Kegunaan PPT dalam Presentasi - MAKKELLAR.COM

Kegunaan PPT dalam Presentasi


Presentasi adalah berbicara di hadapan banyak orang untuk menyampaikan sebuah gagasan. Tujuan presentasi adalah untuk meyakinkan peserta menerima gagasan kita. Biasanya presentasi menggunakan bantuan visual makanya disebut dengan presentasi visual yaitu presentasi yang menggunakan media elektronik untuk mendukung pesan yang ingin disampaikan. 

Makanya perlu adanya presentasi yang menarik. Bantuan power point presentation (PPT) menjadi penting. Di dalamnya perlu desain PPT yang baik, didukung oleh background yang keren dan tampilan presentasi yang menarik perhatian. Presentasi bisa disampaikan melalui langsung, melalui media elektronik dengan berbagai kanal seperti, Youtube, Zoom, google meet dan seterusnya. 

Biasanya pengalaman pertama dalam menyampaikan presentasi merupakan pengalaman yang sangat menegangkan. Apalagi audiens yang akan menjadi peserta yang akan menyaksikan presentasi kita adalah orang-orang yang dianggap hebat. Dan hal itu adalah wajar. Jadi, saya yakin semua orang akan mengalami hal yang sama ketika baru pertama menyampaikan presentasi. Anda tidak sendiri bila ada perasaan resah dan gelisah ketika ingin menyampaikan presentasi. Bahkan ketegangan itu bisa dirasakan jauh hari sebelum hari "H".

Justru ketegangan itulah yang bisa menjadi pendorong kita untuk bisa menyiapkan sebuah presentasi yang ingin kita capai 'sempurna'. Supaya apa yang kita sampaikan itu benar-benar bukan hanya bisa dimengerti dan diterima, tapi kalau mungkin bisa memukau.

Tapi untuk mencapai baiknya sebuah presentasi tentu bukan kerja semalam khususnya bagi yang memiliki pengalaman pertama kali. Apalagi bisa mencapai kata memukai hadirin yang mendengarkan tentu membutuhkan kerja keras dari kita sebagai orang yang akan menyampaikan.

Gagasan dalam sebuah presentasi memang yang paling utama untuk bisa menarik perhatian setiap peserta. Namun demikian pendukung supaya gagasan itu mudah dipahami juga tidak kalah penting. Sebuah gagasan yang baik tapi disampaikan dengan kurang menarik tentu pesan tidak tersampaikan. Makanya sayang bila gagasan hebat tidak disampaikan dengan mantap akan menjadi sia-sia.

Biasanya gagasan yang baik dan menurut kita sudah yakin akan kebenaran dan menjadikan kita percaya diri untuk disampaikan akan menolong kita untuk bisa lebih berani tampil untuk presentasi. Sebaliknya bila gagasan masih mentah dan kita sendiri kurang yakin dengan apa yang akan kita sampaikan akan menjadi 'hantu' yang akan menambah ketegangan.

Makanya persiapan menyampaikan gagasan supaya diterima audiens itu menjadi penting. Oklah, sebuah gagasan sudah di tangan. Sekarang masuk kepada persiapan supaya bisa disampaikan dengan baik. Salah satu pendukung dalam menyampaikan gagasan di depan umum adalah powerpoint PPT yang bagus, menarik dan mudah diingat oleh peserta.

Bagi pengguna OS WINDOWS dan ikutannya yaitu Office tentu tidak asing lagi dengan presentation Microsoft Powerpoint. Aplikasi presentasi ini sudah cukup memenuhi syarat kita bisa membuat alat bantu presentasi menyampaikan gagasan di depan publik. 

Bagi pengguna OS Linux sebenarnya juga bisa membuka 'office' versi Linux yang malah beranega ragam yaitu ada 

  • Libreoffice (dulu Openoffice)
  • WPS Office
  • Only Office
  • Softmaker Office 

Di dalam power point itulah kita bisa mengelola semua gagasan-gagasan yang ada di kepala supaya nantinya gagasan itu bukan hanya bisa disampaikan melalui mulut kita tapi juga melalui visual yang sudah kita atur sedemikian rupa. Di dalamnya sudah tersedia template yang beranega ragam dan berbagai macam tema menarik. Tinggal kita menyesuaikan thema apa yang akan kita sampaikan disesuaikan dengan thema power pint kita.

Pemilihan tema template juga penting supaya tema tersebut disesuaikan dengan isi. Jangan sampai kita ingin menyampaikan mengenai tema keuangan, tapi kita menggunakan template dengan tema treveling. Tapi harus diingat bahwa alat bantu visual ini bukan penentu satu-satunya. Karena yang akan mempresentasikan gagasan Anda adalah Anda sendiri. Sedangkan power point menolong kita untuk dibantu dari banyak segi.

Kegunaan Bantuan Power Point dalam Presentasi:

  1. Mengurangi rasa grogi karena takut kita lupa dengan apa yang ingin kita sampaikan
  2. Menolong kita tetap konsisten dengan tema dan gagasan dari awal sampai akhir.
  3. Membawa pikiran peserta untuk tetap fokus kepada presentasi dan penyampai
  4. Menolong penyampai gagasan tidak banyak ngelantur ke mana-mana karena sudah dibatasi oleh tema, waktu dan seterusnya.
  5. Menarik minat peserta bila selain gagasan baik juga didukung power point yang bagus pula
  6. Gagasan bisa disimpan dalam bentuk visual audio maupun teks dan video bila kita melengkapi power point kita dengan media-media tersebut.

Kegunaan PPT dalam Presentasi Kegunaan PPT dalam Presentasi Reviewed by Hati Kita on 11.43 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.