Kelebihan dan Kekurangan Google Chromebook - MAKKELLAR.COM

Kelebihan dan Kekurangan Google Chromebook


Laptop Google Chromebook semakin dikenal oleh pecinta gadget. Karena selain simple dan enteng, tapi juga bisa membantu menyelesaikan banyak pekerjaan melalui alat ini. Walaupun tentu saja selain memiliki kelebihan tapi juga ada kekurangannya.

Chromebook sendiri merupakan jenis komputer yang menjalankan sistim operasi OS (operating system) menggunakan Google Chrome, OS yang menggunakan penyimpanan cloud dan tentu memiliki sistim keamanan yang cukup baik milik google dan bekerja di atas platform Linux. 

Faktor keamanan inilah yang menjadi salah satu kelebihan yang dimiliki oleh Chromebook di samping kelebihan-kelebihan lain yang bisa didapatkan dari Chromebook ini. Seperti laptop ini bisa menjadi teman yang selalu siap bagi mereka yang tidak mau putus hubungan dengan hal yang bersifat online.

Kelebihan Chromebook

Sebagai sebuah alat bantu untuk memudahkan pekerjaan, Chromebook menawarkan berbagai aplikasi yang bisa dipasang dengan cara didownload. Aplikasi-aplikasi tersebut tentunya sangat lengkap karena didukung oleh banyak pengembang yang memasang aplikasi mereka di OS Android yang dikembangkan oleh Google. Sehingga aplikasi apapun yang ada di Android dapat dipasang di Chromebook. 

Berbeda dengan laptop dengan basis OS Windows yang terkadang tidak bisa dipasang atau diinstal di perangkat Windows tersebut. Kecuali bantuan aplikasi pihak ketiga seperti menggunakan Bluestucks, atau berbagai cara yang hanya biasa dilakukan oleh mereka yang suka mengoprek komputer.

Kelebihan lainnya adalah dari segi kecepatan. Seperti misalnya Laptop Samsung Chromebook 4 walaupun RAMnya hanya 4GB tapi kecepatannya bisa diandalkan. Ini berbeda bila menggunakan laptop OS lain dengan kapasitas yang sama, kadang-kadang membutuhkan kesabaran. Makanya Chromebook sangat digemari.

Tapi juga dari segi harga dari laptop Chromebook yang ada di pasaran hanya butuh kocek 2 jutaan sudah bisa membungkus satu Chromebook merk terkenal. Coba bayangkan, bila dibandingkan dengan harga laptop-laptop di pasaran dengan spek agak tinggi sedikit saja sudah berada di kisaran di atas 5 jutaan.

Kekurangan Chromebook

Di samping kelebihan di sana-sini, tapi Chromebook tentu saja memiliki banyak kekurangan bagi penggunanya. Kekurangan tersebut tentu saja berbanding lurus dengan harga yang tentu juga berbicara mengenai kelengkapan yang ada di dalamnya. Walaupun kekurangan-kekurangan tersebut bisa dicari jalan keluarnya.

Misalnya saja Chromebook tentu saja tidak bisa diandalkan ketika akan melakukan berbagai tugas berat, seperti untuk pengeditan video yang membutuhkan seperangkat aplikasi canggih. Namun kalau hanya video-video sederhana dan ukuran kecil bisa diselesaikan dengan aplikasi-aplikasi yang tersedia di Play Store.

Dari segi tampilan Chromebook memiliki banyak batasan. Seperti tidak adanya pemutar CD/DVD seperti pada laptop atau komputer. Selain juga keterbatasan port dari berbagai kepentingan.

Kekurangan lain Chromebook memiliki keterbatasan penyimpanan. Berbeda dengan laptop atau PC di mana bisa dipilih ruang penyimpanan yang bisa dipasang di dalamnya. Berbeda dengan Chromebook ini penyimpanan sangat terbatas sampai 32 GB. Ataupun kalau mau menggunakan tambahan penyimpanan bisa dilakukan dengan micro SD dengan batasan tertentu.

Ketahui Tujuan Membeli Chromebook

Setelah kita mengetahui berbagai kelebihan yang dimiliki oleh Laptop Chromebook beserta kekurangan-kekurangan yang ada di alat ini, maka yang terpenting adalah, untuk tujuan apa kita ingin membeli laptop, atau komputer. Kalau sekedar usaha online, dan tidak ingin melakukan pekerjaan-pekerjaan yang membutuhkan perangkat aplikasi berat, maka Chromebook mungkin bisa jadi pilihan. Tapi bila sebaliknya, maka pikirkan ulang untuk membeli Chromebook ini.
Kelebihan dan Kekurangan Google Chromebook Kelebihan dan Kekurangan Google Chromebook Reviewed by Hati Kita on 21.10 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.