Sangat Mudah Memposting Artikel di Blog

Selasa, 13 April 2021

Sangat Mudah Memposting Artikel di Blog



Melakukan postingan awal di blogspot sangat mudah karena kita hanya membuka halaman blog dan tinggal dlik di +New Post  seperti gambar awal di atas (dilingkari) maka akan muncul halaman di mana kita bisa mulai berkreasi. Kalau saya membandingkan, sebenarnya halaman postingan itu ibaratnya seperti kita menulis di program word dengan semua alat-alat pendukung yang berjejer di bagian atas untuk membantu kita memposting bukan hanya sekedar tulisan, tapi kita bisa berkreasi dengan menambah berbagai hal untuk mempercantik tampilan tulisan yang kita upload tadi.

Mari kita mulai dengan mencoba untuk membuat sebuah artikel di blog kita. Jadi ketika New Post diklik maka akan muncul format di mana Judul / Title yang ada di bagian atas di bawah logo blogspot. Di situ kita buat judul dulu. Membuat judul seringkali menjadi langkah pertama dalam pembuatan artikel karena biasanya ketika ide itu muncul pertama kali yang ingin dilakukan adalah membuat judul. Tulislah segera. Tujuannya apa? Supaya ketika kita membuat artikel pada tempat berikutnya kita selalu mengingat topik maupun tema yang akan kita angkat selalu mewarnai tulisan kita nantinya. Jadi jangan sampai kita membuat judul tapi isi tulisannya tidak sesuai, maka pembaca bisa-bisa nggrundel atau nggremeng karena ketidaksesuaian tersebut. Judulnya berbicara mengenai buah melon misalnya, eh kita kepancing dengan manisnya buah mangga. Pasti 

Tapi, supaya kita tidak berkutat dengan judul, maka kita melangkah saja untuk membuat konten atau tulisannya. Memang berbeda dengan pembuatan video di mana kita bisa memberikan sebuah gambaran dengan bantuan visual atau gambar, maka artikel memberikan gambaran dengan apa yang kita tulis dalam bentuk tulisan. Tapi sebenarnya prinsipnya sama yaitu ingin memberikan gambaran apa yang kita anggap penting untuk disampaikan kepada orang lain. Jadi silahkan langsung Anda menulis tanpa membuat judul lagi di kotak tulisan, karena judul sudah dipasang di garis di bawah tulisan Title.

Jangan lupa bila kita merasa bahwa apa yang kita tulis sudah cukup untuk bisa disebarkan kepada khalayak atau publik maka kita tinggal klik Publish di bagian kanan atas. Walaupun bukan untuk menyimpan, tapi sebenarnya fungsinya sama, itu sudah otomatis akan tersimpan di blog kita apa yang sudah kita tulis tadi. Tapi bagaimana kalau ternyata apa yang kita tulis setelah kita baca, perlu ada yang diedit atau kita ingin menambah dengan gambar atau apapun, maka jangan bingung kita tinggal menuju ke postingan kita tadi.

Caranya? Bila kita sudah melakukan Publish, maka postingan kita itu akan menjadi daftar postingan. Maka kita tinggal klik Post di bagian kiri dan akan muncul daftar postingan kita. Maka sekarang tinggal klik postingan yang ingin kita edit dan kita perbaiki. Perbedaan akan muncul pada bagian kanan atas yang sebelumnya tertulis Publish, kini akan berubah menjadi tulisan Update.  Jadi setelah kita melakukan perbaikan sana sini maka langkah selanjutnya adalah kita klik Update tadi.

Sekarang mari kita cek hasil tulisan kita itu dengan melakukan klik Preview di bagian kanan di sebelah Update. Kira-kira itulah cara mudahnya bagaimana melakukan postingan di blog yang kita bangun. Tapi sebenarnya banyak hal-hal yang berhubungan dengan postingan itu sendiri yang akan kita pelajari di:

Fitur-fitur dalam Pembuatan Postingan di Blogspot.

0 komentar:

Posting Komentar