Beberapa Kesalahan Blogger Pemula


Tulisan ini sebenarnya lebih kepada pengalaman pribadi di mana ketika pertama kali membangun sebuah blog dengan gratis tanpa diembeli dengan domain. Namanya gratisan terkadang ada faktor menyepelekan dan berimbas blog tidak terurus. Bisa jadi saat ini membuat blog hanya ingin tahu bagaimana membangun sebuah blog yang gratisan tersebut. Tanpa tahu bahwa bila dibuat serius membangun sebuah blog akan menjadi sumber pendapatan. Orang bijak mengatakan, tanpa visi maka tak akan ada semangat untuk melakukan apapun itu. Ternyata benar, membuat blog tanpa tujuan yang jelas akan menjadikan blog kita tanpa arah dan tanpa memiliki spirit untuk memikirkan lebih serius blog yang sedang kita bangun tersebut.

Setelah membaca banyak informasi mengenai blog dan manfaatnya bagi banyak sisi, akhirnya mulailah blog dibangun dengan sedikit tujuan. Dengan berusaha untuk menjaring minat yang dimiliki oleh penulis, akhirnya ditentukanlah tema blog dengan mengambil pembahasan mengenai keluarga.

Tapi sekali lagi dengan semangat yang hampir tidak ada dalam diri blog tersebut seperti sebuah rumah yang tidak berpenghuni, di mana blog dibiarkan saja dan sekali lagi tujuannya belum jelas apa tujuan yang paling penting dari blog yang sedang dibangun. Tentu saja hal tersebut merupakan kesalahan membangun blog dengan tanpa tujuan jelas. 

Lebih tidak jelas lagi ketika penulis membuat sampai sekitar 10 blog di blogspot dan di wordpress, serta di blogs dan di beberapa tempat. Sekarang bukan hanya fokus membuat blog amburadul tapi juga menjadi kacau tidak karuan. Dulu membuat banyak blog karena didorong untuk mencari referal dari PTC paid to click yang 10 tahun lampau masih sangat ramai-ramainya. Akibatnya, jangankan mengurus bagaimana menghias blog, mengisi dengan artikel saja jarang. 

Akibat lainnya adalah, akhirnya blog lebih kepada copy paste dari banyak penulis di mana tulisannya bisa dipakai. Sangat memprihatinkan. Inilah kesalahan lainnya ketika membuat blog, yaitu main copy paste di blog kita.

Sekarang memang jadi tahu bahwa memang membangun sebuah blog menuntut keseriusan lebih. Apalagi blog yang kita bangun dengan tujuan-tujuan besar, seperti mencari penghasilan, atau juga lebih serius untuk digunakan ajang promosi mencari refferal dan seterusnya.  Dan keberhasilan seperti usaha yang lain bukan sesuatu yang instan, langsung jadi seperti sulap.

Tapi tidak mengapa, kesalahan demi kesalahan itu menjadi pengalaman yang indah di mana belajar dari kesalahan itulah kita memperbaikinya.


Beberapa Kesalahan Blogger Pemula Beberapa Kesalahan Blogger Pemula Reviewed by Hati Kita on 14.41 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.