Beberapa Keluhan Error ERR099 SPT Tahunan Pajak Online


Beberapa pengguna mengeluhkan ketika mengakses djponline.pajak.go.id untuk SPT Tahunan Pajak. Beberapa orang yang berusaha membuka website tersebut namun terkendala dengan munculnya error. Kode yang muncul adalah persoalan server dan code ERR099.

Admin yang berusaha sejak siang kemarin sampai pagi ini belum berhasil menyelesaikan tahapan pelaporan SPT Tahunan tersebut secara online. Awalnya dimulai dengan mengakses tanggal 29/03 pukul 13.00 WIB namun selalu terkendala untuk bisa menyelesaikan proses pelaporan.

Beberapa kendala sudah muncul ketika beberapa kali melakukan login namun dianggap ada masalah dengan login. Padahal dari proses memasukkan nomor wajib pajak dan pasword tidak ada yang salah. Karena admin smenyimpan semua data akses SPT Tahunan selalu tersimpan rapi. Tapi ternyata beberapa kali gagal.

Setelah berusaha beberapa kali akhirnya berhasil untuk masuk ke halaman proses pelaporan. Dengan memilih e-filling sebagai cara untuk pelaporan akhirnya masuk ke halaman data-data palaporan pajak tahun-tahun sebelumnya. Begitu kita akan memulai proses untuk SPT Tahunan Tahun 2021 yang muncul selalu error.

Sebenarnya penulis menyadari bahwa Lapor SPT Tahunan kali ini memang mengambil waktu-waktu terakhir, walaupun masih 3 hari sebelum ditutup, tapi rupanya waktu sebelum 3 hari mungkin sudah dianggap akhir sehingga banyak orang yang berusaha mengakses website pajak tersebut.

Dengan logika tersebut akhirnya mencoba pukul 16.00 WIB dengan asumsi orang mulai sedikit yang mengakses. Tetapi hasilnya sama yaitu error. Namun usaha terus dilakukan bahkan sampai pukul 22.00 WIB tapi tetap saja tidak membuahkan hasil. Dan kembali diusahakan pukul 03.00 Subuh dan sama saja tidak bisa melakukan pelaporan SPT.

Setelah merasa frustasi maka penulis mencoba untuk melihat pengalaman orang lain. Jangan-jangan hanya penulis yang mengalaminya? Ternyata tidak, bahkan dalam situs INI rupanya beberapa orang mengalami kendala yang sama. Bahkan seorang penulis komentar pada tanggal 23 Februari 2022 lalu sudah mengalaminya. Dan dengan berbagai cara yang dilakukan seperti menggunakan mode ignito, VPN Luar Negeri, login dan logout tapi hasilnya nihil. Dan rupanya dikomentari beberapa orang yang juga senasib.

Lain lagi dengan seorang bernama Tomo yang juga mengeluhkan tidak bisa melakukan pelaporan SPT yang ditulis di kolom komentar pada tanggal 1 Maret lalu juga mengalami hal serupa. Usaha yang dilakukannya adalah dengan dicoba pagi, siang, malam, subuh dan cara berikutnya dengan gonta-ganti laptop tapi hasilnya error.

Dan komentar lainnya ditulis oleh Anik yang sudah dua hari berusaha untuk bisa melaporkan pajaknya tapi juga belum berhasil dengan kasus sama yaitu munculnya kode ERR099. Komentarnya ditulis pada tanggal 17 Maret lalu.

AKHIRNYA SIANG INI BERHASIL

Alhamdulillah, puji Tuhan akhirnya pelaporan SPT Tahunan rampung setelah mendapat kode verifikasi yang artinya tinggal selangkah lagi. Dan setelah meyelesaikan semuanya, maka selesai sudah usaha dua hari untuk melakukan Laporan Pajak ini. Justru 2 hari sebelum masa akhir pelaporan djponline.pajak.go.id dapat dilakukan.

Kuncinya apa? Tidak diketahui. Tapi ketika pelaporan tanggal 29 kemarin akses dilakukan di sebuah daerah. Hari ini admin ke Surabaya dan mencoba dilakukan di Kota Pahlawan tersebut. Hasilnya, langsung bisa diakses. Kok bisa? Entahlah. Yang jelas, admin hanya menceritakan yang sedang dialami.

Beberapa Keluhan Error ERR099 SPT Tahunan Pajak Online Beberapa Keluhan Error ERR099 SPT Tahunan Pajak Online Reviewed by Hati Kita on 12.53 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.