Piala Dunia 2022 yang Perlu Diketahui

Supporter Wold Cup 2007
Keriuhan FIFA World Cup 2022 yang akan berlangsung tahun ini puncaknya November-Desember 2022 mendatang. Jadwal negera-negara yang akan berlaga sudah tersusun. Lagu resmi hajatan Sepak Bola empat tahunan ini mulai berkumandang. Sementara maskot Piala Dunia 2022 sudah diperkenalkan kepada khalayak.

Piala Dunia 2022 ini akan menjadi perhelatan besar yang benar-benar akan menjadi hiburan tersendiri bagi masyarakat dunia. Karena setelah kurang lebih 4 tahun dicekam oleh munculnya pandemi COVID-19 yang menimbulkan ketakutan bagi banyak orang. Betapa tidak COVID-19 menjadi tekanan tersendiri bagi masyarakat dunia yang setiap hari selalu mendengar kabar duka yang tak ada habis-habisnya selama pandemi.

Eforia Piala Dunia 2022 mulai terasa ketika COVID-19 mulai mereda dan menjadi endemi yang menjadikan masyarakat dunia kembali kepada kehidupan normal dan kembali menikmati berbagai perhelatan besar yang salah satunya akan diadakan pertandingan sepak bola sejagad World Cup 2022.

TEMPAT PERHELATAN PIALA DUNIA 2022

Turnamen Internasional Piala Dunia 2022 kali ini akan diadakan diadakan di wilayah Arab tepatnya di Qatar. Tentu saja pertandingan Sepak Bola dunia ini mendapat sambutan yang luar biasa bagi dunia Timur Tengah karena untuk pertama kalinya diadakan di Tanah Arab.

Negara Qatar sendiri sebagai tempat yang mendapat keistimewaan penyelenggaraan World Cup 2022 ini jauh-jauh hari sudah mempersiapkan diri guna penyelenggaraan tersebut. Setidaknya ada 8 stadion yang sudah dipersiapkan dengan kemegahan yang luar biasa. 

Daftar 8 stadion sebagai ajang berlangsungnya Piala Dunia 2022 tersebut seperti yang dilansir Kompas 31/12/2021 adalah: 

  • Al Bayt Stadium yang akan dipergunakan menjadi ajang pembukaan.
  • Khalifa International Stadium yang merupakan stadion nasional Negara Qatar.
  • Al Janoub Stadium yang merupakan stadion berkapasitas 40.000 penonton ini merupakan stadion megah yang berada di wilayah Al Wakrah.
  • Ahmad bin Ali Stadium yang memiliki kemegahan karena balutan layar multimedia yang cukup memukau karena desain permainan warna yang bisa diubah-ubah.
  • Education City Stadium yang mendapatkan peringkat bintang 5 oleh GSAS (Global Sustainability Assessment System) yaitu penilaian bangunan dan infrastuktur berkelanjutan.
  • Al Thumama Stadium sebuah stadio megah berbentuk peci tradisional yang biasa digunakan oleh pria di Timur Tengah.
  • Lusail Stadium berada 20 kilometer dari Doha ibu kota Qatar. Stadion ini menjadi stadion masa depan yang dibangun dengan megahnya.
  • 974 Stadium dengan nama angka ini karena stadion ini dibangun dari 974 kontainer bekas yang dimodifikasi menjadi seperti bentuk bujur sangkar. 
HAYYA HAYYA LAGU RESMI PIALA DUNIA 2022

Seperti yang diperkenalkan sejak 1 April 2022 lalu di mana FIFA secara resmi menayangkan perdana di kanal Youtube sebagai lagu Piala Dunia 2022 berjudul Hayya Hayya (Better Togather). Lagu ini dinyanyikan oleh Trinidad Cardona, penyanyi asal Amerika bersama ikon Afrobeats Davido dan bintang Qatar Aisha.

Seperti halnya lagu-lagu soundtrack Piala Dunia sebelum-sebelumnya yang rancak maka Lagu Hayya Hayya ini sendiri memang penuh dengan kegembiraan. Di mana lagu tersebut menggambarkan penyelenggaraan Piala Dunia 2022 itu penuh dengan kegembiraan adanya festival Sepak Bola Dunia 4 tahunan tersebut. Makanya nadanya penuh dengan semangat yang mengambil warna R&B dan Reggae.

Seperti yang disampaikan oleh Chief Commercial Officer FIFA Kay Madati memberikan penjelasan mengenai lagu yang dipilih sebagai lagu yang melambangkan bagaimana musik dan sepak bola bisa menyatukan dunia. Begitu juga soundtrack multi lagu yang terkandung dalam musik ini menurut Kay Madati akan membawa penggemar lebih dekat dengan semangat Piala Dunia yang belum ada sebelumnya.

Lagu Hayya Hayya  itu sendiri dirilis oleh Def Jam Recordings dan diproduksi oleh RedOne.

LA'EEB MASKOT PIALA DUNIA 2022

Seperti halnya penyelenggaraan setiap even berbagai olah raga dunia tidak ketinggalan adanya maskot resmi yang dimunculkan dalam perhelatan Piala Dunia 2022. Maskot World Cup 2022 di Qatar bernama La'eeb. Sesuai dengan bahasa setempat yaitu bahasa Arab, maka La'eeb mengadopsi  budaya setempat.

Dalam situs resminya FIFA menyebutkan bahwa Maskot La'eeb memiliki makna pemain yang terampil dengan tujuan maskot tersebut menyemangati setiap individu memiliki kepercayan diri. La'eeb sendiri digambarkan sebagai sosok yang gemar berpetualang dan memiliki keingintahuan yang tinggi. Sehingga La'eeb diharapkan bisa membawa kegembiraan tersediri bagi setiap orang.


Piala Dunia 2022 yang Perlu Diketahui Piala Dunia 2022 yang Perlu Diketahui Reviewed by Hati Kita on 09.59 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.