Seberapa Ribetkah Nonton Bola Secara Illegal?

Senin, 11 Januari 2021

Seberapa Ribetkah Nonton Bola Secara Illegal?


Sebagai orang yang bukan penggila bola saya tertarik juga untuk mencoba iseng menghubungi pihak-pihak yang memiliki hak siar di Indonesia untuk menyiarkan beberapa liga pertandingan bola seperti Mola TV kalau di Indonesia. Dan ternyata beberapa syarat diajukan. Sementara di rumah sudah berlangganan sebuah TV Kabel plus internet. Tapi untuk urusan bola paket yang saya pilih memang tidak ada. Maka mundur teratur saya meneruskan pertanyaan lainnya. Akhirnya mencoba searching di Google, ternyata baru tahu bahwa ada pilihan-pilihan di mana menonton secara legal melalui berlangganan termasuk di Mola TV tapi juga ada tempat-tempat menonton secara illegal. 

Walaun secara hukum saya tidak tahu konseksuensinya bila menonton bola secara illegal tersebut. Semoga ada yang bisa menjelaskan konseksuensi secara hukum tersebut. Sekarang, yang saya coba adalah membuka tontonan bola melalui streaming yang disiarkan di beberapa situs. Karena cara-cara ini illegal tentu saya tidak memasangnya di sini. Sebenarnya bukan hal yang mudah mendapatkan siaran langsung sebuah pertandingan di Liga Inggris misalnya yang saya coba membukanya.

Setelah searching di Google beberapa situs siaran sepak bola dan menentukan salah satu situsnya dengan menggunakan browser. Dengan mengecek jadwal pertandingan yang dimaksud di jam tersebut. Awalnya sedikit bingung, bagian mana link yang dimaksud untuk mencari pertandingan yang dimaksud. Saya kira namanya pencarian di sebuah situs, bukan yang gampang juga, setiap kita klik sesuatu maka akan muncul pop up yang memberikan halaman-halaman baru situs iklan. Kalau kita tidak cekatan untuk menutupnya maka kita akan dibuat bingung yang mana pertandingan yang dimaksud. Terkadang muncul link judi bola, atau juga sebuah iklan situs marketplace yang juga ada di Indonesia muncul untuk kita lihat. Sehingga bila tidak terbiasa kita menjadi kewalahan.


Pendeknya perjuangan akhirnya berhasil di mana saya bisa menyaksikan sebuah pertandingan bola Liga Inggris. Namun tahukah Anda bahwa untuk membuka pertandingan langsung tersebut konseksuensinya adalah banyaknya iklan yang muncul. Setiap kita melakukan klik tapi bukan di titik yang benar, maka akan muncul iklan pop up ke halaman baru. Bahkan untuk menghidupkan volume saja akan memunculkan iklan-iklan yang tak mau berhenti. Begitu juga untuk memperbesar layar tak luput dari serangan iklan-iklan tersebut. Kata para ahli, resiko tersebsarnya adalah dibobolnya rahasia-rahasia kita yang ada di ponsel kita, seperti pasword bank dan lain-lainnya.

Kebetulan, saya sendiri mencoba membuka pertandingan bola tersebut di handphone ukuran kecil yang lebih rumit untuk bisa secepat kilat menutup iklan-iklan yang bertubi-tubi muncul tersebut. Sementara untuk menghubungkan dengan televisi layar lebar saya mencoba menggunakan aplikasi Android yaitu Cast Screen. Tapi, resiko lebih besar di peralatan saya bukan sekedar pembobolan softwere atau aplikasi di dalamnya, tapi lebih dari itu adalah kerusakan ponsel saya karena ternyata dalam beberapa waktu saja, ponsel saya sangat panas karena mungkin bekerja keras melakukan download streaming pertandingan bola tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar