Langkah Mudah Instal Zoom di Linux

Selasa, 28 September 2021

Langkah Mudah Instal Zoom di Linux


Ujian terberat bagi pemula seperti saya ketika menggunakan Linux adalah saat diperhadapkan harus memasang aplikasi-aplikasi yang kita butuhkan untuk menunjang pekerjaan kita sehari-hari. Kalau aplikasi-aplikasi tersebut paketnya sudah ada di tempat distro Linux yang kita pilih tentu tinggal mata terpejam klik install langsung berjalan. Seperti melakukan instal di ponsel Android yang hanya pergi ke aplikasi Play Store, ketik nama aplikasi hingga muncul tinggal tindis pasang dalam bahasa Indonesia, maka akan terinstal sendirinya. Tapi untuk pengguna oprating system Linux, tunggu dulu, ada perjuangan yang harus dilakukan. Tapi di sinilah letak kebahagiaannya menggunakan Linux, karena di dalamnya ada rasa penasaran dan perjuangan bahwa kita bisa melakukannya.

Sekarang kita akan fokus kepada tema pembicaraan kita mengenai tantangan memasang aplikasi Zoom di Linux. Seperti diketahui bahwa Zoom sudah menjadi tren tersendiri bagi mereka yang melakukan rapat atau pertemuan atau apapun namanya dengan cara online atau daring. Install Zoom di Linux dan sekarang saya lebih spesifik di Linux Ubuntu. Tentu saja saya igin menawarkan yang lebih mudah tanpa perlu ribet. Hanya terkonek dengan internet dan kita menggunakannya lewat Terminal.

Terminal merupakan alat yang bisa digunakan untuk melakukan banyak hal dalam OS Linux yang dulu kita kenal dengan command prompt.  Dari teminal ini kita bisa melakukan banyak hal seperti membuat folder, membuat dan mengubah akses dan banyak hal lainnya. Secara praktis, Terminal sebagai alat untuk melakukan apapun dengan komputer kita. Di mana letaknya? Tinggal buka MENU dan tulis kata Terminal di kotak pencaharian.

Ini langkah-langkah praktis menginstal Zoom lewat Terminal:

  1. Buka Terminal
  2. Ketik atau copy paste $ wget https://zoom.us/client/latest/zoom_amd64.deb  di terminal yang biasanya kita diminta pasword
  3. Kemudian copy paste $ sudo apt install ./zoom_amd64.deb ini
  4. Ketik atau copy paste Zoom dan enter untuk mengetahui apakah sudah terinstall
  5. Selesai. Dan silahkan cari hasil instalan itu di Menu dengan panggil Zoom 

0 komentar:

Posting Komentar