Mudah Sekali Memasang Aplikasi Android di Linux

Rabu, 29 September 2021

Mudah Sekali Memasang Aplikasi Android di Linux


Selama ini saya memasang dan menginstal aplikasi-aplikasi yang ada di Android di program Windows dengan menggunakan bantuan Bluestucks. Tapi tentu saja ada harga yang harus dibayar yaitu begitu lambatnya komputer kesayangan saya. Membuka Bluestaucks saja membutuhkan beberapa menit apalagi ketika membuka seluruh aplikasi yang ada di dalamnya, malah laptop saya seperti ngos-ngosan. Pasti bisa ditebak, karena memang spek komputer saya sangat rendah. Ketika saya pindah ke Linux, maka komputer saya benar-benar seperti baru dari segi kecepatan. Kenapa? Karena tentu saja saya menggunakan komputer jadul yang tak bertenaga. Dengan Linux, seperti mendapatkan energi baru dengan kecepatan prima. Tapi bagaimana dengan kebiasaan saya menggunakan aplikasi-aplikasi Android di komputer kalau menggunakan Linux. Linux yang saya gunakan adalah distro Ubuntu. Ternyata banyak emulator yang bisa membantu kita mengakses Android dengan Play Storenya yang kaya akan aplikasi tersebut yang salah satunya adalah Anbox.

Ibaratnya Anbox itu sebuah rumah yang di dalamnya terdapat berbagai macam hal termasuk Play Store. Dari Play Store itulah nantinya kita bisa download berbagai macam aplikasi di komputer kita. Dalam kebutuhan komputer saya adalah saya membutuhkan aplikasi Alkitab yang versi Android. Karena selain lengkap dan mudah dalam penggunaan. Apakah tidak cukup instal Alkitab langsung versi Linux kan banyak. Tentu saya punya alasan tersendiri. Makanya untuk masuk ke android yaitu Play Store itu membutuhkan alat bantunya yaitu Anbox. 



Keberhasilan menginstal Anbox tentu dengan ketelitian. Sebagai awam yang belajar Linux, tentu mencari cara mudahnya saja. Kalau yang rumit biar para master saja yang melakukannya. Sementara yang jalan sederhana, kita-kita yang baru belajar. Nah, cara mudah untuk melakukan instal Anbox yaitu melalui TERMINAL.

Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah ini.

  1. Buka aplikasi Terminal di Linux
  2. Silahkan perbaharui sistem Linux dulu dengan cara copy paste sudo apt-get update dan enter. Biasanya kita akan diminta memasukkan pasword dulu. Silahkan tulis pasword Linux
  3. Lalu copy dan paste sudo apt-get upgrade lalu enter.
  4. Berikutnya copy dan paste sudo add-apt-repository ppa:morphis/anbox-support lalu enter.
  5. Sekarang coba update dengan copy dan paste sudo apt update dan enter
  6. Sekarang instal Anbox dengan copy paste sudo apt install anbox-modules-dkms dan enter
  7. Silahkan coba start Anbox tadi dengan copy paste sudo modprobe ashmem_linux
    sudo modprobe binder_linux dan enter
  8. Sekarang silahkan tes dulu dengan copy paste ls -l /dev/{ashmem,binder} dan enter
  9. Nah, sekarang kita akan instal snap dengan copy dan paste di Terminal ini sudo apt install snapd dan enter
  10. Lalu, sekarang silahkan copy dan paste sudo snap install --devmode --beta anbox dan enter
  11. Sekarang tutup Terminal bila semuanya sudah terinstal. Silahkan restart sistem dulu.
  12.  
    Cek di menu, apakah Anbox sudah terinstal atau belum. Kalau sudah, selamat kita sudah berhasil melakukan instal Anbox.
Bagaimana Cara Membuka Play Store di Linux?

Sebagai pemula dan bukan ahli dalam bidang IT dan hanya pengguna OS Linux ini, waktu pertama melakukan instal Anbox dan ingin menggunakan Play Store, sedikit bingung. Memang sudah berhasil melakukan instal tapi yang muncul hanya beberapa aplikasi bawaan seperti Contact, e-mail dan beberapa tadi tidak muncul Play Store. Saya sudah klik sana sini untuk mendalami, tapi masih sedikit bingung. Saya pikir Anbox sama dengan Play Store. Makanya yang saya lakukan adalah melakukan uninstal Anbox. Kemudian saya mencoba install kembali pelan-pelan dan kemudian melakukan restart. Hasilnya di Ubuntu Mate berhasil.

Bagaimana cara masuknya ke Play Store. Tinggal klik Play Store dan kemudian muncul isian account Google tentunya yaitu account gmail. Layaknya kita masuk ke ponsel Android kita. Selebihnya, kita tinggal berselancar mencari-cari apa yang saya butuhkan. Meurut para ahlinya, tidak semua bisa berjalan dengan baik, tapi ternyata dalam kasus saya, apa yang saya butuhkan bisa berjalan dan terbuka dengan lancar.

0 komentar:

Posting Komentar