Menghadapi Anjing Sitzu Tiba-tiba Seperti Lumpuh - MAKKELLAR.COM

Menghadapi Anjing Sitzu Tiba-tiba Seperti Lumpuh



Anjing Zhih Tzu tiba-tiba enggan berjalan. Dia seperti lumpuh dan bahkan malas untuk makan. Padahal biasanya dia sangat lincah dan selalu merespon setiap dipanggil. Dia lebih banyak duduk di bawah kolong kursi atau meja. Terkadang mau berjalan tapi hanya beberapa langkah lalu berhenti dan kaki belakang ditekuk. Berjalannya seperti menyeret.

Pada awal-awal sangat kebingungan menghadapi perubahan anjing kesayangan yang bulunya lebat ini. Betapa tidak, anjing yang biasanya berlarian ke sana ke mari, naik ke kursi santai dengan cekatan, tiba-tiba kebiasaan itu hilang dan selalu bersimpuh di sebuah tempat. 

Makanan kesukaannya yang biasanya sangat lahap disantapnya, tidak disentuhnya sama sekali. Kalaupun berusaha untuk datang ke tempat makanannya, namun hanya sedikit yang dimakannya, kemudian kembali ke tempat-tempat yang tersembunyi. Perilaku seperti itu agak sering terjadi sehingga pada awalnya merasa kebingungan menanganinya.


Tapi ternyata mudah menanganinya supaya anjing zhih Tzu bisa kembali ceria dan kembali normal seperti sedia kala. Tentu saja penanganan ini apabila hewan peliharaan ini tidak dalam keadaan sakit atau memang benar-benar lumpuh. Tapi bila perilaku tersebut terjadi sementara dia sehat-sehat saja maka kemungkinannya adalah karena ada kotoran yang menempel di bulu bagian belakang dekat pantatnya.

Rupanya anjing ini termasuk najing bersihan dan merasa risih ketika ada kotoran yang menempel di bulunya yang panjang itu. Kotorannya itu seperti mengganggunya sampai dia tidak mau berjalan. Maka ini yang dilakukan:

  • Pastikan, apakah anjing tidak mau berjalan karena sakit atau karena ada kotoran di sekitar duburnya yang menempel dan tidak bisa lepas.
  • Bila memang karena ada kotoran yang menempel maka perlu dilakukan pembersihan
  • Siapkan air hangat 
  • Siram dengan air hangat di bagian sekitar pembuangan kotoran sampai dua kaki belakang.
  • Bersihkan dengan sampo hewan pada bagian yang sudah disiram dengan air hangat tadi sampai bersih.
  • Pastikan kotoran yang menempel di bulunya lepas  (karena bulunya cenderung panjang dan terkadang kotoran sulit lepas).
  • Lap dengan kanebo sampai bersih
  • Bila sudah kering silahkan lepas kembali. 
  • Namun bila memang anjing sedang tidak sehat segera membawanya ke dokter hewan
Semoga cara mudah ini bisa menolong.



Menghadapi Anjing Sitzu Tiba-tiba Seperti Lumpuh Menghadapi Anjing Sitzu Tiba-tiba Seperti Lumpuh Reviewed by Hati Kita on 18.27 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.