5 Distro Linux untuk Komputer Lama dan Jadul - MAKKELLAR.COM

5 Distro Linux untuk Komputer Lama dan Jadul



Komputer (PC maupun laptop) lama identik dengan lambat, loadingnya susah, tapi jangan dibuang. Ganti saja operating system (OS) nya dengan beberapa distro linux ringan, maka rasakan perubahannya.

Penyebab perangkat komputer PC atau laptop kita jadi lemot, dan untuk membukanya sangat susah terjadi karena beberapa hal. Bisa karena hardisk sudah penuh, dan kapasitasnya semakin sedikit oleh berbagai file, tapi bisa juga karena ram perangkat komputer kita kapasitasnya kecil sementara aktifitas komputer kerjanya agak sering. Lambatnya komputer kita juga bisa disebabkan oleh banyaknya aplikasi yang tersimpan sehingga memperlambat laju perangkat kita. Tapi juga bisa karena masuknya virus yang akan menjadikan komputer kita seperti kehilangan kecepatannya.

Tapi bila perangkat komputer kita itu karena memang perangkat lama yang seperti sudah capek bekerja yang ditandai dengan sangat lambat dan bahkan untuk membuka saja harus ditinggal minum kopi dan mandi baru siap untuk digunakan, maka jangan buru-buru dibuang. Kalau kelebihan uang tidak masalah, tapi bila perangkat kita seharusnya masih bisa dipakai, maka ada baiknya dicoba mengganti operating systemnya dengan Linux.

Berikut 5 Distro Linux yang Terkenal Cepat di Komputer Lama


Linux Lubuntu merupakan distro Linux yang terkenal karena kecepatannya walaupun di komputer jadul. Sesuai dengan statmen di website mereka di mana distro linux ini menawarkan 3 hal yaitu ringan, cepat dan mudah digunakan. Dengan menggunakan dekstop atau tampilan environment LXDE yang memang terkenal ringan dan cepat. Makanya distro Lubuntu ini bisa berjalan dengan baik untuk komputer dengan spesifikasi rendah.

Ketika Anda memasang OS Linux Ubuntu ini maka distro ini akan menyediakan berbagai kebutuhan untuk melakukan berbagai hal dari komputer, yaitu kelengkapan multimedia baik audio untuk mendengar musik maupun video untuk menonton film maupun ingin mendengar radio, sudah tersedia.

Untuk urusan yang berhubungan dengan pekerjaan, seperti mengetik di word maupun membuat tabel seperti di Excel dan sebagainya sudah disediakan office yang mana kita bisa pasang secara otomatis. Menurut beberapa pengguna dari distro ini, Lubuntu termasuk dikatagorikan stabil.


Bagi mereka yang biasa menggunakan OS Linux, distro Linuxmint ini sudah tidak asing lagi. Distro ini menawarkan kemudahan dalam penggunaannya dan dikenal sebagai Linux yang sangat enteng walaupun di komputer lama.

Linux dari turunan Ubuntu ini juga selain cepat tapi juga modern dan akan lebih mudah bagi mereka yang baru mencicipi operating system Linux. Artinya, distro Linuxmint akan mudah dioperasikan oleh siapa saja dan orang tidak akan merasa kesulitan ketika baru beralih dari OS lama ke OS dengan distro Linuxmint ini.

Berbagai peralatan kerja di distro ini sudah tersedia seperti yang diungkapkan dalam website pengelolanya. Yaitu kita bisa memasang peralatan untuk graphic design karena di sana sudah tersedia Blender.

Untuk urusan multimedia Linuxmint ini sudah dilengkapi dengan spotify, juga untuk nonton tv, dan film, mendengarkan radio dan podcash. Bagi yang suka dengan game, sudah tersedia sebanyak 7,800 game yang bisa dimainkan. Dan seperti biasa juga kalau hanya untuk urusan ketik-mengetik seperti layaknya di perkantoran juga tersedia office yang lengkap.


Distro linux ini walaupun cara instal tidak semudah distro linux lainnya karena kita harus mengutak-utik sedikit seperti membuat partisi dan sebagainya, juga untuk mengunduh paket-paket yang tersedia juga memiliki perintah-perintah khusus supaya bisa berhasil memasang Arch Linux ini. Tapi walaupun relatif sulit untuk instal distro jenis Linux ini tapi bila berhasil maka kita akan bertemu dengan linux yang dikenal sangat ringan.

Linux yang satu ini dikenal karena sangat stabil dan bisa diandalkan. Dan tentu bagi mereka yang senang dengan IT pasti tidak akan melewatkan distribusi Linux jenis ini.


Walaupun OS Linux dikenal sebagai operating system yang cukup ringan dan bisa berjalan di komputer-komputer berumur lama, tapi untuk distro linux yang satu ini dikenal lebih ringan lagi plus cepat. Makanya Debian bisa dipasang di berbagai jenis komputer termasuk komputer lawas apalagi komputer terbaru.

Seperti halnya di berbagai distro linux yang jumlahnya sangat banyak tersebut Debian juga bisa digunakan dengan nyaman berbagai aktifitas seperti aktifitas perkantoran dengan menyediakan office yang bisa diunduh untuk dijalankan. Dan Debian juga menyediakan banyak paket yang bisa diunduh untuk dijalankan. Hanya tentu saja sesuaikan dengan kapasitas komputer kita juga.

Soal keamanan, walaupun semua distro linux umumnya memiliki keamanan yang tinggi termasuk kurang diminati oleh virus, tapi distro Debian lebih memiliki keamanan yang tidak perlu diragukan. Sementara soal kestabilan, Debian juga bisa diandalkan.

Memang ada yang mencoba membedakan antara Linux dan Debian itu sendiri. Tapi intinya adalah, perbedaannya adalah Debian merupakan OS dengan berbasis karnel Linux. Karnel Linux itu sendiri merupakan inti dari sistim operasi itu sendiri.


Seperti halnya nama Lite itu sendiri berarti ringan. Berbagai kelebihan dari distro linux ini tidak membutuhkan komputer kelas wahid atau kelas atas. Artinya komputer jadulpun bisa dipakai menggunakan OS Linux Lite ini. Bukan hanya dari segi ringannya saja distro ini perlu ditengok. dari segi mudahnya untuk menjalankan jenis linux ini juga menjadi andalan.

Sehingga distro ini juga bisa menjadi jembatan pengenalan terhadap OS linux dari OS Windows ke Linux, dan distro ini bisa menjadi pintu masuknya. Bukan hanya itu, berbagai dukungan softwere yang berjibun sesuai dengan kebutuhan kita juga tersedia. Sehingga linux jenis ini patut dicoba termasuk di komputer Anda yang lawas sekalipun. 
5 Distro Linux untuk Komputer Lama dan Jadul 5 Distro Linux untuk Komputer Lama dan Jadul Reviewed by Hati Kita on 14.58 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.