Pasword Perlu yang Mudah atau Rumit?

Senin, 18 Januari 2021

Pasword Perlu yang Mudah atau Rumit?


Bagi yang pernah bersentuhan dengan 'jeroan' komputer atau ponsel atau aplikasi apapun tentu kita akan berhadapan dengan permintaan membuat pasword atau kata kunci, kata sandi, atau disebut passphrase. Bahkan ketika kita membeli HP baru entah itu yang berbasis android maupun ios atau juga kalau komputer yang menggunakan Windows atau bahkan Linux maka aplikasi-aplikasi yang tersedia harus melalui pintu masuk ke sebuah account. Dan biasanya account itu dibuat melalui pasword. Memang semuanya itu demi kita juga yaitu keamanan semua rahasia-rahasia yang ada di dalam peralatan yang kita miliki.

Yah, pasword adalah kunci di mana hanya kita yang bisa masuk ke jeroan peralatan kita, dan orang lain tidak boleh memasukinya kecuali sudah melewati ijin kita. Makanya pasword dianggap sangat penting demi keamanan kita. Tapi membuat pasword juga gampang-gampang susah. Ada aplikasi yang meminta pasword yang rumit dan ada jumlah minimal, contohnya harus 8 atau bahkan 10 karakter. Itupun tidak sembarangan huruf, harus juga ada huruf (huruf kecil b, m, n, g dan huruf besar B, V, P, Q), angka (2, 7, 0, 6) simbol (#, %, &). Tapi semuanya adalah untuk keamanan kita.


Ada tipe orang yang kurang perduli dengan pasword ini, karena punya alasan, takut lupa bila terlalu rumit. Makanya dipakailah nama istrinya, anaknya, anjingnya, rumahnya, mobilnya dan apapun yang mudah diingat. Saya pernah menyaksikan seorang bapak minta dibuatkan account email dengan pasword ibusiti, nama istrinya.

Tapi sebaliknya ada yang membuat pasword begitu rumitnya sampai-sampai dianggap barangnya tersebut seperti sebuah server yang perlu kerumitan untuk membukanya. Menurut saya bukan lebay, tapi orang tersebut sangat mementingkan keamanan peralatannya. Biasanya dianggap rumit bila sudah memasukkan unsur-unsur huruf besar kecil, angka, simbol dan karakternya juga melebihi 8 atau 10.

Masing-masing orang memang punya cara dalam memandang kepunyaan. Pasword memang menolong orang untuk bisa semaksimal mungkin mengamankan 'barang-barang' miliknya supaya tidak dicuri, tidak diretas, aman dari tangan-tangan yang ingin berbuat tidak baik. Hal ini juga tidak bisa dipandang enteng juga. Kalau kita memiliki account media sosial, misalnya facebook dan ada orang yang menggunakan account kita. Maka account facebook kita bisa dibuat apapun dengan pertanggungjawabn kita sebagai pemilik resmi.

Lalu bagaimana caranya supaya kita bisa membuat pasword yang mudah, tapi juga aman?

  1. Buatlah pasword yang mudah diingat oleh kita tapi sulit diingat oleh orang lain.
  2. Buatlah pasword perpaduan angka, huruf dan simbol yang masih tetap bermakna. Contohnya pamitkesawah kita buat p4m1tk3s4w4h.
  3. Jangan membuat pasword yang berdasarkan nama kita, anak istri, eyang dll.
  4. Belilah buku kecil rahasia yang bisa memuat semua pasword tapi dengan simbol-simbol tertentu. Buku tersebut jangan sampai jatuh ke tangan orang lain. Ini cocok yang memiliki banyak account, apalagi lebih dari 10 account yang membutuhkan pasword.
  5. Lebih baik kita lupa pasword kita ketimbang pasword kita bisa dikuasai orang lain

Cara-cara Bila Lupa Pasword?

  1. Meuju ke halama accout Login atau Sign in
  2. Kalau kita lupa pasword (ini saya contohkan di Yahoo.com) maka silahkan tuliskan dulu accout email.
  3. Setelah diminta kata sandi, tapi kita lupa, maka silahkan klik Lupa Kata Sandi dibagian bawah.
  4. Ada beberapa pilihan atau opsi, yaitu lewat SMS waktu kita mendaftar dulu dengan nomor kita, atau email lainnya yang pernah kita daftarkan sebagai email alternatif. Saya coba pilih SMS
  5. Maka aka muncul nomor kita yang belum lengkap. Maka lengkapilah nomor tersebut. Contohya, nomor kita, 08****v8***xxxx maka agka terakhir itu harus ditulis. Bila benar maka kemudian akan dikirim kode ke nomor tersebut.
  6. Kode tersebut bisa berupa angka maupun huruf-huruf. Kalau di accout yahoo.com 8 huruf
  7. Masukkan huruf-huruf atau angka yang dikirim tersebut dan klik Verifikasi
  8. Kita akan diminta untuk membuat kata sandi baru yang berbeda dari pasword yang hilang.
  9. Bila sandi atau pasword berhasil, maka silahkan kita melakukan login dengan pasword yag baru tadi.


0 komentar:

Posting Komentar