Cara Menghindari Pencurian Barang di Sepeda Motor


Selain marak pencurian motor tapi yang harus diwaspadai adalah kehilangan dan pencurian barang dan uang yang disimpan di dashboard sepeda motor. Seperti dompet atau uang receh atau bahkan HP.

Bagi pemilik sepeda motor jenis tertentu di mana di bagian depan di bawah setir ada dashboard tempat di mana biasa menyimpan uang kecil atau bahkan dompet bahkan terkadang ponsel. Cara termudah adalah diletakkan di kotak yang posisinya tepat di bawah setir tersebut.

Alasannya sederhana, supaya lebih mudah dan gampang untuk diambil kembali. Ketimbang disimpan di jok yang sedikit ribet ketika dibutuhkan. Makanya banyak orang yang memilih jalan gampang yaitu meletakkan di dashboard depan tersebut. Padahal meletakkan barang di dashboard tersebut resikonya besar yaitu selain kehilangan tapi juga memancing  orang yang punya niat jahat mengambil barang-barang tersebut.

Kehilangan yang dimaksud adalah benda-benda yang disimpan di dashboard tadi jatuh dari tempatnya. Karena terkadang ketika melewati jalan yang berlubang atau melintasi polisi tidur maka hentakan sepeda motor bisa memuntahkan barang-barang tersebut. Kalau kecepatan rendah mungkin tidak masalah, tapi ketika kendaraan melaju cepat bisa-bisa tanpa terasa jatuh dari tempatnya.

Tapi ada bahaya lain ketika kita meletakkan barang di dashboard motor tersebut yaitu menggoda orang lain untuk memgambil barang-barang yang disimpan di tempat tersebut. Pertama ketika meletakkan barang di dashboard tersebut kita lupa untuk memganbilnya kembali dan tertinggal di kendaraan tersebut. 

Penulis sebenarnya memiliki pengalaman di mana barang yang disimpan di dashboard berupa dompet lupa dibawa dan tertinggal. Sementara sepeda motor diparkir. Suasana parkir cukup ramai orang berlalu-lalang. Saat itu penulis ingin berbelanja di pasar tradisional. Begitu ingin membayar belanjaan, tiba-tiba teringat bahwa dompet ada di dashboard sepeda motor. 

Sadar bahwa dompet ketinggalan di dashboard sepeda motor penulis langsung melompat dan segera menuju ke tempat parkiran. Dan rasanya mata berkunang-kunang karena dompet sudah tidak ada di tempatnya. Beruntung penulis kenal baik dengan tukang parkir karena memang sering berkomunikasi. Dan akhirnya penulis menyampaikan masalahnya dan segera tukang parkir memberitahu bahwa dompet disimpan dengan baik. Karena kalau tidak dalam sekejab akan raib. Begitu ia beralasan mengapa dompet penulis disimpan di tas kecilnya.

Namun adanya dashboard di sepeda motor tersebut tetap saja memancing untuk selalu ingin menyimpan barang-barang berharga. Walaupun kejadian di pasar tradisional tersebut menjadi pelajaran yang berharga tapi kejadian berikutnya memang benar-benar memaksa untuk berhati-hati menyimpan apapun di dashboard.

Setiap berbelanja baik di mini market atau di pasar tradisional biasanya ada uang kembalian dalam bentuk coin. Akhirnya di dasboard motor terkumpul sekitar 300 ribu. Tapi ketika diparkir di sebuah tempat pertemuan, semua oang koin itu raib. 

Jadi cara terbaik untuk menghindari kehilangan dan pencurian barang yang disimpan di dasboard sepeda motor adalah tidak menyimpan barang apapun di tempat tersebut. 

Cara Menghindari Pencurian Barang di Sepeda Motor Cara Menghindari Pencurian Barang di Sepeda Motor Reviewed by Hati Kita on 20.33 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.