kemarin yang dialaminya. Memang ada orang-orang yang berusaha untuk berubah mencari hal-hal baru, pengalaman baru dan mencoba untuk melakukan di luar kebiasaan. Termasuk dalam perilaku menggunakan handphone HP. Selama ini Android dan ios milik Iphone menjadi unggulan dan seperti sulit untuk dihapus dari kebiasaan tadi. Makanya ketika Amerika menabuh genderang perang dengan Huawei yang berdampak pada dihentikannya layanan dukungan Android dan dan gandengannya Google untuk produk Huawei, tentu setidaknya sebagian orang mulai memikirkan bagaimana dengan kebiasaan berselancar menggunakan Android dan Google di HP?

Tapi Huawei bukanlah perusahaan kelas teri yang langsung menyerah dengan 'pemboikotan' dukungan isi perut gawai tersebut dari Android dan Google. Buktinya baru-baru ini Huawei malah mengeluarkan seri P dan Nova sebelumnya. Begitu juga tablet terbarunya Metapad dan Mediapad. Lalu bagaimana dengan dukungan jeroan produk keluaran Huawei tanpa dukungan Android dan Google? 

Ternyata semuanya ada jalan keluarnya. Memang kalau membeli produk-produk seperti Samsung dan HP China lainnya yang masih mesra dengan Android serta Google, sangat mudah menggunakannya. Tapi sekali lagi hal tersebut tinggal kebiasaan saja. Kalau sebelumnya biasa dengan Android dan Googlenya, maka ketika membeli produk keluaran Huawei harus membiasakan hal baru. Memang ada banyak aplikasi bawaan aplikasi yang sudah disematkan oleh pihak Huawei, tapi tentu beberapa aplikasi mungkin tidak bisa ditemui. Contohnya aplikasi Whatsapp di Mediapad T 10s yang saya beli.

Begini caranya;

  1. Buka AppGallery (ini sama dengan Play Store nya Android)

  2. Maka akan muncul deretan aplikasi yang bisa diinstall. Silahkan ketik di bagian pencarian paling atas. Contohnya aplikasi Telegram yang secara resmi ada di deretan aplikasi Huawei tersebut maka muncul di bagian paling atas.

  3. Kita coba install aplikasi Telegram tersebut maka seperti di Android tinggal perintah Install. Maka akhirnya muncullah aplikasinya tersebut

  4. Tapi ada kalanya kita membutuhkan aplikasi yang tidak terdaftar di deretan aplikasi milik Huawei itu, yang kalau kita cari maka akan muncul di deretan bagian bawah. Contohnya aplikasi Quora yang saya cari. Cara instalnya sedikit berbeda. Ada langkah-langkah tersendiri. Coba kita install aplikasi Quora tersebut.

  5. Langkah-langkahnya download dulu dengan pendekatan berbeda dengan klik DAPATKAN. Seperti ini.

  6. Maka kemudian proses download berjalan dengan contoh seperti ini

  7. Biarkan proses download berjalan sampai selesai 

  8. Mungkin sedikit ribet, tapi sebenarnya mudah. Kita tinggal mengjinkan pemasangan aplikasi tersebut

  9. Proses ini merupakan langkah akhir dan akan berjalan dalam beberapa detik tergantung kecepatan internet

  10. Hasilnya seperti ini

  11. Begitulah proses penginstalan aplikasi di produk Huawei.

0 komentar:

Posting Komentar