Cara Ampuh & Murah Membasmi Tikus

Rabu, 03 Februari 2021

Cara Ampuh & Murah Membasmi Tikus

Sumber Gambar Flickr
Kata orang tikus termasuk hewan yang cerdas. Saya setuju dengan pernyataan tersebut. Beberapa kali mencoba mengusir dan menangkap tikus yang tinggal di bawah kompor standing tapi selalu gagal. Persoalannya bukan hanya karena kita merasa jijik dengan bekas tapak-tapak kakinya yang pasti dia akan mendatangi semua peralatan dapur, tapi juga biasanya dia membuang kotoran di mana-mana. Belum lagi ancaman penyakit yang dibawa oleh hewan pengerat ini. Semenjak barongan (rimbunan bambu) di belakang rumah ditebang, maka plafon rumah sangat ramai dengan tikus yang terus berkejaran. Dan untuk mencari makan biasanya harus ke depur.

Berikut cara-cara membasmi tikus yang sudah dilakukan namun mengalami kegagalan.

  • Menggunakan Lem Perekat
Mungkin tikus yang masih anakan, yang bentuknya kecil, dengan mudah terperangkap ke lem yang kita pasang. Tapi untuk tikus dengan ukuran yang besar, maka tikus punya cara sendiri untuk melewati jebakan lem. Cara memasang perangkap tikus dengan lem perekat; Buka lem perekat (yang biasanya modelnya buka tutup) dan pasang makanan (kesukaan tikus, seperti kacang tanah, tempe dll) ukuran kecil di tengahnya. 

Tapi ada kelemahan dan kelebihannya. 

Kelebihannya, untuk tikus kecil anakan, mungkin mudah dan ini sudah saya buktikan. 

Kelemahannya adalah, tikus sering kali hanya berhasil mencuri makanan dan berhasil kabur. Kemudian tikus-tikus tersebut meninggalkan jejak lem perekat tadi di mana-mana.

  • Menggunakan Jebakan 
Jebakan tikus atau perangkap menggunakan pengatup. Dimana ketika tikus makan makanan yang dipasang, maka akan langsung dijepit. Sekarang banyak dijual murah. Ada yang terbuat dari bahan plastik juga dibuat dari alumunium. Bila menggunakan yang dari bahan plastik, bukan tidak berhasil, tapi biasanya hanya tikus dengan ukuran kecil yang bisa ditangkap. Bagaimana dengan tikus ukuran besar? Bukan tidak tertangkap, tapi biasanya bisa melepaskan diri. Karena tikus adalah hewan yang memiliki kewaspadaan tinggi. Namun juga, tikus yang memiliki kecerdasan tinggi, seperti mengerti cara-cara menghindar tapi bisa mengambil makanan yang ada dalam jebakan tersebut. Ini sisi kelemahannya. Hati-hati menggunakan jebakan ini, supaya jangan sampai tangan kita yang terkena jebakan karena begitu sensitifnya.
Sumber Gambar: Flickr

  • Menggunakan jebakan Besi
Alat jebakan tikus lainnya adalah menggunakan jebakan besi berbentuk kotak atau sangkar. Jadi caranya, makanan untuk menjebak di letakkan di dalamnya, dengan pintu otomatis. Di mana ketika tikus masuk maka ia sulit untuk keluar. Namun cara inipun ada plus minusnya. Mungkin sekali berhasil di mana tikus bisa dijebak, tapi sekali berhasil seringkali berikutnya tikus yang lain enggan untuk datang. Dan ini bisa jadi kelemahan dari alat ini.

  • Cara Alami yaitu Memelihara Kucing
Ini memang cara alami untuk mengusir tikus yang ada di dalam rumah kita yaitu dengan memelihara kucing. Makanya Tom and Jerry seperti mengajarkan kita bagaimana caranya mengusir tikus dengan tanpa susah payah. Walaupun demikian, banyak juga orang enggan memelihara kucing karena faktor kesehatan dan lain sebagainya.
  • Menggunakan Semprotan Bahan yang Tidak Disukai Tikus
Cara lainnya adalah dengan menggunakan cairan yang disemprotkan ke tempat-tempat di mana tikus sering nangkring. Cairan yang pernah saya beli di toko online adalah Repellent Spray. Semprotan tersebut dalam keterangan di botolnya tidak berbahaya, walaupun ada juga peringatan yang menyertainya supaya dijauhkan dari jangkauan anak-anak (mungkin supaya tidak dibuat mainan). Baunya sedikit tajam yang memang tidak disukai oleh tikus.

  • Menggunakan Jebakan Terowongan
Alat lain yang kita temui untuk menjebak tikus adalah jebakan yang berbentuk terowongan di mana alat tersebut memiliki pintu yang bila dimasuki tikus, maka dia sulit untuk bisa kembali, atau terjebak di dalamnya. Admin sudah mencoba menggunakannya, tapi sekali lagi hanya tikus yang kecil yang bisa masuk ke dalamnya. Tapi juga lebih dari itu, seringkali tikus yang memiliki kepekaan telinga yang sangat tajam, enggan untuk menabrak pintu yang mendatangkan bunyi tersebut.

  • Racun Tikus
Akhirnya, cara terakhir adalah dengan menggunakan racun tikus. Menggunakan racun tikus tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya. Kelebihannya mungkin tikus yang berhasil memakannya bisa langsung tewas dan selesai persoalan. Tapi bukan berarti tanpa ada kelemahan.

Kelemahannya adalah namanya racun, selain juga berbahaya bagi hewan piaraan lainnya tapi juga berbahaya bagi manusia. Selain juga bila tikus mati di sembarang tempat, maka akan menimbulkan bau bangkai tikus yang mengerikan. Harga racun tikus sekitaran Rp. 1000 - 4000. 

Memang banyak jenis racun tikus yang bisa dibeli. Dan admin baru saja berhasil menjebak tikus dengan racun karena sudah frustasi dengan berbagai cara tidak bisa tertangkap. Harganya hanya Rp. 4000 dan jenis racun ini sangat cepat reaksinya sehingga ia akan mati tidak jauh dari tempat jebakan.

0 komentar:

Posting Komentar