Ternyata Inilah Distro Linux Terbaik

Selasa, 28 September 2021

Ternyata Inilah Distro Linux Terbaik


Seperti diketahui operating system atau OS komputer kita selain OS besutan Microsoft yang banyak penggunanya yaitu Windows, tapi juga ada OS alternatif lain yaitu Mac OS punyaannya Apple serta  Linux. Kalau yang terakhir itu sifatnya open source atau gratis bagi siapapun. Begitu juga jenisnya berbagai macam jenis yang kita kenal dengan distro. Saking banyaknya tidak sedikit orang yang mencoba beberapa distro Linux sebelum menambatkan hatinya ke sebuah distro pilihannya. Masing-masing distro sebenarnya sangat menarik untuk dicoba, dan karena saking banyaknya, serta semuanya punya kelebihan itulah terkadang bagi saya yang awam dengan masalah OS Linux menjadi bingung.  Kalau kita mencoba mengetikkan kata Distro Linux dengan tambahan kata spesifik 'terbaik' maka akan muncul pencinta Linux mencoba mengelompokkan distro-distro terbaik dari Linux tadi. 

Kata-kata dalam judul yang muncul di mesin pencari tersebut seperti:

  • 15 Distro Linux Terbaik yang patut dicoba
  • 12 OS Linux paling Baik untuk digunakan
  • 10 Linux Teringan dan stabil
  • 8 Distro Linux Paling Diminati
  • Rekomendasi Linux Paling Baik
  • 5 OS Linux Paling Ringan
  • Tujuh Linuh Sangat Stabil
  • Distro Linux Paling popular
  • dan seterusnya-dan seterusnya.
Kalau kita mencoba membuka link-link yang muncul itu memang lebih kepada pengelompokan distro-distro Linux yang menurut pandangan penulis masing-masing. Penulis sendiri tentu saja pernah mencoba beberapa distro Linux yang ditawarkan oleh para ahli Linux, tapi sebagai pemula, seringkali  dalam prosesnya terkadang menghadapi kendala, dan beralih ke distro lainnya. Atau juga merasa bosan dengan distro yang semula dianggap terbaik.

Beberapa distro ini dicoba, yaitu Ubuntu, Debian, Manjaro, Lubuntu, Mint, Zorin, Depin, dan sederetan distro Linux yang tersedia secara gratis. Walau sekarang ini kembali kepada Ubuntu karena kemudahan saja. Kenapa akhirnya menambatkan kepada sebuah distro Linux tertentu. Dan bahkan terakhir sudah capek bongkar pasang distro? Karena pada akhirnya penulis merasa bahwa semua aplikasi yang mendukung pekerjaan terpenuhi. Baik itu sudah ada aplikasi Zoom, juga sudah memasang aplikasi android melalui emulator Anbox, dan beberapa aplikasi lainnya yang sudah mengikat penulis untuk tetap setia kepada satu nama distro.

Kesimpulannya adalah, distro Linux yang mana yang paling baik dan paling bisa diandalkan? Distro Linux yang bisa dibuat kerjasama untuk bekerja, membantu semua urusan, menolong penulis melakukan banyak hal melalui bantuan OS Linux dengan distro pilihan tadi.

0 komentar:

Posting Komentar