Cara Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi


Ingin tahu sertifikat vaksin Covid-19 ke 1 atau vaksin ke 2 dan undangan untuk vaksin ke 3? Mudah! Tinggal download aplikasi pedulilindungi, mendaftar dan login maka semua data dan rekam jejak vaksin yang sudah dilakukan akan terlihat.

Bagi pengguna android silahkan buka Play Store atau bagi pengguna iphone atau ipad atau ipod touch silahkan buka App Store dengan cara tulis pedulilindungi di pencarian. Dan bila sudah muncul langsung download aplikasi pedulilindungi. Berikut langkah-langkah menggunakan aplikasi pedulilindungi yang sudah didownload.
  1. Buka aplikasi
  2. Pilih kewarganegaraan (Warga Negara Indonesia WNI atau WNA)
  3. Bila punya email, silahkan menggunakan account email, tapi bila tidak silahkan menggunakan nomor telepon ponsel yang masih berlaku)
  4. Silahkan cek e-mail untuk kode verifikasi, atau lewat nomor telepon bila menggunakan nomor telepon
  5. Beri ijin akses pedulilindungi untuk mengakses lokasi, akses foto dan media, kamera dengan klik mengerti.
Sekarang kita melihat isi perut pedulilindungi untuk kita gunakan sesuai peruntukannya seperti gambar di atas. Tapi sebelum kita menggunakan semua kegunaan aplikasi ini, kita diminta untuk mengisi data yang kita miliki. Bagi yang sudah pernah divaksin, syarat kita bisa divaksin adalah kita menunjukkan 
  • KTP (Kartu Tanda Penduduk) 
  • dan KK (Kartu Keluarga) 
  • serta Nomor Telepon/Ponsel.
Nah untuk bisa menggunakan aplikasi pedulilindungi secara menyeluruh maka kita diminta untuk memasukkan nomor NIK (Nomor Induk Kependudukan) yaitu deretan nomor yang berisi 16 rangkaian nomor yang tertera di KTP maupun di KK. 

Bila sudah sesuai maka secara otomatis kita akan terhubung dengan semua aktifitas yang berhubungan dengan corona virus ini. Contohnya, apakah kita sudah divaksin atau belum. Bila sudah divaksin, kita sudah divaksin 1 atau sudah vaksin ke 2 semua tertera di pedulilindungi ini.

CARA NGECEK UNDANGAN KE 3 (BOOSTER VAKSIN)

Seperti diketahui bahwa untuk bisa divaksin ke 3 atau booster vaksin maka syaratnya adalah kita sudah melakukan vaksin ke 6 setidaknya pasa waktunya sudah melewati 6 bulan. Dan bila sudah kita bisa melakukan pengecekan di aplikasi pedulilindungi. 

Caranya ikuti langkah-langkah berikut:
  1. Klik tulisan Hai, ...... (tulisan nama kita)
  2. Klik status vaksin & status tes Covid-19
  3. Bila tertulis "Informasi vaksin ke 3 Anda   Anda Berhak Vaksinasi ke-3 (booster) GRATIS
  4. Silahkan datang ke faskes atau penyedia vaksinasi booster terdekat.
CARA MENGGUNAKAN APLIKASI LINDUNGI MASUK KE TEMPAT KERAMAIAN

Masuk ke tempat-tempat keramaian seperti mall biasanya di pintu masuk kita diminta oleh petugas untuk mengecek apakah kita sudah divaksin atau belum. Maka salah satu alat bantu pengecekan adalah aplikasi pedulilindungi. Bagaimana kalau kita sudah divaksin tapi tidak membawa ponsel? Tunjukkan saja KTP., atau mencatat nomor NIK di identitas diri tersebut. Tapi bila sudah memiliki pedulilindungi yang sudah diinstal dan sudah login maka berikut cara menggunakannya:
  1. Buka aplikasi pedulilindungi
  2. Di bawah tulisan "Masuk ke Ruang Publik? klik Scan QR Code
  3. Klik di bagian bawah dari tulisan "Saya Setuju di bagian" Aktifkan Kamera
  4. Tempelkan ke QR Code yang disediakan.
APLIKASI PEDULILINDUNGI

Pedulilindungi adalah sebuah aplikasi yang dikembangkan oleh pemerintah RI (Pusdatin Kementerian Kesehatan RI) untuk membantu menghentikan penyebaran coronavirus Covid-19. Berikut manfaat dari aplikasi Pedulilindungi:
  • Turut mengandalkan kepedulian serta partisipasi masyarakat untuk saling menjaga dan meminimalisir resiko penyebaran virus Covid-19. 
  • Aplikasi ini juga turut membantu masyarakat untuk bisa menelusuri lokasi di mana penyebaran virus cukup tinggi
  • Pedulilindungi juga bisa digunakan untuk mengidentifikasi status riwayat kasus Covid-19
  • Pedulilindungi juga bisa digunakan untuk pendaftaran vaksin Covid-19
  • Pedulilindungi berguna untuk melakukan scan apabila kita akan memasuki tempat-tempat keramaian
  • Pedulilindungi bisa digunakan sebagai data tambahan untuk melakukan perjalanan menggunakan kendaraan umum seperti kereta api dan pesawat terbang.
  • Pedulilindungi memuat data sertivikat vaksin seseorang
Nah, karena begitu pentingnya aplikasi ini maka tidak ada salahnya bila kita mendownload dan menyimpan di ponsel kita.


 
Cara Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Cara Cek Sertifikat Vaksin di Pedulilindungi Reviewed by Hati Kita on 17.03 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.