Pentingnya Kesigapan Merespon Pelanggan - MAKKELLAR.COM

Pentingnya Kesigapan Merespon Pelanggan


Kecepatan merespon pelanggan menjadi kunci keberhasilan menarik minat pembeli. Khususnya dalam usaha penjualan secara online. Baik itu menjual secara mandiri maupun bergabung dengan e-commerce.

Karena pelanggan memiliki sifat yang ingin segera mendapatkan apa yang menjadi buruannya. Walaupun melalui proses untuk mendapatkan barang yang diidam-idamkan tersebut, tapi tentu saja dalam proses-proses tersebut setiap orang ingin segera.

Banyak hal yang menjadi pertimbangan pelanggan ingin cepat-cepat mendapatkan. Selain kegiatan belanja tersebut bukan satu-satunya urusan hidupnya tapi juga keingintahuan banyak informasi mengenai barang incarannya tersebut sampai proses yang dilaluinya itu cepat terselesaikan.

Bila penjual sulit dihubungi maka tentu saja pelanggan akan segera mencari toko-toko saingan lainnya yang jumlahnya bisa puluhan bahkan ratusan. Karena bagaimanapun pembeli ketika melakukan kontak dengan penjual, artinya dia sudah tertarik dengan barang yang tersedia. Tetapi bila penjual delay dalam merespon, maka perhatian penjual akan ditujukan kepada toko lain.

Artinya respon tersebut kalau bisa bukan hitungan jam, tapi hitungan menit atau bahkan detik. Lalu, apakah kita selalu duduk diam di hadapan komputer ataupun selalu membuka aplikasi e-commerce di mana kita menjual barang-barang kita? Sebenarnya saat ini kita dimudahkan dengan berbagai aplikasi termasuk aplikasi-aplikasi e-commerce yang memudahkan penggunanya untuk selalu terhubung dengan penyediaan reminder atau juga pemberitahuan mengenai pesan yang masuk.

Kalau kita menyamakan toko online dengan offline sebenarnya hampir sama dalam memberikan respon kepada pelanggan. Bayangkan kalau pembeli mendatangi sebuah toko, tapi penjualnya tidak kelihatan, tentu pembeli bila dia sangat tertarik dengan barang yang dijual, mungkin akan berusaha untuk mencari penjualnya. Tapi bila di toko online seorang pembeli ingin membeli dan penjualnya tidak memberikan respon dalam rentang waktu lama, maka bisa jadi pembeli akan coba-coba mencari barang yang sama dan akan melakukan usaha menghubungi penjual seperti ke toko online Anda.

Akhirnya, respon yang cepat akan segera memberikan peluang pembeli akan melakukan transaksi di toko Anda. ketimbang bila respon Anda yang sangat lambat yang menjadikan orang lain akan mencari toko pesaing Anda di tempat yang lain. Karena pembeli hanya butuh gerakan jarinya untuk mendatangi toko lain.

Pentingnya Kesigapan Merespon Pelanggan Pentingnya Kesigapan Merespon Pelanggan Reviewed by Hati Kita on 11.55 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.