Cara Memulai Membuat Weblog dari NOL

Senin, 05 April 2021

Cara Memulai Membuat Weblog dari NOL


Membuat sebuah blog baik untuk diri sendiri, untuk pribadi maupun untuk komunitas atau bahkan untuk menjadi media informasi bagi Rukun Tetangga (RT) akan menimbulkan kebanggaan tersendiri bagi pembuatnya. Apalagi bagi kita yang benar-benar tidak memiliki latar belakang pendidikan tekhnik informasi akan menimbulkan rasa 'hebat' karena bisa menciptakan sebuah media. 

Berbeda dengan facebook atau twitter yang memang sudah 'jadi' dan kita tinggal menggunakannya saja. Paling-paling kita hanya menghias sana-sini lalu menulis apa yang kita mau. Berbeda dengan blog di mana kita dituntut untuk lebih serius bukan hanya mendesain tampilan blog kita saja, menambah berbagai aksesoris di sana-sini. Tidak berhenti di situ saja, tapi juga pembuatnya harus memikirkan dengan tema, topik dan gagasan yang sedikit lebih serius. Selanjutnya masih dituntut untuk melakukan promosi blog yang sudah kita bangun tersebut. Hebat kan?

Sekarang mari kita persiapkan untuk memulai membuat web blog yang akan kita bangun. Apa saja yang perlu kita pikirkan sebelum memulai membuat blog?

  1. Tulis tujuan kita membuat blog. Contohnya, saya ingin mempromosikan usaha makanan saya, saya ingin mempromosikan desa saya. Saya ingin mengupulkan ide-ide brilian saya yang tersimpan selama ini dalam pikiran, dan seterusnya-dan seterusnya. Tujuan ini penting supaya kita nantinya bisa merancang langkah-langkah yang akan diambil.
  2. Setelah tujuan sudah ditangkap, maka pikirkan hal apa saja yang ingin disampaikan untuk mencapai tujuan tersebut. Tentu ini penting supaya menjaga semangat kita dalam membangun sebuah blog. Kalau tujuan tidak bisa ditangkap dan tanpa bisa dideskripsikan dalam sebuah catatan, maka namanya sebuah pekerjaan tanpa tujuan akan menjadi tanpa arah atau yang disebut dengan nggelambyar.
  3. Bila kita sudah berhasil mendeskripsikan tujuan kita maka akan mudah nantinya kita bisa mencari konten yang ingin kita sampaikan dalam bentuk tulisan dan foto dll. Dalam hal ini tulislah hal-hal yang bisa diangkat dalam blog kita nantinya. Contohnya, bila kita ingin membuat media RT kita maka daftarkan semua kegiatan yang berhubungan dengan keertean. 
  4. Kalau perlu pilahlah tema-tema yang akan diusung supaya kita bisa dengan mudah menghubungkan semua informasi yang ingin kita sampaikan.
  5. Semua langkah-langkah 1-4 itu berhubungan dengan konten blog yang ingin kita bangun. Sekarang tentu tindakan yang pertama harus dilakukan adalah memulai membuat blog yang paling awal adalah memiliki account email. Saran penulis, buatlah email dengan platform account email dengan gmail.com. Untuk hal ini banyak alasan mengapa lebih baik menggunakan account email dengan gmail. Apalagi yang akan kita bangun ini adalah blog dengan platform blogspot.com.
Mengapa perlu menggunakan account email dari gmail?
  • Karena yang ingin kita buat adalah blog dari blogspot.
  • Kenapa blogpsot? Selain mudah juga gratis serta murah bila nantinya kita akan menggunakan domain sendiri.
  • Blog yang kita bangun nantinya memang memiliki akhiran blogspot, umpamanya ya,  dulkiyemkiyem.blogspot.com. Nah, bila kita tidak mau menggunakan akhiran blogspot, jadi hanya www.dulkiyemkiyem.com maka sangat mudah untuk melakukannya dan tinggal beli domain, apakah itu com, net, org, dan seterusnya.
  • Penggunaan email dari gmail itu akan memudahkan kita menghubungkan dengan banyak hal yang nantinya akan kita ketahui setelah kita praktek membuat blog tersebut.
  • Apakah Anda sudah siap untuk memulai membuat blog? Ayo kita buka browser, entah itu di google chrome, atau firefox, microsoft edge, safari dan seterusnya. ketik blogger.com.

0 komentar:

Posting Komentar