Pasien BPJS Ingin ke Rumah Sakit Tipe B Lewati Dulu Tipe C - MAKKELLAR.COM

Pasien BPJS Ingin ke Rumah Sakit Tipe B Lewati Dulu Tipe C


Bila Anda pasien BPJS Kesehatan ingin ke dokter praktek di rumah sakit tipe B, Anda harus melewati rumah sakit tipe C terlebih dahulu untuk minta rujukan. Bila rumah saki tipe C merekomendasikan barulah Anda bisa berobat ke rumah sakit tipe B.

Tentu saja kita akan mengetahui kita akan dirujuk ke rumah sakit mana oleh pihak fasilitas kesehatan Faskes 1 bila memerlukan penangan lebih yang tidak bisa ditangani di klinik yang Anda datangi. Bila penyakit yang diderita memerlukan penanganan dengan fasilitas yang sesuai dengan jenis penyakit pasien yang adanya hanya di tipe rumah sakit B maka kita perlu mendatangi dulu rumah sakit yang ada di bawah kelas B tersebut yaitu tipe C. 

Makanya penting bagi setiap peserta BPJS Kesehatan mengetahui berbagai kelas rumah sakit supaya kita tahu ke mana kita mendatangi rumah sakit bila mengalami kejadian-kejadian yang membutuhkan penangan. Berbagai tipe-tipe rumah sakit ini dijelaskan dalam halaman online-pajak dengan berbagai spesifikasinya untuk menolong setiap kita yang ingin melakukan pengobatan.

Hal ini diketahui ketika mengurus pasien penanganan jiwa oleh penulis. Pengalaman ini sebenarnya baru dialami 2 bulan berselang. Tiga bulan sebelumnya penulis hanya datang ke Faskes 1 dan langsung dirujuk ke sebuah rumah sakit tipe B (karena selama ini dokter psikiater yang membuka praktek di sebuah rumah sakit tipe tersebut). Tapi kini prosesnya tidak bisa langsung seperti itu.

Ketika pihak Faskes 1 ditanya, kenapa kok tidak bisa langsung datang ke rumah sakit sebelumnya? Pihak admin di Faskes 1 menjelaskan, karena sistimnya berubah. Sekarang setiap pasien BPJS tidak bisa langsung ke rumah sakit tipe B, tapi harus minta rekomendasi dulu ke rumah-sakit rumah-sakit dengan tipe C, di bawahnya.

Bagaimana prosesnya?

  1. Di Faskes 1 kita akan ditanya, rumah sakit terdekat yang menangani pasien penyakit dimaksud. Pilihlah yang mudah dijangkau.
  2. Setelah membawa surat rekomendasi dari Faskes 1 tersebut dan diserahkan ke dokter yang menangani penyakit yang dialami di rumah sakit dengan tipe di bawahnya. Kalau mau ke rumah sakit tipe B, maka harus ke rumah sakit tipe C dulu. 
  3. Syarat untuk mendapatkan rekomendasi tersebut adalah harus bertemu dokter dan minta rujukan dari dokter tersebut, bukan dari pihak administrasi rumah sakit. Artinya kita harus konsultasi terlebih dahulu. Dan tentu di sana ada masukan dari dokter yang dimaksud.
  4. Sampaikan alasan dan tujuan mengapa kita ingin ke tipe B? Dalam kasus pasien jiwa, penulis menjelaskan bahwa selama ini yang menangani adalah dokter (menyebutkan dokter yang dimaksud) dan memberitahu berbagai jenis obat yang selama ini dikonsumsi). Dokter jiwa di rumah sakit tipe C tersebut memberitahu bahwa di rumah sakit di mana dirinya praktek tidak tersedia jenis obat yang sudah biasa diberikan. Selain itu juga jenis obatnya berbentuk racikan.
  5. Berbekal rekomendasi dan rujukan surat tersebut kita bisa membawa ke rumah sakit tipe yang kita maksud.
  6. Semoga cepat sembuh

Pasien BPJS Ingin ke Rumah Sakit Tipe B Lewati Dulu Tipe C Pasien BPJS Ingin ke Rumah Sakit Tipe B Lewati Dulu Tipe C Reviewed by Hati Kita on 13.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.