Modal Awal Membuat Blog adalah Email Gmail

Selasa, 06 April 2021

Modal Awal Membuat Blog adalah Email Gmail


Benar bahwa modal awal pembuatan sebuah blog apapun adalah sebuah account email. Termasuk blog yang akan kita mulai dibuat bersama Anda ini dengan menggunakan email. Sementara blog yang akan kita bangun menggunakan platform blogspot. Nah, membuat email tentu sangat mudah dan bahkan kita bisa membuat tidak lebih dari 10 menit, sudah jadi. Dan account email yang disarankan untuk digunakan pada jalur blogspot adalah gmail. Sekarang, taruhlah kita sudah punya account email, maka langkah-langkah membuat blog di blogspot sebagai berikut:

  1. Tuliskan di browser blogspot.com atau blogger.com hingga muncul halaman awal seperti di gambar awal artikel ini.
  2. Klik di bagian tengah tulisan Create Your Blog

  3. Karena kita akan membuat blog baru maka kita klik Create Account di bagian kanan bawah
  4. Ketika kita klik, maka akan muncul 2 pilihan yaitu For Myself artinya untuk pribadi atau To Manage My Business bila mau dibuat untuk komunitas atau usaha. Kita klik saja yang pertama For Myself.
  5. Sekarang akan menjadi jelas kenapa kita perlu menggunakan account email dari Gmail, karena platform blogspot ini milik satu perusahaan yaitu google. Makanya pihak blogger memfasilitasi pembuatan account email dari gmail tadi. Jadi, ya sudah kita ikuti saja langkah-langkahnya.

  6. Silahkan isi Firs Name dengan nama depan kita sedangkan Last Name nama belakang kita.
  7. Kemudahan memang diberikan oleh pihak google di mana kita ditawarkan bebearapa nama account alamat email kita. Di mana otomatis di kolom User itu sudah ada alamat email. Alamat email itulah yang nantinya kita gunakan dalam semua aktifitas blog kita nanti. Kalau kita setuju dengan penawaran alamat email itu maka bisa langsung beralih ke kolom bawah. Tapi kalau tidak puas dengan nama-nama tadi masih diberi nama alternatif di bawahnya. Bila juga tidak puas, silahkan mencoba untuk menggunakan alamat email yang sesuai dengan keinginan kita. Bila alamat account email itu belum digunakan maka artinya kita langsung ke kolom di bawahnya, tapi bila alamat account yang diingini kita sudah dipakai orang lain, maka akan muncul tulisan berwarna merah That username is taken. Try another dengan tanda pentung.


  8. Bila sudah berhasil maka sekarang buat di kolom Pasword kata sandi dan kolom Confirm diulangi tulis lagi pasword pertama tadi. Disarankan menggunakan huruf, atau angka dan seterusnya. Supaya tidak keliru pastikan dengan centang di bagian bawah supaya muncul pasword yang kita buat tadi. Bila sudah ok kita langsung lanjut.
  9. Klik NEXT hingga kita dibawa ke halaman berikutnya. Sekarang kita sudah memiliki alamat email yang nantinya  
  10. Kita masih berurusan dengan pengisian kolom-kolom di mana Google membutuhkan informasi tambahan dari kita mengenai banyak hal. Tapi prinsipnya kita sudah siap dengan blog yang akan kita buat.
  11. Kolom pertama yang kita jumpai adalah kolom informasi mengenai nomor ponsel kita. Memang di situ disebutkan optional. Tapi jangan salah bahwa mengisi nomor ponsel sangat penting untuk kita bisa melakukan banyak hal apabila terjadi, pasword kita lupa dan seterusnya di mana kita adi kemudian hari akan mengerti pentingnya memberikan nomor ponsel. Lagian, Google adalah perusahaan yang mengedepankan data pribadi dan keamanan. Jadi saran penulis, silahkan isi nomor ponsel di kolom Phone Number.
  12. Tulis email yang lain yang mungkin dimiliki oleh kita, selain email yang sedang kita buat di kolom Recovery Email Adress. Walaupun sifatnya optional tapi pemberian alamat email yang lain ini berguna bila di kemudian hari kita kehilangan pasword atau lupa, atau kita kesulitan mengakses blog atau email kita nantinya.
  13. Silahkan isi tanggal, bulan dan tahun kelahiran di kolom Birthday.
  14. Pilih Jenis kelamin dalam kolom Gender.
  15. dan klik NEXT.
  16. Sekarang kita akan melakukan verifikasi dengan melakukan klik SEND

  17. Maka muncul halaman di mana kita diminta untuk memasukkan angka yang dikirim ke nomor ponsel melalui SMS yang diberikan kepada kita.
  18. Silahkan cek berbagai perjanjian yang diberikan oleh Google kepada kita, sempatkan untuk membaca. Bila setuju maka klik I agree
  19. Selesai. 

0 komentar:

Posting Komentar