Fitur-fitur dalam Pengaturan Postingan di Blogspot

Senin, 26 April 2021

Fitur-fitur dalam Pengaturan Postingan di Blogspot


Sebenarnya apa gunanya fitur-fitur yang ada di bagian atas kolom penulisan artikel di blogspot? Tentu saja banyak dan masing-masing fitur tersebut memiliki tujuan-tujuan khusus. Tapi sebenarnya lebih banyak untuk mempercantik, menambah, mengubah, tata letak, warna dan seterusnya. Mari kita telusuri satu per satu supaya kita mengerti semua tombol yang tersedia di halaman kolom artikel. Kita akan lihat dari sebelah kiri dulu.

  • Kalau kita klik bagian kiri pojok akan muncul dua tulisan yaitu HTML view dan Compose view. Karena asumsi saya, pembaca memang posisinya seperti saya yang awam, tapi ingin membuat blog, maka kita tidak perlu masuk ke hal-hal njlimet, tapi praktis. Kalau diklik HTML view maka akan muncul jenis tulisan dengan kode-kode html bila kita menulis sesuatu. Sementara yang biasa kita pakai adalah Compose view yaitu tulisan seperti tulisan artikel ini. Jadi saran saya, pilihlah compose view saja. 
  • Fitur berikutnya adalah fitur yang sebenarnya sudah umum orang mengetahui yaitu bila ingin mengembalikan tulisan ke sebelumnya atau yang sering kita sebut Undo untuk balik dan Redo untuk terusannya. Tapi, walaupun ini sederhana, seringkali kita malah menuju ke anak panah di bagian atas kirim browser atau di sebelah logo Blogspot. Itu malah bisa menghilangkan artikel yang belum sempat disimpan. Jadi yang benar adalah di deretan ini dengan penandanya ini.

  • Fitur selanjutnya sama ketika kita menulis di Word di mana ada Font Type yaitu pilihan bentuk huruf. Makanya ketika kita ingin menandai kata dengan type tertentu seperti Georgia, Courier, Helvetia, Time dan seterusnya , maka kita tinggal pilih saja.
  • Fitur di sebelahnya adalah fitur Font Size di mana kita bisa mengatur huruf-huruf dari artikel kita mau diperbesar, normal, Medium, Small dan seterusnya.

  • Dan yang selanjutnya adalah beberapa hal yang berhubungan dengan tata letak tulisan nantinya. Memang, bila langsung praktek, maka kita akan mengetahui apa yang menjadi fungsi dari fitur-fitur tadi.

  • Fitur berikutnya adalah tiga alat bantu untuk menebalkan tulisan Bold, kemudian memiringkan Italics dan menggaris bawahi tulisan Underline
    Fitur-fitur Lainnya dari halaman penulisan artikel di blogspot itu Di SINI

0 komentar:

Posting Komentar