Cara-cara Menyaring Peserta Zoom Demi Keamanan

Senin, 13 September 2021

Cara-cara Menyaring Peserta Zoom Demi Keamanan


Sampai saat ini Zoom masih menjadi pilihan utama sebagai aplikasi yang memudahkan perusahaan, kelompok, dan organisasi yang secara rutin mengadakan pertemuan guna menghindari kontak langsung untuk meminimalisir menyebarnya virus Covid-19. Walaupun Google meet pernah menjadi pilihan alternatif bagi mereka untuk melakukan meeting karena berbagai faktor, tapi tampaknya Zoom masih menjadi pilihan utama banyak orang. Mungkin karena kemudahan, kestabilan dan popularitas yang tinggi orang enggan untuk beralih ke lain hati. Walaupun berbayar (bisa free hanya dibatasi sekitar 40 menitan) tapi Zoom tetap digandrungi. Apalagi cara menggunakannya tinggal sekali klik link yang sudah dibuat oleh host, langsung kita dibawa ke meeting yang dimaksud. Hanya saja yang patut diketahui adalah faktor keamanan.

Kalau sebuah pertemuan yang sifatnya kumpul-kumpul, temu kangen, arisan, atau meeting yang sifatnya non formal maka tentu keamanan bukan menjadi pertimbangan. Tapi bila sebuah meeting sudah menyangkut keamanan sebuah perusahaan, rahasia sebuah organisasi, atau pertemuan yang sifatnya terbatas, maka keamanan tentu menjadi perhitungan tersendiri. Selain link yang akan membawa ke pertemuan itu tidak sembarangan dishare atau diberikan kepada setiap orang, tapi juga harus ada usaha lain sebagai cara untuk melakukan filter kepada setiap peserta yang akan diundang.

Karena yang namanya pertemuan rahasia di mana seluruh komponen yang menjadi pendukung pertemuan tersebut harus diperhitungka supaya sifat rahasia itu tetap terjaga. Orang-orangnya dibatasi, tempatnya tertutup, alat-alat pendukungnya juga dijaga jangan sampai apa yang menjadi rahasia menjadi bocor dan keluar menjadi konsumsi publik. Nah, Zoom yang biasa dipakai dalam sebuah meeting bisa tetap digunakan yang bersifat rahasia. Di samping tanpa direkam, tapi juga pesertanya juga dibatasi. Tidak semua orang bisa seenaknya masuk ke area petemuan tersebut. Caranya bagaimana?

Selain link Zoom yang sudah diberikan terbatas kepada peserta, tapi juga ada sebuah cara lain yaitu host benar-benar menyaring setiap orang yang akan masuk ke area pertemuan. Karena menyangkut kerahasiaan, maka caranyapun tentu harus bersabar. Di saat ada orang yang ingin masuk maka harus minta ijin terlebih dahulu. Dengan cara muncul permisi sampai admin mengklik memberi ijin. Menyetel cara seperti ini sangat mudah yaitu;

  1. Pastikan aplikasi Zoom sudah siap dijalankan
  2. Klik Security
  3. Klik Waiting Room
  4. Selesai
Hanya syaratnya adalah, kita harus mengetahui setiap peserta yang akan mengikuti meeting. Pastikan diketahui dengan nama anonim atau nama apapun, admin harus mengerti siapa yang akan masuk. Dengan demikian meeting dapat terjaga keamanannya.

0 komentar:

Posting Komentar