Pakai Linuxmint Seperti Menggunakan Windows


Linuxmint merupakan operating system (OS) yang berbasis Linux untuk perangkat Laptop, PC maupun notebook yang bersifat gratis tanpa perlu ribet membeli lisensi. Dari sekian banyak distro Linuxmint termasuk userfriendly atau mudah dijalankan. Bahkan menggunakan Linuxmint seperi menggunakan Windows saja.

Kemudahan itu terlihat ketika kita akan melakukan berbagai pemasangan aplikasi tambahan di perangkat. Seperti pemasangan aplikasi zoom, whatsapp, skype, steam, Wine, Spotify dan seterusnya. Seperti menginstal berbagai aplikasi di Windows yang hanya bermodal klik Next, Linuxmint seperti itu. 

Padahal kalau menggunakan beberapa distro lainnya, taruhlah distro yang terkenal mudah yaitu Ubuntu, untuk menginstal Zoom maka beberapa langkah harus ditempuh. Seperti melakukan download terlebih dahulu kemudian kita instal dengan bantuan terminal.

Terminal adalah interface yang digunakan oleh pengguna untuk berinteraksi dengan sistim komputer dengan menggunakan command line interface (CLI). Jadi terminal menjadi command promp di mana kita bisa mengontrol semua file, akses dan seterusnya. Dalam menginstal dengan bantuan terminal itu tentu dengan perintah-perintah dasar yang berlaku dalam sistim Linux. Sedikit ribet memang, tapi bagi pengguna Linux, justru di situlah tantangannya untuk menggunakan sistim operasi Linux.

Tapi bagaimana dengan penggunaan Linux di distro Linuxmint? Kita tinggal klik di pusat applikasi yang ada di pojok kiri bergambar khas Linuxmint berwarna hijau itu lalu kita menuju ke Software Manager lalu kita cari berbagai aplikasi yang berkumpul di situ. Kita hanya perlu mencari software yang kita butuhkan di kotak pencarian.

Misalnya kita ingin menginstal aplikasi zoom, tinggal tulis dan jika muncul, kita tinggal instal sampai sempurna, selesai. Demikian juga berbagai aplikasi bisa kita cari dengan berbagai kemudahan. Bahkan Linuxmint sudah mendaftar dengan berbagai katagori, seperti katagori office di mana aplikasi ini kita butuhkan untuk pekerjaan harian seperti mengetik seperti di Word kalau di Windows, publisher, dan seterusnya.

Lalu bagaimana jika aplikasi yang kita butuhkan ternyata tidak diketemukan dalam Software Manager tadi? Di sinilah kita mulai bekerja keras untuk menginstalnya dengan  bantuan terminal tadi. Sekali lagi inilah kelebihan orang yang menggunakan sistim operasi Linux.

Tertarik ingin mencoba Linuxmint? Silahkan langsung saja download di markas mereka?  Gratis bisa didownload DI SINI

Sebagai informasi tambahan, Linuxmint terkenal karena begitu ringan sehingga bisa digunakan di komputer-komputer udzur. Hal ini sudah dibuktikan oleh banyak orang di mana Linuxmint selalu disebut bila berhubungan dengan entengnya distro Linuxmint ini.
Pakai Linuxmint Seperti Menggunakan Windows Pakai Linuxmint Seperti Menggunakan Windows Reviewed by Hati Kita on 22.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.