Tarik Uang di ATM BCA Saldo Tidak Muncul


Bagi yang biasa menarik uang tunai di ATM (Anjungan Tunai Mandiri) BCA (Bank Central Asia) pernahkah memperhatikan bahwa ketika selesai melakukan transaksi, tidak muncul informasi jumlah saldo terakhir Anda. Ini berbeda untuk beberapa tahun yang lalu ketika seseorang menyelesaikan penarikan sebelum kartu ATM muncul, maka keluar keterangan posisi jumlah saldo uang Anda. 

Sudah lama penulis memperhatikan dan menjadi pertanyaan perubahan tersebut. Tentu untuk mengetahui saldo akhir harus kembali cek saldo lagi. Memang untuk transaksi yang bersifat pembayaran non tunai bisa menggunakan banyak macam cara, seperti e-banking, internet banking, kartu debet, kartu kredit dan seterusnya. Tapi tentu kita tidak menafikan bahwa banyak orang dalam bertransaksi menggunakan uang tunai. Apalagi bila ke pasar tradisional, kebanyakan menggunakan langsung tunai.

Memang ada kelebihan dan kekurangan bila informasi saldo akhir itu muncul setelah menyelesaikan transaksi akhir penarikan dana yaitu kita tidak perlu ribet lagi untuk melakukan pengecekan kembali posisi saldo kita. Karena proses pengecekan itu sendiri harus melalui proses kartu ATM posisi harus keluar terlebih dahulu dari mesin ATM setelah transaksi. Kemudian memasukkan kembali kartu ATM dengan cara memasukkan PIN (Personal Identification Number) kembali. Setelah itu kita harus memilih transaksi apa yang akan dilakukan. Untuk melakukan pengecekan saldo akhir maka tinggal pencet Pengecekan Saldo.

Tapi, kelebihan tidak adanya informasi mengenai posisi saldo akhir kita itu juga tidak sedikit. Di antaranya adalah:

  • Keamanan
  • Privasi
Keamanan

Penulis tidak tahu tujuan perubahan di atas, namun memang dari segi keamanan bagi nasabah juga sangat bermanfaat. Kalau informasi mengenai jumlah saldo yang ada di tabungan rekening kita kelihatan orang yang ada di sekitar kita yang dengan tidak sengaja maupun sengaja melihat langsung jumlah rekening bisa menjadi informasi yang kurang baik. Bila jumlahnya ratusan juta atau lebih maka bisa menjadi incaran orang-orang yang punya niat jahat.

Apalagi di tempat-tempat tertentu posisi Mesin ATM terkadang bersebelahan, baik sesama ATM maupun beda bank. Atau juga bila lokasi ATM di tempat terbuka di mana bila terjadi antrian maka informasi saldo kita bisa terlihat bagi orang lain. Kita mengetik PIN yang tempatnya di kotak kecil saja  berusaha untuk ditutupi, apalagi ini muncul di layar monitor bagian bawah.

Privasi

Bisa saja perubahan itu terjadi berhubungan dengan privasi. Tidak semua orang menyukai bila keadaan keuangannya kelihatan oleh orang lain. Pengalaman penulis ketika informasi saldo masih dimunculkan sehabis uang ditarik dari ATM, rasanya kita ingin menutupi informasi posisi saldo rekening tersebut, apalagi dalam posisi uang yang hampir habis, atau berada di bawah Rp. 100.000 yang muncul. Kalau bisa orang lain tidak perlu tahu keuangan kita di rekening bank yang kita miliki.

Mungkin kemungkinan-kemungkinan yang disebutkan di atas hingga kebijakan tidak memunculkan saldo akhir di rekening bank kita itu. Dan langkah kebijakan tersebut sudah tepat.

Tarik Uang di ATM BCA Saldo Tidak Muncul Tarik Uang di ATM BCA Saldo Tidak Muncul Reviewed by Hati Kita on 13.56 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.