5 Manfaat Memelihara Binatang Peliharaan - Menjadi Perantara Menuju Jalan Sejahtera

5 Manfaat Memelihara Binatang Peliharaan


Macam-macam binatang perliharaan yang kita sukai ada di sekitar kita. Bila melihat gambar binatang peliharaan kelihatan sangat lucu. Misalnya kucing, anjing, ikan dan sebagainya. Untuk diketahui memelihara binatang peliharaan sangat berguna.
 
Banyak manfaat pelihara hewan peliharaan untuk kesehatan mental. Kesetiaan binatang peliharaan lucu menolong pemiliknya untuk saling berinteraksi setiap saat. Bisa bermain dan bercengkrama. Sehingga kita bisa terhindar dengan perasaan kesendirian.

Kalau dalam film animasi Avatar kita mengenal hewan peliharaan Avatar yang selalu siap hadir ketika Avatar pergi dan dalam kesulitan. Hewan tersebut selalu siap memberikan pertolongan ketika berada dalam keadaan bahaya. Banyak toko hewan peliharaan terpercaya yang bisa memberi pilihan kita untuk juga memeliharanya.

Demikian juga hewan peliharaan bisa menjadi penolong kita untuk selalu bisa berinetraksi dengan pihak lain sehingga kita terhindar dari kesendirian. Tentu saja hewan peliharaan tersebut harus disesuaikan dengan umur dan situasi serta kondisi. 

Ada sebagian orang yang karena situasi dan kondisi sulit untuk berinteraksi dengan orang lain, seperti karena kondisi lingkungan yang terbentuk di mana rumah menjadi tempat yang paling pribadi yang sulit orang lain untuk bisa berkunjung kecuali dalam hal-hal tertentu. 

Atau juga orang sulit untuk berinteraksi dengan orang lain karena faktor-faktor kejiwaan yang tidak memungkinkan. Ada orang-orang tertentu tidak mudah untuk membangun relasi dengan orang lain dengan berbagai alasan. Maka hewan peliharaan bisa menjadi teman di mana hewan tersebut bisa diajak bicara, diajak bermain, diajak untuk bercengkrama. Dan hal tersebut akan menolong kesendiriannya akan terobati dengan interaksi tersebut.

Masih ingat ketika COVID-19 lalu di mana setiap orang disarankan untuk tinggal di rumah dan bila tidak terlalu penting tidak disarankan untuk membangun interaksi secara langsung dengan manusia lain, maka hewan peliharaan banyak penolong orang untuk mengusir kebosanan.

Setidaknya 5 manfaat kita memelihara binatang peliharaan untuk kesehatan mental dan cara berpikir.

  1. Membentuk tanggung jawab. Memelihara hewan peliharaan bukan hanya dilihat dari sisi lucu dan manisnya. Tapi juga membentuk pemiliknya untuk punya tanggung jawab dengan makanan yang harus disediakan. Karena akhirnya kita bertanggung jawab bagaimana cara memelihara hewan peliharaan. Seperti membersihkan kotoran. Melatih untuk membangun kebiasaan bagi hewan itu sendiri. Makanya, hewan peliharaan bisa juga melatih anak untuk bisa bertanggug jawab dalam hal pemeliharaannya.
  2. Hewan-hewan peliharaan tertentu seperti kucing dan anjing merupakan hewan yang sangat setia terhadap orang yang memperhatikan dan memperdulikannya. Bahkan hewan-hewan tersebut layaknya menjadi sahabat yang kesetiannya tidak perlu diragukan lagi. Dia menjadi sahabat baik kita sebagai pemiliknya. Dan hal ini menjadi hiburan tersendiri bagi yang empunya.
  3. Hewan peliharaan menjadi sosok di mana kita bisa mengajak bermain, bersendau gurau yang bisa menghibur pemiliknya. Permainan dengan hewan peliharaan merupakan cara yang murah dan mudah untuk kita lakukan dan mendatangkan kegembiraan bagi kita yang sedang sendiri. Tentu saja hal ini akan mengurangi stres.
  4. Hewan peliharaan bisa dilatih untuk melakukan berbagai aktifitas dalam batas-batas tertentu. Makanya di banyak tempat ada sekolah-sekolah hewan peliharaan di mana hewan-hewan tersebut dilatih dengan kebiasaan-kebiasaan yang dapat menolong kita. Contohnya mengambilkan sesuatu dan seterusnya. Dan ketika binatang peliharaan yang sampai tahap bisa melakukan sesuatu itu akan menjadikan kebanggaan tersendiri pagi pemiliknya.
  5. Binatang peliharaan bisa diajak untuk berbicara dan berdialog walaupun dalam keterbatasan. Namun ketika kita bisa mengungkapkan isi hati kita untuk mengajak dialog itulah muncul kegembiraan. Bagi orang-orang yang memiliki peliharaan burung, sering kali pemiliknya memancing respon burung untuk bisa berbunyi. Begitu juga dengan kucing atau anjing di mana pemiliknya bisa meminta, menyuruh dan bahkan mengajak berdialog dengan keterbatasan. Tapi dengan mengungkapkan apa yang ada di dalam hati itulah kita sudah mengungkap apa yang terpendam dalam hati. 

5 Manfaat Memelihara Binatang Peliharaan 5 Manfaat Memelihara Binatang Peliharaan Reviewed by Hati Kita on 09.00 Rating: 5

Tidak ada komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.