Bagaimana Membuat Pasword yang Aman? - MAKKELLAR.COM

Bagaimana Membuat Pasword yang Aman?


Pasword yang dikenal dengan kata sandi adalah sekumpulan huruf atau angka dan symbol yang digunakan untuk mengautentikasi pengguna untuk mengakses ke sistim digital. Pasword bersifat rahasia bagi orang banyak. Karena pasword sifatnya perlindungan bagi sebuah akun. Tapi bagaimana cara supaya pasword benar-benar aman sehingga memberi perlindungan? 

Karena pasword bersifat pengamanan untuk melindungi akun kita maka perlindungan tersebut seharusnya menggunakan perlindungan yang sulit untuk ditembus dan diketahui oleh orang lain. Sebisanya pasword yang kita buat tidak mudah dibobol orang lain. Tapi bagaimana membuat pasword yang aman?

Sebenarnya google sendiri sudah memberikan tipsnya dalam pembuatan pasword ini. Karena sebagai pemilik pengguna email terbanyak, gmail tentu punya kepentingan para penggunanya merasa aman. 

Berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat email agar pasword aman seperti panduan yang diberikan oleh google..

  1. Buatlah pasword dari paduan huruf (a, b, c, d) angka (2, 6 9) dan symbol (@, #, $, %, &) huruf besar (B, D, N, C) huruf kecil (k, m, p, g, x) dan seterusnya)
  2. Jangan membuat email yang sangat mudah atau lemah. Makna mudah bisa berarti gampang diterka, gampang diperkirakan oleh orang lain. Contohnya, 1234567. Atau abcdefg. Tapi juga lemah dalam arti bisa dilacak karena menggunakan paduan nama user. Contohnya, pudjiyanto dan usernya sama pudjiyanto.
  3. Pasword sudah pernah dipakai sebelumnya. Kadangkala kita memang diingatkan bahwa pasword kita perlu diganti. Lalu karena kita hanya ingin melakukan penggantian dengan pasword yang sama hanya mengganti huruf besar dan seterusnya.
  4. Tidak membuat pasword satu untuk semua kepentingan. Misalkan, pasword tersebut untuk account lainnya atau malah account bank dan seterusnya. Memang membuat pasword yang sama untuk semua account lebih mudah mengingat, tapi tindakan tersebut justru kurang baik untuk keamanan account kita.
  5. Buatlah pasword yang manjang tapi tentu mudah diingat. Makanya seringkali kita diingatkan ketika membuat sebuah pasword, dengan ada tanda lemah, kuat dan sangat kuat
  6. Hindari penggunaan pasword yang berisi nama-nama yang mudah dikenal seperti nama panggilan, nama anak, nama istri, nama pacar dan seterusnya.
  7. Hindarilah penggunaan pasword yang menunjukkan indikasi tertentu. Contohnya, 'jangandibuka'. rahasiaperusahaan' dan seterusnya.
  8. Bila kita sudah membuat sandi atau pasword yang memenuhi kreteria tadi, maka jangan pernah memberitahukan pasword tersebut kepada siapapun, termasuk kepada orang terdekat.
  9. Bila kita termasuk orang yang sulit menghafal sebuah pasword dan perlu ditulis, pastikan catatan tulisan tersebut tidak diletakkan di sembarang tempat.
  10. Jangan menyimpan pasword secara digital, entah itu di laptop, komputer atau HP
BACA JUGA

Bagaimana Membuat Pasword yang Aman? Bagaimana Membuat Pasword yang Aman? Reviewed by Hati Kita on 17.54 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.