Sulitnya Kunjungan ke Blog, Mungkin Perlu Ganti Template - MAKKELLAR.COM

Sulitnya Kunjungan ke Blog, Mungkin Perlu Ganti Template


Ketika membuat blog, apakah ingin mencapai indahnya blog atau cepatnya orang membuka informasi yang kita sediakan? Kalaupun blog kita indah, tapi berat pengunjung enggan datang. Bila pengunjung ingin mudah masuk, maka mungkin templatenya yang perlu dilihat lagi.

Mungkin artikel kita sangat menarik, tapi ketika kita ingin membukanya, ternyata untuk mengaksesnya harus menunggu lama. Maka meminjam istilah orang Jawa tidak serantan lalu ditinggal begitu saja. Salah satu penyebabnya adalah karena kita menggunakan template yang cukup berat atau tidak responsive. Lelet dan bila dibuka perlu waktu.

Sebenarnya apa sih template untuk blog itu? Pengertian mudahnya adalah tampilan atau cetakan desain dari blog kita. Kalau boleh dibilang bentuh wajahnya. Makanya pemilik website atau blog terkadang membeli template premium, walaupun yang gratis banyak.

Dulu saya hanya berpikir tampilan bagus, tapi susah untuk dibuka. Makanya sekarang mulai berpikir untuk mengubah template. Dan sebenarnya banyak penyedia template blog yang gratisan maupun berbayar. Informasi ini saya dapat dari sebuah website daftar template gratis yang cukup bagus.

Cara Mengganti Template

Kalau memang template yang kita pakai tidak responsive, ya sebaiknya memang perlu penggantian. Hanya perlu diingat, bahwa mengganti template mudah, tapi yang sulit adalah ketika banyak perubahan terjadi pada blog kita. Namanya perubahan tentu ada efeknya juga. 

Yang perlu diingat juga adalah perlunya kita menyimpan data dari template lama kita, supaya kalau ada apa-apa kita bisa membalikkannya ke template semula. Jadi, carilah informasi sebanyak mungkin mengenai mengganti template ini. 

Sebagai orang awam dalam mengutak-atik blog, beberapa kali saya mengganti template dan berhasil termasuk blog ini. Begini langkah-langkah yang saya lakukan.

  1. Pastikan template sudah disiapkan dan ditempatkan di folder khusus
  2. Masuk ke account blog (Sign in)
  3. Pilih folder Thema (di bawahnya Layout)
  4. Pilih CUSTOMIZE dan silahkan backup dulu kalau ada apa-apa atau kesalahan kita bisa balik lagi ke awal template kita.
  5. Tetap di CUSTOMIZE pada warna merah di Restore. 
  6. Klik Upload dan cari file template yang akan kita gunakan
  7. Lihat hasilnya di mana tampilan blog kita akan berubah
PERINGATAN!

Perlu diingat bahwa mengubah template akan mengubah semua tampilan sesuai dengan bentuk template yang baru. Termasuk bila kita sudah memiliki iklan guna mencari duit seperti iklan Google maupun iklan-iklan lainnya.

Mengubah template tentu saja harus memberikan waktu untuk mengutak-atik kembali banyak hal dari blog kita, Seperti bisa saja bentuknya akan aneh, memanjang ke bawah dan seterusnya.

Usulan penulis, gantilah template ketika sebuah blog masih awal-awal atau baru dibangun. Kalau perlu buatlah sebuah blog baru untuk melatih mengubah dan mengutak-atik  template. Dan anggaplah blog baru dibikin untuk ajang latihan.

Sebaiknya carilah template yang sudah SEO frandly yaitu template yang mudah dan enteng serta mudah diindeks oleh Google. Karena dari sinilah kita berharap template yang kita pakai itu memang enak dipakai termasuk menyediakan tempat untuk pemasangan iklan guna berburu cuan melalui blog kita.

Bagaimana Kita Menggunakan Blog Untuk Berburu Uang?
 
Menghasilkan uang melalui kanal Youtube mungkin lagi ramai-ramainya sekarang. Pemainnya cukup banyak, pesaingnya terus bertambah. Tapi menghasilkan uang dari blog mungkin tidak semua menyukainya. Mengapa? 

Karena mencari duit lewat blog setidak-tidaknya bagi mereka yang bisa menuangkan ide dan gagasan dalam bentuk foto, video dan tulisan. Untuk menungkan dalam tulisan juga tidak semua menyukai. Tapi karena pemainnya tidak sebanyak,youtube maka tentu saja menjadi ladang yang luas di mana kita bisa berburu duit halal melalui blog yang sedang kita bangun.

Apa kunci keberhasilan dari seorang blogger supaya bisa berhasil? Mulai membuat blog dari sekarang!

  • Mulailah dari sekarang

Ada orang yang menganggap mencari uang lewat blog online itu tidak ubahnya seperti berusaha mandiri seperti membuka usaha lainnya. Anggapan tersebut tidak salah. Membuka usaha apapun tentu saja kunci pertama adalah mulailah untuk usaha. Begitupun mencari duit lewat blog. 

  • Tekuni. Setiap usaha yang akan kita lakukan adalah tujuannya ingin mendapatkan pendapatan. 

Menjadikan blog sebagai media untuk mencari pendapatan dari blog menuntut ketekunan dan kesungguhan. Tidak berbeda dengan usaha-usaha lainnya untuk mendapatkan pendapatan, jika kita hanya sebagai sambil lalu saja dan tidak bersungguh-sungguh dalam melakukannya, maka tentu saja kita tidak akan mendapatkan apa yang kita harapkan.

  • Dalami ilmunya. 
Bersyukurlah bila Anda mahir dalam ilmu IT. Tapi jangan merasa kecil hati bila Anda tidak mengerti sama sekali ilmu komputer dan apapun yang berhubungan dengan blog. Tidak ada ilmu yang tidak bisa dipelajari. Ada orang mengatakan bahwa namanya ilmu katon, ilmu yang bisa dilihat dan dipelajari, siapapun bisa.

  • Bergabunglah dengan google adsense milik google yang juga memiliki youtube. 
Seperti youtuber yang mendapatkan duit dari pengiklan, maka demikian juga google adsense juga menyediakan iklan untuk kita pasang di blog kita. 

  • Menambang uang dengan sistim afiliasi.
Dengan sistim afiliasi di mana kita bisa mendapatkan keuntungan bila kita berhasil menawarkan barang kepada orang lain melalui link yang kita pasang di blog kita

Sulitnya Kunjungan ke Blog, Mungkin Perlu Ganti Template Sulitnya Kunjungan ke Blog, Mungkin Perlu Ganti Template Reviewed by Hati Kita on 10.22 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.