Tips Mengisi Liburan Keluarga Pada Akhir Tahun


Berbagai penawaran liburan keluarga di tahun ini sudah mulai bermunculan. Seperti hotel murah, menginap di villa, dan seterusnya. Termasuk juga yang sedang ngetren saat ini adalah liburan indie. Liburan yang hemat biaya, liburan keluarga yang waktunya singkat tapi menjadi liburan yang berkualitas.

Sejak jauh hari pemerintah sudah mewanti-wanti agar masyarakat berhati-hati dengan perkiraan datangnya gelombang ketiga Covid-19 paska liburan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 mendatang. Sehingga pemerintah melakukan kebijakan memangkas hari libur khususnya libur bersama 24 Desember 2021. Hal tersebut diperkuat dengan SKB Tiga Menteri Nomor 712 Tahun 2021, Nomor 1 Tahun 2021, Nomor 3 Tahun 2021 Tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021. 

Walaupun saat ini Covid-19 mulai melandai, tapi tentu saja sebagai bentuk antisipasi penularan secara masif virus Corona tersebut. Tapi, sebenarnya bagaimana tradisi liburan hari-hari besar keagamaan khususnya liburan Hari Raya Idul Fitri dan Hari Raya Natal dalam masyarakat kita?

Semenjak munculnya Covid-19 liburan hari-hari raya keagamaan benar-benar berubah total. Biasanya di tempat-tempat keagamaan suasananya dibarengi dengan adanya cuti bersama pada tanggal-tanggal yang dekat dengan hari H perayaan. Tapi penulis yang pernah bekerja di sebuah lembaga keagamaan Kristen ada cara tersendiri bagaimana menentukan libur di luar yang ditentukan oleh pemerintah. 

Ada tradisi di mana setiap memasuki bulan Desember seperti memasuki sebuah suasana di mana keadaannnya seperti bulan libur, walaupun bukan libur. Suasana itu diperkuat dengan tampilan ornamen yang dipasang di tempat ibadah atau di rumah-rumah menambah kuatnya suasana tersebut. Walaupun tidak tahu pasti tanggal dan bulan berapa Kristus Yesus lahir, tapi bulan Desember menjadi bulan yang khusus.

Tahun-tahun yang sudah lewat ketika akhir tahun tiba, banyak rencana yang sudah dirancang. Walaupun tidak harus ke luar kota atau ke luar pulau apalagi ke luar negeri, namun berbagai macam cara mengisi liburan dilakukan. Kini menjadi tahun keprihatinan. Pemerintah yang sudah mengeluarkan kebijakan dan peringatan akan datangnya gelombang ketiga virus Corona tentu harus menjadi pertimbangan tersendiri. 

Kalau demikian, liburan model apa yang dapat kita lakukan pada akhir tahun ini? Beberapa tips berikut mungkin bisa dipertimbangkan:
  • Gunakan waktu untuk bertemu bersama keluarga dengan membuat acara sederhana yang mengakrabkan satu dengan lainnya.
  • Siapkan makanan dan minuman yang biasa disediakan di saat-saat liburan Natal dan akhir tahun, asal jangan berlebihan bila tidak ada saudara atau handai taulan yang akan berkunjung
  • Siapkan berbagai aksesoris yang biasa dibuat ketika menyambut Natal dan Tahun Baru
  • Bentuklah panitia kecil interen keluarga untuk mengadakan acara-acara harian supaya tidak membosankan di rumah
  • Berikan tanggung jawab kepada setiap orang yang akan terlibat dalam pengadaan acara-acara mengisi liburan tadi, seperti siapa yang berdoa, siapa yang MC dan seterusnya
  • Carilah buku-buku yang berkenaan dengan agama sebagai cara untuk membangkitkan suasana rohani
  • Nonton bareng bersama keluarga dan orang-orang terdekat di rumah saja. Bila perlu berlangganan streaming seperti Netflix, Vidio dan semacamnya sebagai sarana untuk kebersamaan

Tips Mengisi Liburan Keluarga Pada Akhir Tahun Tips Mengisi Liburan Keluarga Pada Akhir Tahun Reviewed by Hati Kita on 18.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.